Monday, December 19, 2022

...

Bangga Jadi Bagian SGM Eksplor, Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia Wujudkan Generasi Emas 2045

 


Memiliki orang tua dengan keterbatasan finansial, membuat masa kecilku minim eksplorasi dan pengalaman. Walau tidak sampai menghambat tumbuh kembang, namun tetap saja rasanya ada yang kurang dalam perjalanan masa kecilku. 

Hal itulah yang kemudian mendasariku, kelak ketika menjadi orang tua, aku harus mengupayakan pendidikan dan nutrisi terbaik agar anakku dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. 

Komitmen ini terus aku jalankan saat membesarkan dua buah hatiku. Namun, ternyata mengupayakan yang terbaik untuk tumbuh kembang anak, ada saja tantangannya ya. Dan inilah perjalananku dalam mengupayakan nutrisi dan edukasi terbaik untuk Syauqi dan Raisha… 

SGM Eksplor Teman Tumbuh dan Berkembang Syauqi Sejak Berusia 1 Tahun 




Menikah di usia muda, kemudian memiliki dua anak dengan jarak yang berdekatan rasanya sungguh nano-nano. Bagaimana tidak, saat anak pertamaku Syauqi berusia 6 bulan, aku mengandung anak keduaku, Raisha. 

Berbagai kekhawatiran kian menyelimuti, apakah nutrisi Syauqi dapat terpenuhi jika tidak disupport ASI? Sampai akhirnya, keluarga meyakinkanku bahwa kita tetap bisa mengoptimalkan tumbuh kembang Syauqi dengan asupan lainnya. 

Beruntungnya, aku menemukan SGM Eksplor yang merupakan susu pertumbuhan nomor 1 yang telah memajukan 75 juta anak Indonesia sejak tahun 1954. Selama lebih dari 68 tahun hadir dan menyediakan nutrisi untuk masyarakat Indonesia, SGM Eksplor berkomitmen untuk melakukan berbagai inovasi produk untuk menjawab kebutuhan nutrisi anak Indonesia. 

Salah satunya melalui SGM Eksplor Pro-gress Maxx yang diformulasikan untuk dukung si kecil tumbuh maksimal di 4 aspek agar menjadi Generasi Maju, yaitu daya pikir, pencernaan, daya tahan tubuh & pertumbuhan maksimal. 



SGM Eksplor Pro-gress Maxx juga telah menghadirkan inovasi susu pertumbuhan satu-satunya yang mengandung Iron-C™ - kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C, yang berguna untuk dukung penyerapan nutrisi penting dengan maksimal, serta mengandung nutrisi penting lainnya seperti DHA, Minyak ikan tuna, Omega 3 & 6, Serat pangan, dan Zinc. 




Alhamdulillah SGM Eksplor terus menemani dan mencukupi nutrisi Syauqi dalam proses tumbuh kembangnya sejak usia satu tahun. Sebagai ibu, aku sangat bahagia memiliki buah hati yang sehat dan cerdas. Karena itulah, aku kembali mempercayakan SGM Eksplor dalam tumbuh kembang anak keduaku, Raisha. 

Ternyata, Masih Banyak Anak Indonesia yang Tidak Seberuntung Anakku 




Bak, masih jauh panggang dari api. Ternyata, masih banyak anak Indonesia yang belum seberuntung Syauqi dan Raisha. Nyatanya, Indonesia masih menghadapi beberapa tantangan dalam mempersiapkan SDM unggul untuk kemajuan masa depan bangsa, di antaranya pemerataan akses pendidikan dan nutrisi di seluruh daerah. 

Terlebih lagi, pandemi telah memberikan dampak dan tantangan yang besar terhadap akses pendidikan, kesehatan, dan ketahanan ekonomi bagi 80 juta anak di Indonesia. Pada tahun 2021, Indonesia tercatat sebagai negara dengan jumlah penduduk kurang gizi tertinggi di Kawasan Asia Tenggara. 

Selain itu, dari sisi pendidikan, kejadian putus sekolah masih mewarnai proses pendidikan di Indonesia, di mana 1 dari 1.000 siswa putus sekolah di jenjang SD/Sederajat. Data-data tersebut semakin memperkuat fakta sebelumnya yang menunjukkan bahwa 9 dari 10 anak di Indonesia masih mengalami kekurangan akses nutrisi dan pendidikan yang memadai untuk bisa mencapai kemajuan. 

Padahal kualitas kesehatan dan pendidikan anak-anak kita saat ini sangat menentukan kualitas pemimpin bangsa di masa mendatang. Sebagai generasi penerus bangsa di masa depan, setiap anak Indonesia tentunya berhak mendapatkan akses untuk jadi generasi maju. Namun, tidak semua anak berada dalam kondisi beruntung dan masih harus menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan yang optimal sebagai fondasi mereka mencapai kemajuan. 

Melalui Gerakan Sosial Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia, SGM Eksplor Bantu Wujudkan Generasi Emas 2045 




Selain memiliki anak yang sehat dan memiliki perkembangan kognitif anak yang baik, satu hal lagi yang membuatku bangga menjadi bagian dari Bunda SGM Eksplor adalah adanya program yang bantu wujudkan Generasi Emas 2045. Yup, SGM Eksplor kembali menghadirkan gerakan sosial ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’, bersama para mitra serta Bunda di Indonesia telah berhasil memberikan dukungan akses nutrisi, kesehatan dan pendidikan kepada lebih dari 200.000 Anak Indonesia yang tersebar di hampir seluruh provinsi di Indonesia, melalui pembelian produk SGM Eksplor. 

Dukungan tersebut disalurkan dalam bentuk menyediakan paket donasi nutrisi untuk anak usia di atas 1 tahun, donasi paket beasiswa pendidikan, renovasi atau rehabilitasi infrastruktur sarana pendidikan, dan fasilitas pendukung yang memadai untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (online). SGM Eksplor juga menggandeng organisasi sosial yakni SOS Children’s Villages untuk mendukung penyaluran bantuan donasi agar bisa menjangkau anak-anak Indonesia yang membutuhkan di seluruh wilayah Indonesia. 

Inisiatif ini merupakan upaya SGM Eksplor untuk mendukung akses kemajuan anak Indonesia sebagai bagian dari mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul sejak dini untuk mewujudkan visi pemerintah Generasi Emas 2045. 



Shiera Syabila Maulidya, Senior Brand Manager SGM Eksplor mengatakan,

“SGM Eksplor percaya bahwa dengan kolaborasi bersama, kita dapat mewujudkan generasi maju Indonesia. Sebab, cita-cita menuju Indonesia maju bisa tercapai dengan dukungan dan upaya kerja keras dari seluruh masyarakat, terutama melakukan dukungan terhadap nutrisi dan pendidikan untuk anak Indonesia. Melalui rangkaian inisiatif yang dilakukan melalui gerakan sosial ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’ diharapkan dapat ikut mendorong terciptanya generasi maju yang berkualitas dan berprestasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan.” 

Kolaborasi ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’ Lahirkan Greysia Polii dan Merry Riana Junior 




Setuju ya Bund, kalau anak adalah hal terpenting bagi orang tua, sekaligus menjadi harapan masa depan bangsa. Karena itu, sudah seharusnya anak memiliki potensi dan hak yang sama untuk meraih kemajuan, sehingga tidak ada anak yang boleh tertinggal dalam mendapatkan akses nutrisi dan pendidikan. 

Nah, guna mendukung anak-anak Indonesia tumbuh jadi Anak Generasi Maju, perlu adanya kolaborasi dari berbagai pihak untuk terus melakukan upaya dalam menghadapi tantangan ini. Menurutku, hadirnya gerakan sosial ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’ dari SGM Eksplor ini dapat meningkatkan kesadaran kita semua para bunda untuk ikut berkontribusi dalam memajukan anak-anak Indonesia yang masih belum seberuntung anak-anak kita. 



Septi Peni Wulandani, Pemerhati ibu dan anak, Founder school of life dan Ibu Profesional mengatakan, 

“Akses nutrisi dan pendidikan adalah langkah awal dalam mengembangkan potensi maksimal anak-anak Indonesia. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan kolektif dari masyarakat dan berbagai pihak termasuk sektor swasta untuk memberikan lebih banyak dukungan bagi anak-anak Indonesia agar dapat mendorong terciptanya cita-cita menuju Generasi Emas 2045 yang diusung pemerintah. Seperti inisiatif yang telah dilakukan oleh SGM Eksplor melalui gerakan sosial ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’ yang sangat saya apresiasi sebagai upaya untuk mengajak semua pihak saling mendukung kemajuan anak Indonesia dan mewujudkan ‘Generasi Emas 2045.” 



Nggak hanya ibu Peni aja lho, Peraih Medali Emas Olimpiade, Greysia Polii sebagai salah satu Anak SGM yang telah tumbuh menjadi generasi maju, bahkan dengan bangga menyambut positif gerakan sosial dari SGM Eksplor yang mendukung akses nutrisi dan pendidikan bagi anak-anak di Indonesia agar bisa menjadikan mereka generasi maju seperti prestasi yang telah diraihnya dengan dukungan Bunda dan nutrisi tepat. 

“Sejak kecil, dengan segala rintangan yang harus saya lewati, tidak membuat saya pantang menyerah, keberhasilan saya saat ini tidak lepas dari dukungan optimal dari Bunda. Salah satunya dengan memastikan saya mendapatkan nutrisi yang terbaik dan akses pendidikan yang optimal sehingga saya memiliki kesempatan untuk mewujudkan mimpi menjadi atlet bulutangkis namun tetap tidak menomorduakan pendidikan formal hingga juga bisa menyelesaikan kuliah. Dari hasil perjuangan dan dukungan tersebut, akhirnya saya bisa berhasil menyabet medali emas Olimpiade Tokyo 2020, membuktikan peran saya sebagai Anak Generasi Maju yang bisa memajukan bangsa." 



Senada dengan Greysia, Motivator dan Pengusaha, Merry Riana juga menyampaikan bahwa berbagai pihak harus dapat terus mendukung kemajuan anak-anak Indonesia agar bisa memperjuangkan mimpi-mimpi mereka. Merry Riana bahkan menceritakan perjuangannya menghadapi begitu banyak tantangan demi mewujudkan mimpi-mimpinya. 

“Untuk meraih kesuksesan, memang banyak tantangan yang harus dihadapi. Seperti dalam perjalanan hidup saya yang tidak selalu mulus dan tidak semua mempunyai latar belakang ekonomi yang memadai. Namun, di setiap kesulitan yang dialami, kita harus terus percaya diri dan berusaha dengan maksimal dalam menciptakan kesempatan untuk terus maju. Perjuangan tersebut bisa menjadi inspirasi memotivasi banyak orang, khususnya bagi para orang tua untuk bisa terus mendukung anak-anak mereka menggapai mimpi. Inilah upaya saya memajukan bangsa, memotivasi sebanyak mungkin orang, termasuk para orang tua, untuk terus memberikan dukungan optimal bagi anak agar bisa jadi generasi maju."



Rasanya bangga banget deh, melalui partisipasi yang kita berikan dalam gerakan Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia ini bisa melahirkan sosok Greysia Polii dan Merry Riana junior, pasti Generasi Emas 2045 akan lebih mudah terwujud. 

Sebagai orang tua, aku pribadi berharap gerakan sosial Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia dapat terus diadakan, agar semakin banyak bunda yang dapat berpartipasi dan semakin banyak juga anak Indonesia yang terbantu untuk menjadi #AnakGenerasi Maju. Terimakasih #SGMEksplor ^_^ 


#AkuAnakSGM #AnakGenerasi Maju #SGMEksplor

17 comments:

  1. semoga anak-anak kita bisa kayak Merry Riana dan Greysia ya mba, apalagi dengan dukungan orang tua dan SGM

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin aamiin, akupun berharap demikian nih mba. semoga generasi emas 2045 bisa terwujud ya

      Delete
  2. SGM Eksplor ini andalan sekali untuk mengembangkan tumbuh kembang anak ya mba. Yuk kita sama sama dukung demi masa depan bangsa ciptakan generasi maju untuk bangsa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, teman tumbuh dan berkembang kedua anakku nih. Syauqi dan Raisha dari kecil minumnya SGM hehe

      Delete
    2. iya mba, teman tumbuh dan berkembang kedua anakku nih. Syauqi dan Raisha dari kecil minumnya SGM hehe

      Delete
  3. Aku pun termasuk anak yang gak banyak eksplor karena keterbatasan orang tua. Makanya kalau nanti ada anak, mau yang terbaik buat mereka. Dukung banget deh gerakan sosial Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba, karena itu aku bener bener merasa gerakan sosial TTGM maju ini penting banget untuk perkembangan anak-anak yang kurang beruntung

      Delete
  4. Paling suka sama anak yang respon jika diajak ngobrol, sayang tak banyak orangtua yang tak sadar akan hal ini. Kesibukan kerap mengabaikan perhatiannya buat anak-anak semoga gerakan sosial Tunjuk Tangan memberi dampak positif untuk Generasi Muda

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin aamiin, yuk dukung gerakan sosial Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia mba

      Delete
  5. Selalu salut nih dengan SGM, begitu konsisten memperhatikan kebutuhan anak, dan juga di bidang pendidikan.
    Semoga anak Indonesia bisa menjadi Generasi Maju yang berjaya di masa depan. Saya juga sudah Tunjuk Tangan lho.
    Semoga ke depan semakin banyak Bunda yang ikut gerakan sosial ini.

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah SGM Eksplor terus konsisten dengan program "Ayo Tunjuk Tangan" ini ya.. Sehingga membuka kesempatan bagi semua keluarga untuk bekerjasama memperbaiki fasilitas sampai membantu anak-anak yang lain untuk tekun menggapai cita-cita mereka.

    ReplyDelete
  7. Sedih juga ya saat melihat masih banyak anak Indonesia yang tidak seberuntung anak-anak kita dalam kecukupan gizi. Alhamdulillah ada gerakan tunjuk tangan yang diinisiasi oleh SGM ini agar makin merata distribusi pangan sehat untuk seluruh generasi muda negeri ini.

    ReplyDelete
  8. Semangaat, semoga anak-anak kita jadi salah satu generasi emas masa depan yang berhasil meraih prestasi membanggakan ya, seperti Merry Riana dan Greysia

    ReplyDelete
  9. Campaign SGM yang ini bagus sekali yaa. Soalnya kalau mengandalkan pemerintah aja menangani anak2 yang masih minim fasilitas pendidikan, kesehatan dan nutrisi bakalan susah.
    Sebagai masyarakat kita juga bisa ikut berpertisipasi melalui campaign atau program SGM ini juga ya mbak.

    ReplyDelete
  10. memang kalau mau anak sukses itu, sebagai ibu kita perlu memperhatikan asupan makanan dan minumannya yaa.. termasuk pilihan soal susu formula yang tepat buat anak

    ReplyDelete
  11. Dukungan SGM ini menginspirasi ya kak, karena terus konsisten dalam mendukung generasi bangsa agar terus maju dan berkembang. Cuss support juga dalam program tunjuk tangan ini

    ReplyDelete
  12. Bagus sekali program SOS Children's Village ini, karena ndonesia ini luas banget, banyak daerah terpencil dan desa-desa pelosok, mereka anak-anak yang perlu dukungan nutrisi untuk tumbuh kembangnya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D