Thursday, December 5, 2019

...

Ternyata Kemasan adalah Faktor Penting dalam Kemajuan Bisnis Lho!



Sebagai seorang ibu dengan mobilitas tinggi, jujur rasanya kerepotan sekali mengurus cucian di rumah. Walau ada mesin cuci, tapi tetap saja rasanya nggak sempat untuk menyetrika dan menatanya di lemari. Makanya laundry adalah pilihan yang tepat untuk menjawab segala kerepotanku itu.

Nah, ngomongin soal laundry nih, serius deh aku happy banget nemu tempat laundry deket rumah. Soalnya selain pakaianku bersih, rapih dan wanginya itu lho tahan lama. Agak beda dengan beberapa laundry yang pernah aku coba sebelumnya.

Karena penasaran, akhirnya beberapa waktu lalu aku tanya dong sama owner laundry-nya. Dan ternyata, yang bikin wanginya tahan lama itu adalah karena pemilihan plastik kemasannya guys. Sesimple itu, nggak nyangka deh aku, pemilihan plastik pembungkus ternyata punya pengaruh besar sama bisnis.

Yup, memang sih bisa dibilang laundry langgananku itu lebih rame dari laundry lainnya. Karena aku pribadi merasakannya sendiri. Pakaian yang telah selesai dilaundry memang biasanya nggak aku buka plastiknya jika belum digunakan, dan aku letakkan saja di lemari. Bukannya apek, justru malah tetap wangi lho.

Dari sharingku dengan sang owner, ia mengatakan ternyata memang packaging punya peran yang sangat penting dalam kemajuan bisnis. Ya, termasuk bisnis laundry. Dan ia bilang semenjak ia memakai plastik pembungkus ini, laundrynya jadi lebih ramai dan respon pelanggan jadi makin baik.

Asli penasaran banget apa sih plastik ya digunakan! Dan ternyata pembungkus yang digunakan adalah kantong plastik PP Wayang, yang merupakan produk kantong plastik jenis PP (Polypropylene). Dimana, kantong plastik PP sendiri adalah jenis kantong plastik yang memiliki karakter transparan, bening & jernih dengan karakter permukaan yang mengkilap.

Sekilas tentang Kantong Plastik PP Wayang


Dari hasil ngobrol-ngobrol sama owner laundry-nya asli deh aku jadi penasaran sama kantong plastik PP Wayang ini, dan ternyata aku juga sering pakai yang ukuran kecil untuk kemasan makanan. Cuma nggak ngeh aja, karena yang aku pakai kemarin itu adalah yang kemasan lama. Sedangkan saat ini Plastik PP Wayang mengeluarkan kemasan baru. Memang sih Plastik PP Wayang ini banyak ukurannya dan terbilang lengkap, dari ukuran besar sampai kecil, dari mulai untuk pakaian sampai untuk makanan.

Keterangan: atas logo lama | bawah logo baru

Yah, sesuailah ya dengan taglinenya “Bening dan Berkualitas”. Kantong plastik PP Wayang ini juga berkomitmen memberikan yang terbaik bagi konsumennya dengan menggunakan bahan baku biji berkualitas grade A, jadi tampilan plastiknya lebih bersih dan jernih, tentunya produk di dalam kemasannya jadi lebih terlihat keaslian warna dan bentuknya ya.

Dan yang paling aku suka tuh dari produk yang menggunakan plastik PP Wayang sebagai kemasannya adalah tetap cantik dan terjaga sekalipun produknya lama tersimpan, atau belum sempat terpakai. Karena kualitas bahan terbaik yang digunakan plastik PP Wayang dapat mengurangi risiko plastik menjadi lebih cepat menguning.

Menurutku, kemurnian biji plastik yang digunakan juga menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan lho. Karena dengan menggunakan bahan Standard Food Grade maka kantong plastik PP Wayang sangat aman untuk digunakan bersentuhan langsung dengan produk makanan dan minuman.

FYI, Kantong plastik sendiri tidak dapat disebut kantong plastik jika tidak mampu menampung beban barang yang berada di dalamnya. Karena itu, kantong plastik PP Wayang menggunakan seal yang dibuat 2 lapis untuk benar-benar memastikan kekuatan kantog plastik PP Wayang selalu prima, terjaga dan tidak mudah jebol.

Karena Kemasan adalah Faktor Penting dalam Kemajuan Bisnis


Seperti yang aku ceritakan di atas, owner laundry langgananku bilang, bahwa kemasan adalah faktor yang penting dalam kemajuan bisnis. Hmmm, bener banget ya, selama ini aku nggak kepikiran lho. Yah, walaupun aku nggak punya usaha dibidang laundry, tapi setidaknya informasi ini penting untuk diketahui oleh seluruh pebisnis atau pengusaha.

Dan sebagai konsumen, rasanya kita perlu tahu juga ya material pembungkus atau kemasan produk yang kita beli. Soalnya, jika kemasannya berasal dari material yang baik, tentu kualitas produk yang kita beli jadi lebih terjaga kan?

Nah, ternyata Plastik PP Wayang sendiri sudah mendapatkan beberapa sertifikasi lho, yaitu:

1. Sertifikat ISO 9001 = Sertifikat dalam hal manajemen produksi & penjaminan mutu produk.
2. Sertifikasi Halal MUI
3. Indonesia Best Brand Award (2011- 2018) = Penghargaan untuk produk pilihan masyarakat.

Sebagai konsumen, jujur sih aku lebih suka dengan tampilan kemasan baru Plastik PP Wayang ini, karena lebih eye catching gitu, Btw, plastik PP Wayang ini, sudah bisa ditemukan di toko plastik tradisional di sekitaran tempat tinggal kita, Jadi gampang didapatkan deh ^_^

Walau Plastik Kemasan Penting, Tapi Bijak Berplastik itu Utama


Nah, tidak bisa dipungkiri memang plastik merupakan penemuan yang luar biasa bermanfaat untuk kita. Semuanya jadi lebih praktis dan efisien dengan plastik. Tapi, yang perlu diingat adalah, polusi plastik di Indonesia sudah masuk tahap sangat mengkhawatirkan.

Bayangkan saja, Indonesia menempati urutan kedua polusi plastik terbanyak di dunia. Nah, melihat fakta tersebut langkah nyata yang bisa kita lakukan adalah bijak berplastik.

Bijak yang dimaksud disini bukanlah menghentikan penggunaan plastik sama sekali. Tetapi membatasi, dan menggunakannya hanya untuk keperluan penting saja. Kemudian juga, buang plastik di tempat yang benar. Sehingga lingkungan kita tidak rusak karena polusi plastik.



2 comments:

ipung.net said...

kalau mau bikin kayak itu dmn ya mbak? pengen juga buat branding usaha yang bijak dg lingkungan.


www.ipung.net

Bang Day said...

Seperti pameo umum, kita selalu menjudge sesuatu dari covernya. Gak ada salahnya juga yah klo kita berusah mengemas sesuatu dengan baik