Wednesday, June 29, 2022

...

Blogger Wajib Tahu, Manfaat Canva yang Bikin Nge-blog Makin Lancar!

 


“Enak ya jadi blogger, bisa diundang ke berbagai event, dapat penghasilan tambahan plus bisa ketemu temen-temen baru!”, ucap teman kuliahku dulu saat kumpul-kumpul kemarin. Aku hanya bisa menjawab, Alhamdulillah bersyukur rasanya Allah memberikan jalan untukku bisa berkarya, mendapatkan penghasilan tambahan sambil menekuni hobi menulisku. 

Lima tahun menjadi Blogger banyak banget yang aku dapatkan, mulai dari pengalaman, penghasilan tambahan, kesempatan untuk keluar kota dan teman-teman baru yang luar biasa. Eittsss, tapi yang namanya pekerjaan tentu nggak semua menyenangkan ya, tetap ada duka dan pengorbanan dong. 

Inget banget deh, waktu di awal-awal aku membangun blog, sering merasa insecure karena tampilan blog yang tidak menarik, tidak punya kamera pendukung, dan lain sebagai. Tapi sekarang, jujur aku tidak merasakan hal itu lagi. Kenapa? Karena semua jadi lebih mudah, semenjak aku tahu tips dan kuncinya hehehe. 

Pasti penasarankan, apa sih tips dan kuncinya? 

Manfaat Canva yang Bikin Nge-blog Makin Lancar 




Blog tanpa foto pendukung itu seperti sayur tanpa garam, alias hambar! Kebayang nggak sih kalau blog kita hanya tulisan aja, rasanya pasti sepi dan nggak menarik ya! Kalau sudah begitu, tentu pembaca tidak betah berlama-lama di blog kita. 

Lain cerita, jika blog kita memiliki tampilan yang indah, dilengkapi dengan visual berupa foto pendukung tulisan blog, seperti infografis, sketsa, dan lain sebagainya. Pasti pembaca makin happy deh menjelajah blog kita. 

Tapi kan, mendesain gambar itu bukan hal yang mudah. Eiitsss kata siapa? Sekarang blogger atau bahkan siapapun bisa mendesain banyak hal dengan mudah lho. Yup, lewat Canva, perkara desain bukan hal rumit lagi. 

Canva merupakan sebuah platform desain grafis dengan konten publikasi yang sangat mudah dan cepat. Tools ajaib ini bisa digunakan secara online melalui desktop atau juga via aplikasi. Canva juga menyediakan beragam contoh desain untuk digunakan, seperti grafis media sosial, presentasi, poster, logo, dokumen, dan konten visual lainnya. 

Canva punya banyak banget manfaat nih, yang bikin ngeblog jadi lancar, yaitu: 



💙Canva sebagai alat komunikasi visual yang mudah dan efektif 
Dengan menyertakan konten visual seperti foto pendukung dalam blog yang dibuat melalui Canva, tentu tampilan blog menjadi lebih menarik dan efektif menjangkau lebih banyak pembaca. 

💙Template bervariasi 
Canva menyediakan koleksi template untuk semua hal. Kita tidak perlu mendesain dari nol dan cukup memanfaatkan ribuan template keren yang telah disediakan yang bisa dikustom di Canva untuk membuat konten visual yang kita butuhkan. 

💙Platform desain yang mudah digunakan 
Baik desainer pro atau pemula, Canva punya semua yang dibutuhkan untuk membuat konten yang menarik, mulai dari font, template, foto, video dan masih banyak lagi. 

💙Tersedia di semua platform 
Canva tersedia di semua platform, seperti iOS, Android, Windows dan Web. Semuanya terkoneksi ke akun kita sehingga pekerjaan akan selalu tersimpan kapanpun kita ingin mengaksesnya. 

💙Canva banyak bisanya 
Kalau ada yang bilang, Canva hanya bisa desain gambar aja, jelas salah dong ya. #CanvaBanyakBisanya karena dapat digunakan untuk banyak hal dan untuk semua orang. Baik untuk blog, pekerjaan, mengelola bisnis atau untuk sekolah semua bisa melalui Canva. 

💙Canva Pro menyediakan semua fitur yang dibutuhkan Blogger 

  • Background Remover: menghapus latar belakang foto dengan sangat mudah dalam sekali klik. 
  • Magic Resize: mendesain sekali, lalu ubah ke berbagai ukuran dalam sekali klik. 
  • Brand Kit: Atur logo, font, dan warna kita sendiri. Akses semuanya saat mendesain sehingga kita bisa mendesain segalanya sesuai ciri khas blog kita dengan mudah. 
  • Latar Belakang Transparan: simpan logo, gambar produk, foto, dan sebagainya dalam PNG dan letakkan desain kita pada berbagai latar belakang dan foto. 
  • Template Premium: Kita bisa pilih dari lebih dari 400 ribu template sesuai dengan ciri khas blog kita. 
  • Animasi Premium: buat konten blog dan sosial media kita dengan menarik dengan animasi sekali klik. Simpan dengan mudah sebagai video atau GIF. 
  • Font Premium: atur desain kita dengan lebih dari 3000 font premium eksklusif di Canva Pro. 
  • Konten Tak terbatas: temukan gambar yang sempurna untuk setiap proyek dengan 100+ juta foto premium ikon dan ilustrasi yang bisa ditambahkan ke desain kita tanpa tambahan biaya. 
  • Content Planner: rencanakan, buat desain, jadwalkan dan tayangkan konten kita ke blog dan media sosial langsung dari Canva. 

Coba Gratis Berlangganan Canva Pro 




Gimana gimana? Membuat tampilan blog jadi lebih indah dan atraktif bukan hal yang sulit kan? Menurutku Canva ini mudah banget digunakan, karena fiturnya sangat simple. Pemula sekalipun pasti bisa menggunakannya. 

Nah, buat para blogger yang memang sehari-hari membutuhkan konten visual yang kece untuk blog dan media sosialnya, aku sarankan untuk berlangganan Canva Pro, karena banyak banget keuntungan dan fitur premium yang bisa kita nikmati tanpa batasan. 

Yup, kehebatan Canva Pro ini membuat kita bisa mendesain dengan ribuan template gratis, plus tersedia fitur dan pustaka konten yang lengkap. Nggak usah khawatir nyesel berlangganan, karena kamu bisa coba gratis Canva Pro selama satu bulan terlebih dahulu lho! 

Aku yakin sih, setelah coba gratis Canva Pro malah jadi ketagihan deh. Tenang biaya berlangganannya juga sangat terjangkau kok, hanya dengan Rp. 95.000/bulan dan bisa patungan untuk 5 orang lho! Yuk, bikin ngeblog jadi makin lancar dengan akses lebih Canva Pro! ^_^

10 comments:

  1. Replies
    1. banyak banget kak, langsung langganan aja biar makin puas ya!

      Delete
  2. Sekarang mah emang udah susah deh lepas dari canva, apa-apa soal design ada semua sih di canva yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget. akupun mau bikin apa apa ya pakai Canva, btw udah langganan belum nih?

      Delete
  3. Ini beneran 95 ribu bisa untuk 5 orang ya? Terjangkau deh jadinya. Mau coba ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran dong kak, 95 ribu per bulan bisa untuk 5 orang. biar puas cobain langganan canva gratis aja dulu

      Delete
  4. Bukan cuma buat blogger, ini juga bisa dipakai untuk guru buat bikin bahan ajar lho. Makin banyak ya fiturnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, betul banget. temenku yang guru juga banyak yang pakai Canva biar bahan ajarnya makin cakep dan interaktif.

      Delete
  5. Kebetulan aku lagi ngulik ngulik canva ni, pas banget nemu artikel ini...

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah, tepat banget ya. yuk cobain gratis langganannya kaka

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D