Tuesday, February 28, 2023

...

Jangan Lakukan Ini Kalau Nggak Mau Laptop Kesayangan Kamu Rusak!

 


Sedih deh, pas lagi diburu-buru ngerjain deadline ehh laptop kesayangan mendadak trouble. Tombol backspace di keyboard macet dan susah dipencet. Akhirnya aku ngide untuk copotin. Walau pada akhirnya bisa digunakan tapi kok jadi ga estetik ya. 

Duh, rasanya emang perlu nih ganti laptop baru untuk menunjang aktivitasku di dunia digital. Nggak lucu dong, kalo udah pake paket internet cepat IndiHome dari Telkom Indonesia dengan jaringan cepat dan stabil, tapi masa laptopnya yang lemot. 

Fyi, IndiHome merupakan layanan digital yang menyediakan internet, telepon rumah, dan TV interaktif dengan beragam pilihan paket serta layanan tambahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan kita lho. Saat ini, jaringan IndiHome sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan internet terbaik bagi masyarakat. 

Nah, pas lagi nyari-nyari rekomendasi laptop yang oke untuk menemaniku berselancar dunia maya dengan paket internet cepat, aku jadi tahu nih, kalo ternyata beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan juga bikin laptop kita cepet rusak lho. 

Fyi, sebagai perangkat yang sering digunakan dan dibawa ke mana-mana, laptop memiliki kerentanan yang lebih tinggi terhadap kerusakan dibandingkan dengan PC desktop. Laptop bisa saja terjatuh, tersiram air, maupun tergencet secara tidak sengaja yang membuatnya jadi rusak. 

Namun, tanpa hal-hal di atas, ada kebiasaan yang bisa membuat laptop cepat rusak. Hayoo ngaku, selama ini sudah aware belom dengan laptop kesayangan? Mungkin, selama ini kita menganggap kebiasaan-kebiasaan ini adalah hal biasa, tapi ternyata bisa membuat laptop cepat rusak lho. Apa aja sih? 

1. Mengetik Terlalu Keras dan Cepat 



Hal yang paling sering aku lakukan ada mengetik keyboard dengan cepat dan tekanan yang cukup keras tanpa aku sadari. Yup, kadang kalau lagi diburu-buru oleh deadline artikel aku sering kali tidak sadar kalau melakukan kebiasaan hal itu Akhirnya berujung pada tombol keyboard yang malfungsi deh. 

2. Menggunakan Alas yang Salah 
Laptop memang bisa diletakkan di mana saja, tetapi tidak dengan penggunaannya. Jangan pernah menggunakan laptop di atas permukaan seperti tumpukan buku, furnitur, karpet, selimut, dan permukaan berbahan kain lainnya. 

Hal ini dikarenakan permukaan tersebut menjadi sumber penumpukan panas ketika laptop digunakan. Alhasil, panas yang dikeluarkan laptop melalui ventilasinya akan kembali lagi ke laptopnya yang bisa membuatnya kepanasan alias overheat. Jika ingin menggunakan laptop di atas meja kayu atau kaca, pastikan tidak ada alas apa pun. Selain itu, meja juga dalam kondisi kering, tidak ada cairan apapun di atasnya ya. 

2. Mencolok Charger Terus-Menerus 



Meskipun saat ini laptop yang beredar di pasaran telah menggunakan baterai lithium-polymer atau lithium-ion yang mampu menghentikan proses pengisian daya ketika baterai sudah penuh, menggunakan laptop sambil di-charge bukanlah kebiasaan yang bagus karena membuat laptop cepat rusak. Hal ini bisa mengakibatkan charger terus bekerja dan membuat fungsi bahan kimia di dalam baterai akan menurun. Jadi, sebaiknya gunakan laptop hanya ketika dalam kondisi baterai terisi bukan sambil nge-charge ya! 

3. Menutup dan Membuka Laptop dengan Kasar 
Saking terburu-buru kadang kita juga tanpa sadar membuka atau menutup laptop dengan kasar. Walaupun engsel laptop memang didesain untuk bisa dibuka dan ditutup hingga ribuan kali. Namun, bukan berarti kita bisa melakukannya dengan seenaknya karena bisa membuat laptop cepat rusak. 

Jika kamu membuka dan menutup laptop dengan kasar, tekanan yang besar bisa mempengaruhi layar dan juga kekuatan dari engsel. Sebaiknya, dibuka dan ditutup dengan sewajarnya, tidak perlu mengerahkan tenaga yang besar. Ingat, ini adalah laptop, bukan barbel! 

4. Mengunduh File atau Aplikasi yang Tidak Aman 
Sudah jadi rahasia umum, dengan penggunaan paket internet cepat pada laptop bisa jadi membuka peluang laptop terjangkiti virus. Makanya sebisa mungkin jangan sembarang menginstal aplikasi, dokumen, dan file dari sumber yang tidak jelas. 



Memang secara fisik kebiasaan ini tidak membuat laptop cepat rusak, namun virus komputer bisa secara jahat membuat banyak fitur pada laptop tidak bisa berjalan. Hal yang paling umum dalam mengantisipasi masalah ini adalah dengan menggunakan antivirus. Jangan lupa, pastikan antivirus ya selalu update di dengan paket internet cepat ya. 

5. Tidak Menggunakan Case Khusus 
Banyak produsen laptop yang memberikan hadiah cuma-cuma berupa tas atau case. Hadiah ini bukan marketing gimmick dan tanpa tujuan keamanan. Sebagai perangkat yang rentan jatuh, tertindih, dan tergencet, laptop memang harus disimpan pada media yang mampu meredam semua insiden tersebut. 

Jika kamu tidak ingin membekali laptopmu dengan case khusus, setidaknya gunakan tas/ransel yang memiliki ruang untuk laptop dengan bantalan yang tebal.Ingat, laptop juga sama seperti hati, yang rentan terlukai hehe. 

Nah, buat kamu yang selalu beraktivitas di dunia digital dengan paket internet cepat, jangan lupa ubah kebiasaan agar laptop kesayangan kamu nggak cepet rusak!



No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D