Monday, February 27, 2023

...

Tips Amankan Akun Media Sosial dari Pembajakan!



 
Zaman sekarang siapa sih yang nggak punya medsos? Rasanya hampir semua orang ya punya akun media sosial. Bahkan nggak jarang, punya lebih dari satu akun. 

Apalagi dengan hadirnya Paket Internet Cepat IndiHome dari Telkom Indonesia dengan jaringan yang cepat dan stabil, berselancar di media sosial pasti jadi aktivitas yang menyenangkan. 

Layanan digital IndiHome ini menyediakan paket internet cepat, telepon rumah, dan TV interaktif dengan beragam pilihan paket serta layanan tambahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan kita. Saat ini, jaringan IndiHome sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan internet terbaik bagi masyarakat. 

Meski membuat akun di media sosial itu mudah, tapi bukan berarti memaintainnya juga mudah lho. Terlebih kalo amit-amit akun media sosial kita sampai hilang atau dibajak orang. Rasanya seperti mimpi buruk hiks. 

Media sosial bisa dibilang rentan disalahgunakan oleh orang lain, mulai dari mengintip isi pesan atau direct message, atau bisa juga digunakan pelakunya untuk aksi kejahatan seperti menipu. Makanya nih kita perlu bijak menggunakan paket internet cepat dan bermedia sosial. 

Don't worry! Kita bisa melakukan beberapa langkah proteksi sebagai bentuk digital safety untuk mengamankan akun media sosial kita dari pembajakan kok. Nah, berikut ini adalah langkah sederhana untuk mengamankan akun media sosial kamu: 

1. Gunakan Password yang Sulit dan Tidak Mudah Ditebak 



Password merupakan celah pertama untuk membajak akun media sosial atau akun penting lainnya. Makanya diperlukan kombinasi yang rumit, di mana terdiri dari alfanumerik, karakter khusus, dan huruf besar. 

Jangan gunakan password simpel seperti “123456789” atau tanggal ulang tahun, karena dua password ini merupakan yang paling mudah untuk dibobol pihak yang tidak bertanggung jawab. 

2. Aktifkan Two-Factor Authentication Two-facto
Authentication (2FA) merupakan metode yang bisa diandalkan untuk melindungi akun dari hacker. Untungnya sebagian besar platform sudah memiliki fitur ini, jadi sebaiknya dimanfaatkan. 

2FA memberikan akses ke akun dengan dua dari tiga faktor, yakni pengetahuan, kepemilikan, dan bawaan. Jadi nggak hanya bergantung pada password aja tapi autentifikasi ini akan memerlukan verifikasi ekstra seperti sidik jari atau kode sandi sekali pakai (OTP) sebagai pelindung tambahan. 

3. Buat Password yang Berbeda untuk Tiap Platform 



Nggak dipungkiri ya, kemudahan paket internet cepat IndiHome membuat setiap orang punya akun di lebih dari satu platform media sosial. Sebaiknya untuk setiap platform menggunakan password yang berbeda agar jika salah satunya berhasil dibobol, platform lainnya masih aman.

Analoginya, jangan buat satu kunci untuk setiap pintu yang ada di rumah. Jika satu ruangan kemasukan maling, maka begitu juga ruangan lainnya. 

4. Gunakan Password Manager 



Dengan banyaknya platform yang menggunakan password berbeda-beda, tentu rentan kelupaan. Alih-alih ingin aman, malah jadinya kehilangan. Itulah sebabnya kamu perlu menggunakan Password Manager yang akan mengelola password dan menyimpan detail dari login platform yang kamu gunakan dengan database yang terenkripsi.

5. Jangan Akses Akun Media Sosial Melalui Perangkat Orang Lain 
Ingat, media sosialmu adalah barang berhargamu. Jangan pernah mengaksesnya hanya kecuali dari perangkatmu sendiri. Kalaupun terpaksa, sebaiknya perhatikan benar-benar bahwa kamu sudah sign-out sepenuhnya. Jangan sampai segala aktivitasmu tertinggal di perangkat orang lain ya! 

Beberapa tips di atas tentunya dapat kita lakukan untuk mengamankan akun media sosial kita dari pembajakan atau hal-hal yang tidak kita inginkan. Kuncinya adalah, kemudahan yang kita dapatkan dari paket Internet Cepat IndiHome juga harus dijalankan dengan kewaspadaan. Dan Digital Safety adalah kuncinya!




No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D