Saturday, September 14, 2019

Asli, Aku Kapok Beli Makeup Abal-abal!


Bagiku makeup itu seni, tujuannya bukan untuk mempercantik diri agar mendapat apresiasi, tapi justru untuk menghargai kecantikan yang Tuhan anugerahi.

Aku kenal makeup dari mulai masuk kuliah. Itupun hanya pakai maskara dan lipstik. Dan semakin kesini mulai akrab sama yang namanya foundation, eyeliner, blush on, conclear, dan eyeshadow. Semuanya belajar secara otodidak, lihat tutorial di youtube, review Beauty Blogger dan sebagainya.

Sekarang, aku mulai coba-coba untuk eksperimen dengan makeup. Ya, walau belum berani total, tapi kalo ketemu look baru yang pas di aku rasanya seneng aja. Bahkan karena mulai suka eksperimen sama makeup beberapa teman nyaranin aku untuk bikin blog satu lagi niche-nya khusus beauty.

Aku sih kepengen banget, tapi kadang suka ngerasa nggak pede. Pengetahuanku akan makeup bisa dibilang masih cetek. Sekarang sih niatnya, rajin-rajin baca blog Beauty Blogger dulu sambil pelan-pelan ngumpulin beauty stuff favorit aku.

Ngomongin soal beauty stuff, aku pernah punya pengalaman pahit soal itu. Kejadiannya beberapa tahun lalu tapi masih keinget banget sampe sekarang. Jadi, waktu itu, eyeliner aku abis dan uang simpenan lagi tipis banget. Tetep dong yang namanya wanita pasti pengen tampil prima. Akhirnya aku beli eyeliner di mall yang jualannya digelar pakai meja itu lho.

Harganya lumayan murah. Pikirku nggak apa-apa deh, untuk sementara sampai gajiku turun. Tapi ternyata bukannya cakep, malah zonk. Pas aku beli, si mbaknya bilang ini waterproof dan lumayan bagus, bahkan aku juga sempet tanya, Mba pakai juga nggak? Dia bilang pakai juga. Jadilah aku beli walaupun nggak ada testernya.

Akhirnya pas aku pakai untuk beraktivitas, itu eyeliner luntur kemana-mana. Boro-boro kena air, kena keringetku sendiri saja wes modar. Dari situ, aku ogah beli di tempat yang sudah pasti nggak original.

Pas sharing, masalah ini ke teman, dia bilang aku masih beruntung. Temenku cerita, Mamanya nggak sengaja beli lipstik yang nggak ori, dan hasilnya bibirnya jeding kayak disengat tawon. Dalam hatiku, pantes ya banyak Beauty Blogger yang bilang makeup itu investasi, kalo kita sayang sama diri kita, ya jangan sayang untuk beli makeup yang asli dan bagus kualitasnya walau agak pricey.

Dari pengalaman itu, aku sadar dan nggak mau beli makeup yang nggak ori lagi. Berikut ini ada tips sederhana memilih makeup yang bagus:
1. Pilih merk makeup yang sudah terjamin kualitasnya, caranya baca review dan ulasan Beauty Blogger, atau liat tutorialnya di youtube.
2. Sesuaikan dengan kebutuhan atau kondisi wajah.
3. Jangan mudah terpengaruh dengan harga yang murah.
4. Beli di tempat yang sudah pasti terjamin kualitasnya.
5. Jangan lupa untuk Cek KLIK sebelum membeli ya.

Cek KLIK Sebelum Membeli Biar Nggak Terjebak Barang Palsu


Setiap beli apapun baik itu makeup, makanan ataupun obat baiknya kita lakukan Cek KLIK dulu. Btw, kamu udah tahu Cek KLIK itu apa?

Cek KLIK adalah

✔️ Cek Kemasan
Pastikan kemasan produk dalam kondisi baik, tidak berlubang, sobek, karatan, penyok, dll.

✔️ Cek Label
Baca informasi produk yang tertera pada labelnya dengan cermat.

✔️ Cek Izin Edar
Pastikan produk memiliki izin edar dari Badan POM. Izin edar dapat dicek melalui aplikasi android Cek BPOM.

✔️ Cek Kedaluarsa
Pastikan produk tidak melebihi masa kedaluarsa.

Kenapa? Merasa kerepotan ya jika harus mengecek satu persatu point di atas? Tenang aja, nggak perlu serepot itu kok, soalnya sekarang ada aplikasi BPOM Mobile dimana kita bisa melakukan cek KLIK secara mudah.

Pertama download dulu aplikasi BPOM Mobile di Playstore, dan setelah itu kita bisa manfaatkan fiturnya untuk mengecek produk yang akan kita beli. Hal itu berguna banget untuk menghindarkan kita agar tidak terjebak barang palsu dan kedaluarsa.

Caranya juga mudah lho, yaitu:
▶️ Buka aplikasi yang telah diinstal
▶️ Pilih kategori pencarian produk berdasarkan:
  • Semua produk
  • Produk teregistrasi
  • Produk dibatalkan
  • Public warning
  • Nomor registrasi
  • Nama produk/nama dagang
  • Nama produsen/importir

▶️ Isikan data identitas produk yang dipilih
▶️ Pilih cari produk
▶️Tunggu beberapa saat hingga muncul data legalitas produk

Nah, dengan menggunakan aplikasi BPOM Mobile ini kita bisa lebih mudah mengontrol berbagai produk yang kita gunakan. Jadi, jangan lupa untuk Cek KLIK dulu sebelum membeli ya dear! ^_^


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D