Thursday, December 8, 2022

...

Ada Harapan di Tengah Kerinduan, PCOS Fighter Masih Bisa Kok Hamil Alami!

 


Jadi perempuan itu berat ya! Ada aja tuntutannya. Kapan nikah? Kapan punya anak? Kapan nambah anak? Selalu deh hal-hal seperti itu yang dilontarkan, baik oleh keluarga, kerabat atau tetangga. 

Pertanyaan atau tuntutan seperti itu sering kali bikin kita overthingking. Bahkan tak jarang sampai membuat mental kita terganggu, terlebih untuk para pejuang garis dua di luar sana. 

Yup, perkara anak memang di luar kuasa kita sebagai seorang manusia. Anak adalah karunia dan takdir dari Allah. Yang bisa kita lakukan hanyalah berdoa agar kita diberikan kesanggupan untuk menerima titipannya. 

Bicara soal anak, bersyukur rasanya beberapa waktu lalu aku berkesempatan hadir di Talkshow yang diselenggarakan oleh Mayapada Hospital Jakarta Selatan yang merupakan rumah sakit terbaik di Jabodetabek. Talkshow kali ini mengangkat tema, “PCOS, Masih Mungkinkah Hamil Alami?” 

Apa Itu PCOS? 




Mungkin banyak dari kamu yang belum mengetahui apa sih PCOS itu? Dan benarkah menjadi penyebab sulit hamil? Hal ini dibahas cukup mendalam di talkshow yang dihadiri oleh dua pembicara hebat yaitu Grace Tahir dan dr. Malvin Emeraldi, SpOG(K)FER, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, konsultan Subspesialis Fertilitas & Hormon Reproduksi Mayapada Hospital Jakarta Selatan (MHJS). 

Ternyata PCOS atau Polycystic Ovarian Syndrome adalah suatu kelainan pada wanita yang ditandai dengan adanya hiperandrogenisme dengan anovulasi kronik dan tidak disertai dengan kelainan pada kelenjar adrenal maupun kelenjar hipofisis. Hormon androgen yang berlebihan pada penderita PCOS dapat mengakibatkan ovarium atau indung telur memproduksi banyak kantong-kantong berisi cairan. Kondisi ini menyebabkan sel-sel telur tidak berkembang dengan sempurna dan gagal dilepaskan secara teratur. 

Gejala PCOS ini bisa timbul ketika wanita mengalami haid pertama kali di masa pubertas. Meski gejala PCOS ini sering muncul saat remaja, ada juga penderita PCOS yang baru mengalami gejalanya setelah dewasa atau saat periode tertentu, misalnya saat berat badannya naik secara signifikan. Apa aja sih gejala PCOS? 

• Gangguan menstruasi 
PCOS kerap ditandai dengan periode menstruasi yang tidak teratur atau berkepanjangan. Sebagai contoh, penderita PCOS hanya akan mengalami haid kurang dari 8–9 kali dalam 1 tahun. Jarak antar haid dapat kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari, atau darah menstruasi mengalir deras. 

• Gejala akibat kadar hormon androgen yang meningkat 
Peningkatan kadar hormon androgen pada wanita dengan PCOS dapat menyebabkan munculnya gejala fisik seperti pria, seperti tumbuhnya rambut yang lebat di wajah dan tubuh, serta munculnya jerawat yang parah dan kebotakan. 

• Kista ovarium yang banyak 
Pada penderita PCOS, bisa ditemukan kantong-kantong kista di sekitar sel telur (ovarium). 

• Warna kulit menjadi gelap 
Beberapa bagian tubuh penderita PCOS bisa menjadi gelap, terutama di area lipatan, seperti lipat leher, selangkangan, dan bagian bawah payudara. Lalu 

Mungkinkan Penderita PCOS Bisa Hamil Alami? 




Harapan itu masih ada kok. Terlebih saat ini perkembangan dunia kedokteran juga sangat luar biasa, dan kita memiliki dokter-dokter professional yang siap membantu. Yes, di Mayapada Hospital Jakarta Selatan salah satunya. 

Dalam acara kemarin, Ibu Grace Tahir menceritakan pengalamannya yang luar biasa dalam berjuang mendapatkan anak kedua. Sebagai PCOS fighter, Ibu Grace menuturkan butuh kesabaran dan support system yang mendukung PCOS fighter melewati masa-masa sulit ini. 

Perjuangan menurunkan berat badan, melawan tekanan dari orang sekitar, dan masa penantian buah hati yang dirindukan. Tak jarang hal ini membuat Ibu Grace menangis sendirian. Sampai kemudian, ia menyadari bahwa hal ini hanya akan membuat mentalnya jatuh dan fisiknya semakin rapuh. 

Karena itulah, Ibu Grace segera bangkit dan berpasrah kepada Tuhan, sembari terus berusaha hingga akhirnya semesta mengaminkan dengan hadirnya buah hati yang dirindukan. 



Apa yang Ibu Grace alami tentu menjadi inspirasi, bahwa masih ada harapan bagi penderita PCOS untuk bisa hamil alami. Kuncinya tentu dengan menjalankan pola hidup sehat, ikuti semua anjuran dan saran dari dokter dan jangan ragu untuk mencari bantuan atau pendampingan professional jika memang dibutuhkan. 

Untuk kamu para PCOS fighter dan pejuang garis dua, tetap semangat ya! Jangan menyerah memperjuangkan kehadiran buah hati tercinta! ^_^



No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D