Wednesday, August 30, 2023

...

Nggak Ragu Pilih Produk Lokal Berkat Skinproof

 


Banyak yang mengira buatan luar negeri selalu lebih bagus daripada produk dalam negeri. Faktanya nggak juga kok. Saat ini, banyak produk lokal yang semakin berkualitas, bahkan diproduksi dengan teknologi yang mutakhir. 

Yup, nggak dipungkiri ya, skincare dan kosmetik lokal kini semakin garang menunjukkan taringnya di tanah air. Dalam beberapa tahun ke belakang aja, terus bermunculan merek skincare lokal yang mencuri perhatian masyarakat. 

Berbagai perusahaan pun turut meramaikan pasar skincare lokal tanah air dengan meluncurkan rentetan produk skincare baru yang bervariasi dan memiliki kualitas tak kalah dari produk skincare buatan luar negeri. 

Nah, berdasarkan survei yang dirilis oleh Populix pada Agustus 2022, mayoritas responden yakni sebesar 54% cenderung lebih memilih merek lokal sebagai preferensi kosmetik mereka. Sementara itu 11% menyatakan memilih merek kosmetik luar negeri dan sisanya 35 persen tidak memiliki preferensi yang spesifik. 

Bisa tebak nggak aku masuk dalam kategori yang mana? Yes, tentu aja aku masuk kategori yang memilih skincare lokal sebagai prefrensi utamaku. Ada banyak alasan kenapa aku pilih produk lokal. Untuk tahu detailnya, baca postinganku sampai selesai ya! 

5 Alasanku Memilih Produk Lokal 




Seiring dengan perkembangan industri kecantikan di Indonesia, animo masyarakat terhadap merek kosmetik lokal semakin meningkat secara signifikan. Merek kosmetik lokal menjadi daya tarik tersendiri bagi skincare enthusiast sepertiku. 

Hal ini, karena kemampuan merek lokal dalam memahami produk yang lebih sesuai dengan jenis kulit, warna kulit, dan kebutuhan konsumen lokal. Berikut ini adalah 5 alasan kenapa aku menjatuhkan pilihan pada produk lokal untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, yaitu:

1. Harga lebih terjangkau 
Karena diproduksi di dalam negeri, tentu saja harga produk lokal jauh lebih terjangkau dibandingkan produk luar. Tentunya ini membuat kita lebih efisien untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Nggak percaya? Coba deh cek produk Wardah, Somethinc atau Y.O.U pasti jauh lebih terjangkau kan? 

2. Mudah didapat dan tak perlu per-order 
Selain harga terjangkau, keunggulan produk lokal terletak pada sistem distribusi. Tidak seperti produk luar yang membutuhkan waktu lama untuk didapatkan (bahkan kadang harus pre-order atau jastip), brand skincare lokal lebih mudah didapatkan karena diproduksi di dalam negeri. 

3. Disesuaikan dengan tipe kulit orang Indonesia 
Produk skincare biasanya diformulasi berdasarkan karakter negara produsennya. Misalnya, produk skincare Eropa fokus pada perawatan empat musim. Sedangkan untuk produk skincare lokal, sudah pasti riset dan proses produksinya dilakukan di Indonesia, yang tentu saja dibuat untuk orang Indonesia. Formulasi produk lokal pastinya sudah dipikirkan agar cocok dengan tipe kulit orang Indonesia. 

4. Menggunakan bahan-bahan unggulan 
Bahan-bahan yang digunakan pada skincare internasional dan lokal sebenarnya tidak jauh berbeda. Itulah sebabnya mengapa kualitas produk lokal tidak perlu diragukan lagi. Namun, yang perlu kita sadari, Indonesia memiliki keragaman hayati sangat kaya. 

Keanekaragaman hayati tersebut dapat menjadi bahan unggulan dalam pembuatan skincare lokal. Sebagai contoh, banyak brand asing yang menggunakan kopi sebagai bahan dasar scrub untuk eksfoliasi kulit, dan Indonesia sendiri terkenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di dunia. 

Ada juga kandungan-kandungan yang kita sering dengar istilah asingnya seperti hibiscus, alias tanaman kembang sepatu yang sudah sering kita temui. Atau centella asiatica yang terkenal bagus untuk menenangkan kulit, ternyata adalah daun pegagan. Jadi banyak sekali bahan baku skincare yang sumbernya dari Indonesia 

5. Kualitas produk yang telah teruji secara klinis 
Salah satu alasan mengapa banyak masyarakat Indonesia mulai beralih dari produk skincare internasional adalah karena kualitas brand lokal yang semakin kompetitif dengan standar produksi, bahan baku, dan regulasi yang baik dan tentunya telah teruji secara klinis. 

Terlebih, sejak tahun 2017 ada Skinproof yang membantu brand lokal melakukan melakukan evaluasi produk kosmetik dan riset konsumen untuk mengembangkan produk yang kredibel dan dapat menjadi game changer di pasar kosmetik yang terus berkembang ini. 

Tak Perlu Bingung Pilih Produk Lokal Terbaik, Karena ada Skinproof! 




Kalau bicara soal produk skincare dan kosmetik lokal, rasanya nggak habis-habis ya. Terlebih masyarakat kini semakin menghargai kualitas, inovasi, dan identitas kebangsaan yang ditawarkan oleh brand lokal. 

Tingginya animo ini memberikan peluang besar bagi brand lokal untuk terus berkembang dan bersaing di pasar kecantikan di mana konsumen semakin kritis dalam pemilihan produk kosmetik bukan hanya dari segi klaim dan harga produk, tetapi juga keamanan produk yang telah teruji secara klinis. 

Dengan banyak hadirnya brand lokal, sebagai konsumen kadang memang kita sering bingung dalam memilih. Apakah produk lokal ini sudah sesuai kebutuhan? Ataukah telah melalui uji klinis yang sesuai? Tenang, kita nggak perlu bingung kok. 

Aku pribadi, cukup mempercayakan semua itu pada Skinproof (PT. Derma Lab Asia). Dengan hadirnya Skinproof aku sebagai konsumen menjadi sangat terbantu memilih produk lokal yang sesuai kebutuhan dan juga memiliki kredibilitas baik. 

Btw, kamu udah tahu Skinproof belum? 

Skinproof adalah anak perusahaan Arya Noble yang bergerak di bidang evaluasi produk kosmetik dan riset konsumen, sejak 2017 telah dipercaya oleh berbagai perusahaan kosmetik ternama dalam hal consumer insight, cosmetic claim support, sensory research hingga konsultasi dan layanan regulasi. 



Lebih lanjut, Apt. Theresia Sinandang S. Farm, selaku Head of Skinproof menjelaskan, 
“Kami membantu pelaku usaha kosmetik mulai dari proses product development, cost reduction, identifikasi keunikan produk, benchmarking dengan produk sejenis atau kompetitor, hingga respon konsumen, untuk mengembangkan produk terbaik yang aman dan sesuai regulasi.” 

Theresia juga memaparkan bahwa saat ini konsumen semakin paham akan kandungan dan keamanan produk kosmetik, sehingga mendorong produsen kosmetik untuk terus berinovasi mengembangkan produk yang layak dan sesuai dengan regulasi. 


Skinproof juga didukung oleh tenaga ahli di bidangnya dan lebih dari 8000 panelis di kota-kota besar di Indonesia, Skinproof terus berupaya untuk melakukan inovasi layanan untuk dapat memberikan solusi dalam pengembangan produk kosmetik, memberikan dukungan holistik kepada para klien Skinproof dan mengedukasi konsumen mengenai keamanan dan keefektifitasan produk secara netral dan independen. 

Selain itu, Skinproof juga memberikan solusi dalam evaluasi produk, konsumen penelitian dan memberdayakan customer dengan pemikiran desain holistik untuk proses inovasi produk, seperti:
  • Cosmetic Claim Support, memberikan bukti claim produk dengan data dan analisis yang memadai dan terverifikasi. 
  • Consumer Research, memenuhi kebutuhan preferensi, perilaku & kepuasan konsumen 
  • Sensory Research, menjelaskan cara, rasa, tampilan dan performa produk 
  • Regulatory & Consultancy, dalam hal pemenuhan regulasi dan konsultasi personal. 


Jujur, dengan hadirnya Skinproof aku semakin terbantu memilih produk lokal terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kulitku. Dan berikut ini, aku akan review produk skincare by Skinproof yang sudah aku gunakan. 

Review Produk Skincare by Skinproof, Wardah Perfect Bright Moisturizer 




Masalah kulitku itu nggak jauh-jauh dari kusam dan kering. Makanya perlu banget skincare yang membantu mencerahkan sekaligus melembabkan kulit. Nah, dalam memilih skincare aku juga memperhatikan kandungannya dan uji klinis yang telah dilakukan. 

Biar nggak bingung, aku pilih produk-produk skincare lokal yang telah diuji dan didevelop oleh Skinproof. Yup, aku pakai Wardah Perfect Bright Moisturizer, yaitu pencerah yang memberikan ekstra kelembapan dan melembutkan kulit. Dilengkapi dengan SPF 30 PA+++ yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 

Kemasan 
Dikemas dalam tube kokoh berukuran 20ml. Isi yang cukup banyak menurutku, cukuplah untuk digunakan sebulanan. Aku suka perpaduan warna white and blue yang mendominasi kemasannya. Memberikan kesan cerah, dan fresh. Warna yang sangat merepresentasikan Wardah dan manfaat dari moisturizer ini. 

Oh iya, di box kemasannya kita juga bisa lihat info detail seputar izin BPOM, Ingredients, cara pakai, info produsen, sampai tanggal kadaluarsanya. Jadi kita nggak perlu bingung soal product knowledgenya, karena sudah tertera jelas dalam box kemasan. 

Aroma: 
Wardah Perfect Bright Moisturizer ini memiliki aroma berries yang lembut, manis namun tidak menusuk hidung. So far, aku suka aromanya. 

Tekstur: 



Ah, I love the texture! Ringan, cepat meresap di kulit dan nggak ada kesan lengket sama sekali. Bener-bener mudah diaplikasikan. Salut sih, sama formulanya yang ringan banget, jadi tetep nyaman kalau kita mau lanjut dengan daily makeup

Kandungan Utama dan Manfaatnya: 
  • 4X^ Bright Berries, kombinasi 4 macam berry yaitu Goji Berry, Cranberry, Acai Berry, dan Amethyst Berry yang dilengkapi dengan kandungan vitamin B3, Vit. C dan Vit. E yang bermanfaat untuk menutrisi dan mencerahkan kulit. 
  • Smooth - Glow Complex, memberikan kelembapan dan menghaluskan tekstur kulit sehingga lebih halus, supple dan glowing. 
  • SPF 30 PA+++, melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB matahari. 

Cara Pakai: 
Oleskan merata pada wajah dan leher yang telah dibersihkan. Untuk hasil maksimal baiknya digunakan secara rutin. Wardah Perfect Bright Moisturizer 

Review: 
So far, aku suka dengan moisturizer dari Wardah ini karena efektif untuk melembabkan dan mencerahkan wajahku. Hampir dua mingguan dipakai, kulit wajah terasa lebih fresh, cerah dan juga lembab. Dan yang bikin happy, sebum dan minyak di wajah jadi lebih terkontrol. 

Untuk melengkapi moisturizer ini, aku juga gunakan Wardah Perfect Night Moisturizer dan Cooling Bright Jelly Facial Foam, yang mengandung 4X^ Bright Berries yang efektif banget membersihkan wajah dan mengandung aroma yang sangat menyegarkan. 

Penutup: Nggak Ragu Pilih Produk Lokal Berkat Skinproof 


Alhamdulillah, sekarang sih nggak ragu lagi pilih produk lokal berkat Skinproof. Yes, Skinproof membuat aku sebagai konsumen merasa yakin terkait klaim produk yang didasari oleh riset yang valid dan pengujian yang terverifikasi. 

Sekarang sih, aku jadi merasa lebih aman menggunakan produk yang telah diuji oleh Skinproof. Nah, buat kamu yang mau cari produk lokal berkualitas, nggak usah bingung tinggal pilih aja produk skincare by Skinproof ya! 

Thank you Skinproof sudah bantu konsumen memilih produk yang seuai kebutuhan dan juga memberikan rasa aman pada masyarakat luas terkait produk kosmetik lokal saat ini! ^_^ 



For More Info about Skinproof 
 Instagram: @skinproof.id dan @aryanoblelife




14 comments:

  1. Sumpah deh aku baru tahu ada perusahan seperti Skinproof ini. Kalo begini sih ga ada cerita klaim SPF palsu seperti kemarin beredar ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih kamu kemana aja hehehe, iya Alhamdulillah ya. Jadi ga ada cerita nih kemakan SPF atau klaim palsu gitu. Pake yang Skinproof tested aja

      Delete
  2. Aku juga pake lho wardah yg ini. Nggak nyangka di uji oleb skinproof toh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak lho yang udah diuji sama Skinproof, salah satunya Wardah ini! Aku juga pake

      Delete
  3. Thanks for sharing tulisannya membantu banget nih!

    ReplyDelete
  4. Oh tenryata Skinproof sudah menyediakan pelayanan seperti ini ya. Kita sebagai masyarakat jadi ga ragu lagi ya pilih produk lokal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, membantu banget bagi masyarakat untuk memilih produk skincare atau kosmetik ya kak

      Delete
  5. Rh iya tuh kemarin sempet baca berita gitu kalo ada sunscreen yang klaim spf nya palsu. Nah kalo gini mah jadi terpercaya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess, makanya harus perhatikan betul hasil uji dan nggak mudah kemakan iklan kak

      Delete
  6. Sekarang produk skincare atau kosmetik lokal udah pada bagus bagus kok. Jadi ga perlu kemakan iklan pake produk luar yang jauh lebih mahal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget, nggak perlu PO atau bayar lebih mahal karena banyak produk lokal dengan kualitas yg super bagus ya kak

      Delete
  7. Nah ulasan kaya gini nih yang dicari. Detail dan menyeluruh plus ada produk yang dipake juga!

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D