Thursday, December 1, 2022

...

Urgensi Transisi Energi untuk Kurangi Selimut Polusi

 


Melihat berbagai kerusakan lingkungan yang terjadi jujur rasanya khawatir, bagaimana yanasib anak cucu kita nanti? Belum lagi perihal energi yang kian hari kian terbatas. Duh duh, membayangkannya saja sudah membuat nyeri kepala. 

Tapi kalau cuma dibayangkan tentu nggak akan ada perubahan. Makanya perlu aksi nyata dari para anak muda masa kini, agar kelak anak cucu kita bisa hidup dengan nyaman tanpa khawatir dengan kerusakan lingkungan dan minimnya sumber energi. 

Beruntungnya, beberapa waktu lalu aku mengikuti Online Gathering bersama Eco Blogger Squad dan Traction Energy yang membahas tentang Transisi Energi dan Selimut Polusi. Hayoo udah pada tahu belum nih, perihal transisi energi? 

Transisi Energi dan Selimut Polusi 




Transisi energi merupakan upaya dalam menekan risiko pemanasan global yang berpotensi mengancam kehidupan yang layak di masa mendatang. Yah, bisa dibilang transisi energi adalah jalan menuju transformasi sektor energi global menjadi nol-karbon. 

Namun yang perlu disadari adalah transisi energi merupakan proses panjang yang harus dilakukan bukan hanya oleh Indonesia tapi juga negara-negara di dunia untuk menekan emisi karbon yang dapat menyebabkan perubahan iklim. 

Salah satunya lewat kesepakatan dalam transisi energi yang bertujuan untuk menuju ke titik yang sama yaitu pemanfaatan energi bersih yang terus meningkat. 

Hal ini mengacu pada pergeseran sektor energi global dari sistem produksi dan konsumsi energi berbasis fosil (gas alam, minyak, dan batu bara) ke sumber energi terbarukan seperti angin, matahari, dan baterai lithium-ion. Intinya sih, transformasi energi yang sebelumnya berbasis bahan bakar fosil ke depannya menjadi energi hijau yang lebih ramah lingkungan. 

Sebenarnya, transisi energi bukanlah hal baru dalam sejarah dunia lho. Hal yang sama pernah dilakukan ketika dahulu masyarakat mengganti penggunaan kayu ke batu bara pada abad 20. Yang membedakan adalah di masa sekarang urgensi transisi energi menjadi lebih meningkat. Hal tersebut tak lain guna melindungi bumi kita dari risiko perubahan iklim. 

Emangnya Seberapa Penting Sih Transisi Energi? 




Pasti banyak dari kamu yang bertanya seberapa urgen sih transisi energi ini? Perasaan kita masih baik-baik aja kok. 

Yuk, lebih peka dan lebih aware lagi. Bumi kita saat ini udah nggak baik-baik aja lho. Perubahan iklim sudah makin terasa dan ini bisa mengancam kehidupan kita. 

Urgensi transisi energi terjadi karena tiga hal, yakni perubahan iklim, gas rumah kaca, dan desentralisasi energi. Pentingnya transisi energi di masa sekarang juga didorong oleh berbagai faktor, di antaranya tingginya penetrasi energi terbarukan ke dalam bauran energi global, peningkatan teknologi dan penyimpanan energi, serta dimulainya elektrifikasi. 

Karena itulah transisi energi ke sumber ramah lingkungan bukan hanya mampu mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil, dan menjaga kelestarian lingkungan tapi juga mendorong teknologi dalam menciptakan jutaan pekerjaan terutama di negara berkembang. 

Apa Sih yang Bisa Kita Lakukan dalam Transisi Energi Ini? 




Kita sebagai anak muda tentu punya peran penting dalam berpatisipasi menjalankan transisi energi ini. Hal ini tentunya agar dapat memberikan perubahan nyata terhadap energi fosil di Indonesia sehingga di masa depan, kaum muda dapat mengurangi penggunaan energi berbasis fosil secara signifikan. 

Hal tersebut, harus segera dilakukan oleh kaum muda untuk menjaga kelestarian bumi. Mengingat, penggunaan energi fosil meningkatkan emisi CO2 yang menyebabkan serangkaian kerusakan lingkungan. Dari mulai udara hingga laut yang terancam akan kerusakan. 

As you guys know, aktivitas manusia telah berdampak luas pada kerusakan atmosfer, laut, kriosfer, dan biosfer secara permanen. Kerusakan alam permanen di muka bumi yang dilakukan oleh kita sendiri ini tak ayal menimbulkan ancaman seperti penyakit baru yang bisa berubah menjadi pandemi seperti sekarang ini. 

Lalu, kita harus bagaimana dong? 

Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan yaitu: 
  • Terlibat dalam pengumpulan limbah rumah tangga untuk bahan baku energi non fosil (biodiesel dan biogas). 
  • Ceritakan praktik baik inovasi pemanfaatan energi terbarukan/non fosil 
  • Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi 
  • Menghemat penggunaan listrik 
  • Mengkampanyekan produk energi terbarukan. 

Hal tersebut adalah langkah sederhana yang bisa kita lakukan untuk menyukseskan transisi energi ini. Yuk, jadi kaum muda yang aware akan kondisi lingkungan dan melakukan aksi nyata untuk menyelamatkan bumi kita tercinta! ^_^


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D