Sunday, December 26, 2021

...

Gelaran Anugerah Ibu Teladan II 2021, Langkah Nyata Kemerdekaan Pangan Indonesia

 


Setiap ibu pasti menginginkan buah hatinya tumbuh sehat dan berkembang dengan optimal. Tak heran jika semua ibu berusaha keras untuk menghadirkan makanan bergizi di meja makan setiap harinya. Nasi, sayur, lengkap dengan lauk pauknya. Hal itu menandakan, ibu adalah tombak dari ketercukupan gizi keluarga. 

Namun ternyata, masih jauh panggang dari api. Di situasi pandemi Covid-19 ini, isu pangan dan kelaparan di Indonesia masih perlu perhatian khusus, terutama bagi kelompok rentan seperti anak-anak. 

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) terungkap bahwa Indonesia masih menghadapi tantangan permasalahan kemiskinan yang meningkat tajam yaitu, sekitar 2,7 juta jiwa yang disebabkan pandemi ini. 

Tidak hanya itu saja, menurut survei yang dilakukan oleh FOI (Foodbank Of Indonesia) di 14 Kabupaten pada tahun 2020, menunjukkan ada 27% di pemukiman padat penduduk dengan kondisi anak yang belajar di sekolah PAUD dalam keadaan lapar. Hal ini tentunya tidak boleh dibiarkan begitu saja. 

Peduli dengan kondisi tersebut, sebanyak 4.454 ibu bergerak bersama FOI dalam aksi 1.000 Ibu Indonesia membuka akses pangan bagi anak-anak untuk masa depan Indonesia. Aksi 1000 ibu inilah yang kemudian memperkuat kampanye Bikin Dapur Ngebul saat ini. 

Lewat kampanye ini, para ibu diharapkan dapat mengajak keluarga kembali berkegiatan di dapur. Sebagai bentuk apresiasi, FOI pun menggelar Anugerah Ibu Teladan II bekerja sama dengan para mitra. 

Meriahnya Gelaran Anugerah Ibu Teladan II 2021




Beruntungnya kemarin, bertepatan dengan Hari Ibu, aku diberi kesempatan untuk menyaksikan Anugerah Ibu Teladan 2021. Anugerah ini sebagai bentuk penghargaan kepada para relawan ibu hebat yang telah bergerak membuka akses pangan anak dan keluarga Indonesia. 

Anugerah Ibu Teladan II ini terdiri dari dua jenis penghargaan, yaitu Ibu Teladan dan Penghargaan kepada perusahaan/dunia usaha yang telah 3 tahun berturut-turut mendukung pergerakan FOI dalam membuka akses pangan. 

Terdapat empat kategori dalam penghargaan Ibu Teladan yaitu, Penggerak Masyarakat, Akademisi/Peneliti, Dunia Usaha, dan Pemangku Kebijakan Publik. Penjurian dilakukan pada 9-11 Desember 2021 oleh juri independen yaitu Guru Besar Antropologi FISIP Universitas Indonesia, Semiarto Aji; Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi IPB Prof Ahmad Sulaeman; dan Pendiri Foodbank of Indonesia, Hendro Utomo. 

Kini, Saatnya Kita Berpartisipasi dalam Akses Pangan bagi Anak, Keluarga dan Lingkungan Sekitar 




Setuju ya, kalau pangan mempunyai arti yang penting bagi kehidupan manusia, bahkan merupakan hak asasi manusia. Sayangnya di Indonesia yang sudah merdeka ini, kita belum mencapai kata ‘merdeka pangan’ lho. Oleh karena itulah, pemenuhan pangan ini harus jadi kepedulian kita bersama. 

Pendiri Foodbank of Indonesia, Hendro Utomo juga menjelaskan pentingnya peran ibu dalam memerangi kelaparan bagi masa depan Indonesia. Menurutnya, ibu adalah orang pertama yang memberikan gizi kepada anak-anaknya. Ibu juga merawat dan membesarkan anak-anaknya dengan kasih dan nilai-nilai kehidupan. 

"Pada tanggal 22 Desember ini, tahun 1928, sebanyak 600 perempuan hadir berkongres di Yogya mendorong lahirnya sebuah bangsa, bangsa Indonesia. Sebanyak 4.454 ibu bergerak bersama FOI dalam Aksi 1000 Ibu Indonesia membuka akses pangan bagi anak-anak untuk masa depan Indonesia. Kita akan gerakkan terus sejuta ibu untuk bergerak menghapus kelaparan dan kurang gizi untuk masa depan Indonesia," kata Hendro. 

Asli deh, menyaksikan Anugerah Ibu Teladan II ini rasanya salut luar biasa, bisa mendengar cerita para ibu hebat, dalam berjibaku membuka akses pangan yang kita tahu bukan hal yang sederhana. Hal yang sulit terwujud tanpa visi dan semangat dari para ibu hebat. 



Jujur, aku pribadi terinspirasi banget dengan gelaran Anugerah Ibu Teladan II ini untuk terus memberikan yang terbaik bagi keluarga perihal makanan bergizi di rumah, dan juga memberikan kontribusi lebih untuk akses pangan di lingkunganku. 

Aku berharap, semoga Anugerah ibu Teladan ini juga menginspirasi banyak ibu lainnya untuk berpartisipasi membuka akses pangan untuk anak, keluarga dan lingkungan agar tercipta generasi tangguh dan unggul. Yuk, saatnya kita ambil bagian dan berpartisipasi untuk kemerdekaan pangan Indonesia! ^_^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D