Wednesday, December 14, 2022

...

Inspiratif! Siti Salamah Bantu Pemulung Naik Kelas Lewat Waste Solution Hub

 

source: wastehub.id

Sampah sekecil apapun jika tidak dikelola dengan baik pasti akan menimbulkan bencana yang besar. Itulah yang aku sadari saat ini. Betapa sampah plastik yang ada di lingkungan kita sudah mencapai tahap memprihatinkan. Bayangkan saja, penelitian terbaru menyebutkan jika Indonesia menempati urutan kedua polusi plastik terbanyak di dunia. Asli sedih banget deh dengernya! 

Sekarang aku makin sadar, sebagai generasi muda saat ini kita nggak bisa berdiam diri. Kontribusi kita memiliki peran penting untuk menjaga bumi dan lingkungan agar tetap lestari. Lalu apa sih yang harus kita lakukan? 

Belajar Dari Sosok Inspiratif Siti Salamah, Penggerak Sistem Pengelolaan Sampah Terintegrasi Berbasis Teknologi 


Siti Salamah Wastes Solution Hub


Kalau di Belanda ada Boyan Slat sang penemu Interceptor 001, di Indonesia ada Siti Salamah, penggerak sistem pengelolaan sampah terintegrasi berbasis teknologi. 

Wanita berusia 34 tahun, penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards 2021 Kategori Kelompok dari Astra ini memulai aktivitasnya di lapak pemulung sejak tahun 2015. Ia kemudian mengubah stigma negatif dan menaikkan taraf hidup pemulung yang terpinggirkan dan termarjinalkan.

Pada tahun 2018, Siti bersama sejumlah rekannya mendirikan Waste Solution Hub, penyedia solusi pengolahan sampah terintegrasi. Waste Solution Hub atau WasteHub memberdayakan kaum marjinal terutama pemulung dalam program layanannya dan hadir memberi kesempatan kepada para pemulung untuk mendapatkan binaan dan pekerjaan dengan penghasilan yang lebih baik. 

Model Kelola WasteHub memotong proses yang bisa dipersingkat. Kalau selama ini sampah dari rumah diambil pemulung untuk diberikan ke lapak kemudian dijual ke tempat besar melewati empat hingga lima pengepul kakap. Harga sampah plastik biasanya berkisar dua ribu rupiah per kilogram sedangkan di industri besar bisa sampai lima ribu rupiah per kilogram sehingga dengan proses yang dipersingkat, margin sebesar 2 kali lipat tersebut bisa langsung masuk ke kantong para pemulung. 

Hal tersebut pada akhirnya membawa para pemulung di Jurang Mangu Timur ke level yang lebih baik. Perjuangan Siti dalam solusi pengelolaan sampah terintegrasi yang melibatkan para pemulung ini berhasil menjadikannya sebagai penerima apresiasi 12th SATU Indonesia Awards tingkat nasional untuk Kategori Kelompok yang mewakili lima bidang sekaligus, yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan dan Teknologi. 

Atas apresiasi tersebut, Siti mendapatkan dana bantuan kegiatan sebesar Rp60 juta dan pembinaan kegiatan dari Astra yang dapat dikolaborasikan dengan kontribusi sosial berkelanjutan Astra yaitu Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera Astra. 

Fyi, Kampung Berseri Astra merupakan program pengembangan masyarakat berbasis komunitas yang mengintegrasikan inisiatif 4 pilar program kontribusi sosial berkelanjutan Astra yaitu kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan, dalam satu komunitas kampung. 

Melalui program Kampung Berseri Astra ini masyarakat dan Astra dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kampung Berseri Astra. 

Pengembangan lebih lanjut KBA adalah Desa Sejahtera Astra (DSA) yang menjadi program kontribusi sosial Astra di bidang kewirausahaan berbasis kawasan. Program ini bekerja sama dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, perguruan tinggi, komunitas, start-up, serta masyarakat desa dalam pengembangan ekonomi pedesaan berbasis potensi dan produk unggulan desa. Dalam program DSA terdapat pendampingan bagi masyarakat desa, mulai dari pelatihan, penguatan kelembagaan, bantuan prasarana, hingga fasilitasi akses permodalan dan pemasaran produk. 

Waste Solution Hub Bantu Pemulung Naik Kelas


source: suara.com


Siti Salamah menggagas Waste Solution Hub sejak pertengahan 2019. Kegiatan inovasi sosial ini berfokus pada pengelolaan sampah dan ekonomi sirkular di daerah urban. Program ini melakukan pendekatan sistem teknologi yang terintegrasi dan melibatkan multi-pihak. 

Program Waste Solution Hub didorong untuk memberikan solusi terkait permasalahan sampah dan juga kondisi sosial khususnya di lingkungan kehidupan para pemulung. Ada sejumlah program pengelolaan sampah, namun kegiatan aktivitas sosial untuk turut memperhatikan kehidupan para pemulung menjadi nilai tambah dan pembeda Waste Solution Hub. 

Aktivitas Waste Solution Hub dibagi menjadi beberapa program: Pengelolaan Sampah Event dan cluster perumahan dilakukan dengan proses end-to-end untuk menambah nilai berkelanjutan. Lalu Pelatihan Intensif Pemulung dilakukan untuk memberikan peluang tambahan dan keterampilan. Selain itu ada Program Konsultan Keberlanjutan untuk menghilangkan risiko dan tetap berkelanjutan, untuk proyek #lesswaste atau bahkan #zerowaste. 

Hingga kini Waste Solution Hub telah mengedukasi lebih dari 23.435 pengunjung. Jumlah sampah yang dikelola saat ini 4.388 kilogram, dan juga telah memberdayakan pemulung lebih dari 1.222 orang di wilayah Tangeran Selatan, lebih dari 171 sukarelawan terlibat, serta donasi untuk Pekerja Informal (Pemulung) selama pandemi sebanyak 5006 paket sembako yang telah didistribusikan. 

Waste Solution Hub punya target memiliki 10.000 mitra pemulung, meningkatkan pendapatan pemulung sebanyak 100 persen, mengelola 1.000 ton sampah per hari, menghasilkan lebih dari 1.000 produk daur ulang dan mengembangkan lebih dari 10 area pusat daur ulang dan pembelajaran di seluruh Indonesia. 

Sungguh, lewat Waste Solution Hub Siti Salamah tidak hanya membantu pemulung agar dapat naik kelas. Tapi juga mampu menginspirasi kita semua. Bahwa sekecil apapun peran yang kita berikan untuk lingkungan akan berdampak baik untuk kita semua. 

Terimakasih Astra, telah membantu dan memberikan ruang yang lebih luas untuk sosok-sosok inspiratif seperti Ibu Salamah. Program Kampung Berseri Astra bukan hanya program CSR semata, tapi program yang juga menginsipirasi kita semua, terus bangkit bersama untuk Indonesia! ^_^




No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D