Monday, August 21, 2023

...

Pentingnya Konsultasi Sebelum Daftar: Ini Pengalamanku Konsultasi dengan Education Consultant di Sinotif

 


Time so flies ya, nggak terasa sebentar lagi anak-anak akan dihadapkan dengan ulangan harian. Padahal rasanya, baru kemarin anakku Raisha masuk SMP, eh sekarang udah mau ulangan aja. 

Saat memutuskan Raisha masuk ke SMPIT, aku pikir ia akan kesulitan mengikuti pelajaran agama Islam yang cukup banyak dan spesifik, seperti Bahasa Arab, Tahsin, Tahfidz dan sebagainya. Tapi ternyata di luar dugaan, Raisha justru sangat kesulitan mengikuti pelajaran Matematika. Nggak di mana, matematika selalu jadi momok bagi para pelajar ya. 


Jangan Sampai Anak Jadi Trauma Matematika! 




Sebenarnya, Raisha terbilang anak yang pandai dan rajin. Hampir semua pelajaran dapat ia tangkap dengan baik. Peringkatnya pun selalu 5 besar, hanya saat pandemi kemarin sempat merosot. Tapi selebihnya semua baik-baik saja. 

Namun kekhawatiranku lebih kepada rasa percaya diri Raisha. Tidak dipungkiri, anak seusia Raisha harus banyak ditanamkan rasa percaya diri dan diberi banyak motivasi. Agar saat menghadapi kesulitan ia tidak cepat putus asa. 

Hal ini aku sadari betul, saat Raisha curhat perihal kesulitannya mengerjakan tugas matematika. Ia mengatakan, “Udahlah Mi, aku emang bodoh di pelajaran matematika! Udah belajar tetap aja nggak ngerti-ngerti!”, ucapnya sambil cemberut. 

Pernah juga suatu ketika, Raiha pulang sekolah dalam keadaan murung luar biasa. Aku tanya ada apa, jawabnya, “Aku nggak bisa kerjain ulangan matematika. Tadi banyak yang belum sempat diisi.” 

Sebagai seorang pendidik, aku menyadari betul hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Aku khawatir ketidakpercayaan dirinya dalam matematika bisa mengganggu proses belajarnya secara keseluruhan. 

Pelan-pelan aku memberikan pemahaman bahwa matematika tidak semenakutkan itu. Matematika terasa sangat sulit, karena Raisha sudah menyerah sebelum mencoba. Padahal dalam matematika ada banyak jalan menuju Roma. Artinya, ada banyak cara dan shortcut yang membuat matematika jadi simple dan menyenangkan. 

Eitttss ini aku tidak mengada-ada lho ya. Kalau flashback saat sekolah dulu, matematika dan fisika adalah pelajaran favoritku. Bahkan dulu, aku pernah ikut Olimpiade Fisika sampai tingkat Provinsi, kemudian gagal saat di tingkat Indonesia. 

Lalu kenapa nggak ngajarin Raisha matematika? 

Awas aja kalau ada yang komen seperti itu hehe. Setiap hari aku selalu mendampingi Raisha belajar, aku bagian Eksakta, sedangkan suamiku bagian agama (bagi tugas ya bund hehe). 

Namun aku merasa, mengajari anak sangat berbeda dengan mengajar siswa lain atau mahasiswa. Dibutuhkan kesabaran seluas samudera. Belum lagi, kadang aku harus bekerja dari luar kota. Seperti saat ada kerjaan di Solo kemarin, malam-malam harus video call untuk membantu Raisha mengerjakan PR matematika, padahal badanku sudah tepar, huhuhu. 

Di momen itulah, aku merasa membutuhkan bantuan professional dalam mengajari Raisha matematika. Kalau kamu sudah baca postinganku sebelumnya pasti tahu deh, kalau aku tertarik banget dengan salah satu bimbingan belajar yang khusus pada mata pelajaran matematika, fisika dan juga kimia. Yup, bener banget itu adalah Sinotif! 




Pengalaman Konsultasi dengan Education Consultant Sinotif 


Satu hal yang aku suka dari Sinotif adalah adanya layanan konsultasi, di mana kita sebagai orang tua bisa make sure, apakah semua layanannya sesuai dengan yang kita cari. Dengan begini, tentu kita jadi lebih yakin saat mendaftarkan anak di Sinotif. 

Jadi, kemarin itu aku sempat konsultasi dengan Education Consultant Sinotif via zoom. Kurang lebih 1 jam lamanya, EC Sinotif memberikan penjelasan mengenai program dan layanan yang tersedia di Sinotif, serta memberikan rekomendasi kira-kira kelas apa yang cocok untuk Raisha. 

EC nya ramah banget. Aku kaya curhat sama temen jadinya. Banyak hal yang aku konsultasikan, mulai dari kurikulum, layanan Tanya PR, terus kelas yang cocok, bahkan sampai info promo. 

Penasaran nggak? 

Berikut ini aku spill info yang aku dapat kemarin ya! 


Program dan Keunggulan Sinotif 




Sebelum masuk ke program, aku jelasin lagi ya. Jadi, Sinotif merupakan bimbingan online interaktif yang fokus pada 3 pelajaran eksakta yaitu Matematika, Fisika, Kimia. Sinotif sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun (berdisi sejak 25 Maret 2000). Di tahun 2020 kemarin, Sinotif membuka kelas secara online dan telah melayani ribuan siswa dari berbagai kota di Indonesia dan 13 negara lho. 

Nah, berikut ini ada beberapa program Sinotif yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan, yaitu: 

1. Diamond: Privat dan Bergaransi 
Les Privat atau Paket Belajar Premier Diamond Sinotif adalah paket belajar yang eksklusif dan sangat personal untuk siswa. 

Kelebihan Paket Belajar Premier Diamond:
  • 1 guru 1 siswa: eksklusif, fokus guru sepenuhnya hanya pada Anak 
  • Jadwal bisa dipilih, sesuai dengan kebutuhan dan kesibukan les siswa yang lain. 
  • Jadwal bisa ditarik lebih awal pada saat perlu belajar intensif, misalnya pada saat ulangan umum, tanpa biaya tambahan. 
  • Materi sesuai kebutuhan siswa: sesuai tuntutan dan tingkat kesulitan sekolah dan tingkat pemahaman siswa 
  • Cocok untuk siswa yang ingin fokus penuh saat belajar, tuntutan sekolah yang lebih sulit 

2. Platinum: Semiprivat 3-5 Siswa 
Program belajar dengan pendekatan personal, fokus membantu pemahamam materi yang belum dimengerti, pengerjaan PR/tugas yang sulit, persiapan ulangan harian, mid semester, ulangan umum dan kenaikan kelas. Bagi siswa sekolah internasional sudah termasuk IGCSE, O-Level, As-Level, A-Level, Checkpoint, H Level, S Level. 

Kelebihan Paket Belajar Platinum: 
  • Semi Privat, 1 guru maksimal 5 siswa 
  • Setiap siswa dibimbing secara personal, sesuai materi sekolah masing-masing. 
  • Belajar secara online, live dan Interaktif 
  • Khusus mate pelajaran Matematika fisika Kimia 
  • Siswa sekolah kurikulum Nasional, Nasional Plus dan Internasional (Cambridge, IB, HSC) 
  • Jenjang SD, SMP dan SMA 
  • Materi yang diajarkan mengikuti sekolah siswa 
  • Siswa bisa pilih jadwal belajar 
  • Bisa ganti jadwal jika berhalangan 
  • Jumlah pertemuan per minggu sesuai kebutuhan siswa (minimal 2X) 
  • Setiap pertemuan 1,5 jam 

3. Gold : Kelompok 1 Variasi 
Program belajar untuk siswa sekolah Nasional, fokus membantu pemahamam materi yang belum dimengerti, latihan soal, persiapan ulangan harian, mid semester, ulangan umum dan kenaikan kelas. 

Kelebihan Paket Belajar Gold: 
  • Satu kelas 10-20 siswa 
  • Belajar secara online, live dan Interaktif 
  • Khusus mate pelajaran Matematika fisika Kimia 
  • Siswa sekolah kurikulum Nasional. 
  • Jenjang SD, SMP dan SMA 
  • Siswa mengikuti materi dari guru 
  • Siswa mengikuti adwal belajar yang sudah disusun 
  • Tidak bisa mengganti jadwal 
  • Jumlah pertemuan seminggu 2x
  • Setiap pertemuan 1,5 jam 

4. Silver: Belajar Terbimbing 
Di mana, siswa akan belajar melalui website seratusinstitute.com, Website e-learning ini berisi bahan-bahan belajar dan latihan soal dengan pembahasan yang disajikan dalam bentuk teks dan video. 


Nah, dari hasil konsultasi, EC menyarankan aku untuk ambil paket Gold, selain sesuai dengan kebutuhan dan kurikulum, situasi dalam kelas juga membantu Raisha berinteraksi dengan siswa lainnya dan menambah kepercayaan diri. 

Menurutku, selain keramahan EC dan tim Sinotif, ada beberapa keunggulan Sinotif yang bisa menjadi pertimbangan para Moms untuk memilih bimbel online rasa tatap muka Sinotif, yaitu: 



1. Spesialis eksakta, yaitu: matematika, fisika, dan kimia 
Siswa dibimbing oleh tiga guru berbeda, untuk masing-masing mata pelajaran matematika, fisika, dan kimia. Guru-guru Sinotif memiliki standar yang tinggi karena telah menjalani rangkaian pelatihan dan sertifikasi dari pakar pendidikan dan psikologi, sehingga tidak hanya ahli di bidangnya, melainkan juga paham akan karakter peserta didiknya. 

2. Program belajar sesuai kebutuhan 
Bahan ajar disusun secara khusus agar dapat memenuhi setiap kebutuhan. Dengan memperhatikan 4 aspek penting, antara lain karakter siswa, materi yang sedang berjalan, di mana siswa bersekolah, dan event apa yang akan berlangsung. Sinotif mengupayakan yang terbaik agar siswa belajar dengan tepat dan memperoleh hasil yang maksimal. 

3. Modul belajar lengkap dan sistematis 
Modul “Paket 7 Lapis” dari Sinotif, berisi rangkuman materi hingga soal-soal latihan dengan susunan yang sistematis. Siswa dapat memulai belajar dari "posisi apa pun" ia sekarang. Apakah ia merasa perlu pemahaman materi dari awal, apakah ia merasa perlu mendalami beberapa konsep, atau apakah ia merasa perlu tantangan yang lebih tinggi, semua bisa ia dapatkan. 

4. Pendekatan secara personal 
Sinotif menyesuaikan diri dengan karakter dan gaya belajar anak, karena pada dasarnya setiap anak pasti memiliki karakter dan kebutuhan yang berbeda. Pendekatan dilakukan secara personal untuk mendalami serta mengenal siswa lebih dalam, sehingga siswa dapat merasa nyaman dan dapat mengikuti sesi pembelajaran secara maksimal. 

5. Laporan belajar secara berkala 
Demi mendukung perkembangan belajar anak, Sinotif tentunya memerlukan kerja sama dari orang tua. Agenda komunikasi rutin bersama siswa dan orang tua, akan diselenggarakan secara rutin dan berkala untuk membahas evaluasi serta rencana belajar untuk siswa. Dan agar komunikasi perkembangan siswa tetap berlangsung tanpa menyita banyak waktu Anda, Sinotif juga akan terus melaporkan progress belajar siswa secara rutin setiap akhir sesi. 

6. Bisa tanya PR 24 jam nonstop 
Belajar dari mana saja dan di mana saja dengan seratusinstitute.com, website e-learning berisi bahan-bahan belajar dan latihan soal dengan pembahasan yang disajikan dalam bentuk teks dan vidio. Siswa juga dapat menanyakan PR selama 24 jam nonstop melalui aplikasi Tanya Jawab Soal, yang akan dijawab oleh lebih dari 130 guru di Indonesia. 

7. Garansi Uang Kembali 
Garansi uang kembali tersedia untuk orang tua yang merasa khawatir, putra atau putrinya kurang cocok belajar bersama guru Sinotif. Hanya dengan mengambil Program Diamond, siswa secara otomatis terdaftar dalam program garansi uang kembali, tanpa tes, tanpa syarat dan ketentuan yang memberatkan siswa maupun orang tua. 


Gimana, masih penasaran nggak sama Sinotif? Kalau memang info yang aku berikan masih kurang memuaskan, aku sarankan hubungi Sinotif untuk konsul langsung dengan EC di sana. Tenang aja, EC nya ramah banget dan nggak memaksa kita untuk harus mendaftarkan diri. So, patut dicoba deh! 

Info detail mengenai Sinotif ini bisa cek di instagramnya @sinotif.official ya! ^_^





No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D