Monday, November 1, 2021

...

Serunya Belajar Finansial Literasi di Fin Expo - BIK 2021

 


Bersyukur deh rasanya di tengah pandemi yang membatasi, teknologi kita sudah semakin maju. Sehingga memungkinkan kita untuk tetap belajar, berdiskusi dan juga mengakses berbagai informasi secara online.

Terlebih saat ini, aku lagi semangat-semangatnya nih belajar finansial literasi, dalam rangka mempersiapkan masa depan. Karena memang apa yang terjadi ke depan itu benar-benar nggak bisa diprediksi, makanya nih perlu persiapan yang matang. 

Ngomongin soal finansial literasi, kemarin aku baru aja ikutan Financial Expo – Bulan Inklusi Keuangan 2021. Walau digelar secara online, tapi acara yang berlangsung dari tanggal 18 Oktober hingga 2 November 2021 ini seru banget lho. 

Fin Expo –BIK 2021 ini merupakan acara yang digelar oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) bersama dengan regulator serta pemangku kepentingan lainnya dalam industri keuangan non bank (IKNB) untuk menguatkan komitmennya dalam mendorong literasi keuangan dan asuransi melalui kegiatan seri kampanye literasi yang masif dengan melibatkan masyarakat dari berbagai kalangan di Bulan Inklusi Keuangan (BIK), selama bulan Oktober. 

AAJI dan anggotanya dari perusahaan asuransi jiwa dan reasuransi secara aktif melakukan edukasi keuangan dan asuransi dengan meramaikan perhelatan daring FinExpo-BIK 2021. Kegiatan ini merupakan bukti nyata sinergi dan kolektivitas seluruh pemangku kepentingan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki akses ke layanan jasa keuangan, termasuk perlindungan asuransi jiwa. 

Financial Expo Bulan Inklusi Keuangan 2021 




Asli, banyak banget informasi penting yang aku dapat dari acara Fin Expo 2021 ini, mulai dari webinar edukasi tentang keuangan, penjualan produk dan jasa keuangan, promo dan pemeran jasa keuangan, dan juga kesempatan untuk dapetin doorprize jutaan rupiah lho. 

Menurutku digelarnya Financial Expo 2021 ini seperti oase yang menyejukkan di tengah pandemi ini. Ya, nggak bisa dipungkiri memang tingkat finansial literasi masyarakat Indonesia masih terbilang rendah. Makanya nih perlu kampanye masif terkait finansial literasi ini. 

Fyi, dari data yang ada ternyata baru sekitar 6,5% penduduk Indonesia yang saat ini memiliki perlindungan asuransi. Itu kan artinya ada sekitar 93,5% masyarakat yang belum memiliki asuransi. Padahal, asuransi itu salah satu bentuk proteksi masa depan lho. 

Hal ini disebabkan karena banyak masyarakat yang tidak paham manfaat asuransi. Makanya nih, penting banget untuk mengkampanyekan manfaat asuransi jiwa yang merupakan salah satu cara paling efektif mengatur keuangan masa depan. 

Contoh konkritnya adalah pandemi yang terjadi saat ini. Beberapa tahun lalu, tentu kita nggak pernah nyangka kan akan terjadi pandemi Covid-19 yang merenggut banyak nyawa, juga membuat ekonomi lumayan porak poranda. 

Dengan memiliki asuransi, tentunya ada perlindungan jika (amit-amit) kita atau keluarga mengalami musibah yang tidak kita duga sebelumnya. Dan lewat Fin Expo 2021 ini aku dapat banyak pemahaman baru terutama perihal asuransi yang ternyata juga sangat berdampak pada proses pemulihan ekonomi di masa pandemi ini lho. 

Makanya nggak heran nih, kalau kampanye ini menyasar generasi millennial yang merupakan generasi emas, yang berperan penting dalam mebangun perekonomian bangsa di masa depan. 

Mudah-mudahan deh ya, dengan perkembangan teknologi terkini dan meningkatnya kemampuan dalam memanfaatkan teknologi serta akses ke perlindungan asuransi, gen millenial ini akan mendongkrak kualitas kehidupan bangsa kita di masa depan. 

Serunya Virtual Booth Prudential Fin Expo – BIK 2021 




Pas kemarin, aku jalan jalan virtual di Fin Expo 2021, ada yang sangat menarik perhatianku nih. Bahkan aku sampai menghabiskan waktu yang cukup lama lho di sana. Yup, apalagi kalau bukan Prudential. 

Awalnya sih karena keasyikan dengerin Motivator favoritku, Merry Riana, lama-lama kok makin tertarik untuk explore virtual booth Prudential lebih dalam. Ternyata banyak banget informasi yang bisa kita dapet lho, mulai dari Tips n Trik, knowledge produk sampai promo-promo menarik. 

Habis nonton videonya Merry Riana di virtual booth Prudential, aku jadi makin tahu, gimana sih tips memilih asuransi kesehatan yang tepat untuk kita. Ya, as you guys know, milih asuransi memang nggak boleh asal, harus mempertimbangkan banyak hal ya. 



Selain itu, aku juga jadi tertarik banget sama Asuransi Jiwa Syariah PruCinta, PruCerah dan juga PruLink Syariah. Hayooo, kira-kira kamu tahu nggak nih apa bedanya? 

Asuransi Jiwa Syariah PRUCinta merupakan produk asuransi jiwa syariah dari PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) yang menyediakan perlindungan komprehensif selama 20 tahun masa kepesertaan terhadap risiko meninggal dunia dan meninggal dunia karena kecelakaan. 

PRUCerah merupakan asuransi jiwa tradisional berbasis Syariah yang menawarkan manfaat dana pendidikan bulanan dan tambahan dana pendidikan. 

• Sedangkan PRUlink syariah generasi baru adalah inovasi produk asuransi jiwa dengan prinsip syariah terkait unit link terbaru dari Prudential Indonesia yang memberikan perlindungan jiwa sekaligus alokasi investasi positif sejak nasabah pertama kali membayar kontribusi. 



Sebenarnya, masih banyak produk Prudential lainnya, yang bakal kepanjangan kalau aku jelasin semuanya di sini. Mending kamu langsung aja ke Virtual Booth Prudential yang ada di Fin Expo – BIK 2021 ya! 

Nggak perlu khawatir, karena semua bisa akses secara gratis kok, tinggal registrasi aja dengan kunjungi link http://www.finexpo-bik2021.id ya! Buruan karena acaranya cuma sampai 2 November aja! ^_^

14 comments:

  1. Terima kasih shating linknya. Segera meluncur. Cari bahan bacaan, hehe...

    ReplyDelete
  2. Satu-satunya asuransi yang aku miliki sekarang itu BPJS, wkwkk. Tapi suamiku udah ikut yg prudensial syahriah. Emang kita harus pinter-pinter sekarnag sih ya, Mbak.

    ReplyDelete
  3. iya sepakat banget mbak, adanya acara Finaansial expo BIK 2021 ini jadi semacam angin segar untuk semua masyarakat Indonesia yang literasi finansialnya minim seperti saya. Semoga acara ini diselenggarakan lagi tahun depan. agar semakin banyak yang melek lietrasi finansial

    ReplyDelete
  4. Betul banget ya, asuransi itu sebagai bukti kasih kita terhadap orang tercinta kita, senang deh kalau makin banyak yang teredukasi financial di BIK 2021 ini, dan juga makin banyak yang punya akses ke layanan financial :)

    ReplyDelete
  5. Financial Expo – Bulan Inklusi Keuangan 2021 ini penting banget buat kita semua ya.
    Karena ibu adalah manager/menteri keuangan utk seluruh keluarga.
    jadi harus paham ttg bagaimana mengatur keuangan.

    ReplyDelete
  6. Meski pandemi, perayaan Bulan Inklusi Keuangan 2021 tetap berbobot, ya, Mbak. Edukasi soal finansial memang penting dan harus tetap dilakukan secara terus-menerus.

    ReplyDelete
  7. Huhuhu sayang sekali udah penasaran mau tau infonya langsung buka link huhuhu lagi deh karena udah clising acaranya hanya sampe tg 2 Nopember 2021. Anyway alhamdulillah baca postingan ini terada jiga nambah pengetahuan lho.

    ReplyDelete

  8. Ketiganya baik asuransi jiwa syariah PRUCinta, PRUCerah dan PRUlink syariah bagus-bagus semua ya mba. Setiap orang sekarang harus sudah melek penting punya dana asuransi untuk mempersiapkan masa depan ya mba. Makasih tulisannya mba

    ReplyDelete
  9. Prudential selalu banyak program bagus dan inovasinya juga cepat menyesuaikan kebutuhan nasabahnya. Mumpung Bulan Inklusi 2021 Literasi Finansial adalah momen yg bagus itu bisa mengedukasi masyarakat luas.

    ReplyDelete
  10. Keren deh program BIK ini. Memberi literasi Keuangan kepada masyarakat. Lengkap dengan produk-produk Keuangannya. Biar masyarakat semakin pintar mengatur Keuangan ya.

    ReplyDelete
  11. wah fin expo ini keren ya, bisa belajar ilmu financial di sini. aku ga banyak tau soal literasi financial. thank you ya udah share sebagian wawasannya di sini ^^

    ReplyDelete
  12. keren acaranya mba, nambah ilmu tentang literasi keauangan banget. Salah satunya ada Merry Riana ya, aku suka sama beliau. Thanks for sharing ya Mba.

    ReplyDelete
  13. Kerjasama yang baik antara Pemerintah dan Lembaga Keuangan untuk meningkatkan perekonomian Indonesia.
    Dengan mengenal berbagai produk asuransi, maka bisa tenang merencanakan masa depan.

    ReplyDelete
  14. Finansial literasi untuk masyarakat luas di Indonesia memang penting banget digalakkan ya. Pertama, biar pada melek cara mengatur uang dan tidak mudah tergoda pinjol ilegal (serem kalo baca-baca korban pinjol ilegal ini). Kedua, literasi keuangan juga bantu kita punya keuangan yang sehat, termasuk bisa mempersiapkan dana darurat dan asuransi. Ini keren sih fin expo ini

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D