Sunday, July 9, 2023

...

Ingin Punya Podcast? Ini Daftar Alat untuk Membuat Podcast

 

alat untuk membuat podcast

Podcast atau dalam bahasa Indonesia disebut siniar, merupakan media audio yang populer dan jadi salah satu hiburan yang banyak dipilih. Alasannya, podcast jauh lebih fleksibel dibandingkan media atau jenis hiburan lain, karena Anda bisa mendengarkannya sambil beraktivitas seperti bekerja atau bahkan saat ingin istirahat. 

Karena semakin populer, podcast menjadi salah satu media yang cukup menghasilkan, dengan datangnya dukungan dari sponsor dan pendapatan dari iklan yang memasang produk mereka di podcast. Dengan begitu, tidak heran rasanya jika tidak sedikit yang tertarik untuk membuat kanal siniarnya sendiri. Nah, jika Anda tertarik, setidaknya siapkan beberapa alat berikut ini untuk membuat podcast. 

Daftar Alat Untuk Membuat Podcast 


membuat podcast sendiri


1. Mikrofon 
Barang pertama yang sudah pasti Anda harus punya adalah mikrofon. Mikrofon adalah salah satu komponen paling penting dalam produksi podcast yang berkualitas. Anda dapat memilih antara mikrofon USB yang langsung terhubung ke komputer atau mikrofon XLR yang memerlukan audio interface. 

Selain mikrofon, jangan lupa untuk melengkapinya dengan pop filter. Pop filter adalah alat yang dipasang di depan mikrofon untuk mengurangi suara yang dihasilkan ketika mengucapkan kata-kata dengan huruf "p" atau "b". Alat ini membantu menghasilkan suara yang lebih jernih dan mengurangi distorsi. 

2. Stand Mikrofon 
Untuk menjaga kualitas rekaman tetap stabil, barang selanjutnya yang perlu Anda beli adalah stand mikrofon. Stand mikrofon digunakan untuk menjaga mikrofon tetap stabil dan diatur sesuai dengan kebutuhan Anda. Stand mikrofon dapat berupa meja, mikrofon boom, atau tripod. 

3. Headphone 
Selain merekam suara, Anda juga perlu mendengarkan suara yang dihasilkan. Untuk itu, Anda perlu membeli headphone. Headphone yang berkualitas baik penting untuk memantau suara saat merekam dan mengedit podcast. Pilih headphone yang nyaman dan memberikan reproduksi suara yang akurat. 

4. Audio Interface 
Anda tentu perlu menghubungkan setiap perangkat keras ke laptop Anda. Untuk itu, diperlukan perangkat bernama audio interface. Jika Anda menggunakan mikrofon dengan koneksi XLR, Anda akan memerlukan audio interface. Audio interface berfungsi mengubah sinyal analog dari mikrofon menjadi sinyal digital yang dapat diproses oleh komputer atau laptop anda. 

5. Software 
Jika Anda sudah memiliki mikrofon dan pop filter serta headphone yang memadai, memang bisa menghasilkan suara yang cukup baik, setidaknya layak untuk didengarkan oleh para audiens atau pendengar. Namun, agar dapat menghasilkan suara yang jauh lebih baik, Anda tentu perlu mengolah suara tersebut dengan menggunakan software. 

Software Pop filter adalah alat yang dipasang di depan mikrofon untuk mengurangi suara letupan yang terjadi ketika mengucapkan kata-kata dengan huruf "p" atau "b". Ini membantu menghasilkan suara yang lebih jernih dan mengurangi gangguan. 

6. Soundproofing 
Soundproofing atau lebih dikenal dengan nama peredam suara juga sangat berguna untuk Anda yang ingin membuat podcast. Jika lingkungan rekaman Anda berisik, Anda mungkin ingin mempertimbangkan penggunaan bahan peredam suara seperti foam panel atau booth rekaman untuk mengurangi kebisingan eksternal yang masuk ke dalam rekaman Anda. 

Dengan menambahkan soundproofing, sangat membantu Anda menghasilkan konten audio yang jernih dan minim dari gangguan suara yang bisa merusak kualitas rekaman podcast Anda. Agar hasilnya maksimal, disarankan untuk memilih peredam suara yang berkualitas agar dapat meminimalisir gangguan suara dari luar ruangan rekaman. 

7. Mixer 
Jika Anda memiliki lebih dari dua output suara, maka disarankan untuk memiliki mixer. Alat ini berfungsi untuk mengontrol dan menggabungkan beberapa sumber audio, seperti mikrofon dan backsound. Mixer adalah peralatan opsional yang berguna jika Anda memiliki beberapa sumber audio yang perlu di-mixing secara real-time. Alat ini dapat membantu Anda jadi lebih kreativitas dan lebih fleksibel dalam menghasilkan produksi podcast yang sesuai dengan kebutuhan atau kemauan Anda. 

8. Laptop 
Untuk Anda yang ingin lebih fleksibel dalam membuat konten audio podcast, Anda bisa menyiapkan produksi Anda dengan laptop. Karena bentuknya yang ringkas dan bisa dilipat, Anda bisa membuat konten audio dimana saja dan kapan saja. 

Dengan catatan, Anda perlu memperhatikan spesifikasi laptop terlebih dahulu sebelum membelinya, agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Perhatikan tipe CPU, kapasitas RAM, dan juga kapasitas baterai laptop. Lengkapi laptop Anda dengan berbagai software pengolah suara untuk menghasilkan podcast yang berkualitas. 

podcast seru


Nah, itu dia 8 alat yang dibutuhkan untuk membuat kanal podcast. Jika Anda ingin mendengarkan berbagai podcast yang seru, Anda bisa dengarkan di sini! Noice punya banyak pilihan podcast yang sayang untuk dilewatkan.




No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D