Sunday, December 19, 2021

...

Rencanakan Hari Tua Bahagia dengan Dana Pensiun DPLK Manulife

 


Minggu lalu, aku dan suami berdiskusi cukup dalam terkait keinginan dan harapan kami di masa tua nanti. Suami mengutarakan keinginannya untuk bisa tinggal di daerah pegungunan yang jauh dari hiruk pikuk ibu kota. Sementara aku memimpikan bisa traveling ke tempat indah yang belum pernah kami kunjungi bersama. 

Saat sedang asyik ngobrol, telpon kami berdering. Bapak mengabari usahanya tersendat karena pandemi ini dan membutuhkan bantuan dana. Sejenak kami saling pandang dan menyadari satu hal. Betapa masa tua yang kami idamkan masih jauh dari kata terencana. 

Telpon dari bapak seolah menyadarkan kami, bahwa hari tua yang bahagia tentu dimulai dari pensiun yang terencana. Memang indah rasanya bisa menghabiskan masa tua di tempat yang damai dan sejuk, tapi kami sadar mencapainya tentu bukan hal mudah. Banyak hal yang harus kami persiapkan dan rencanakan. 


Masa Tua yang Bahagia adalah Pensiun yang Terencana 


Memiliki masa tua yang tenang dan sejahtera adalah mimpi banyak orang. Kayanya nggak ada ya, orang yang menginginkan masa tuanya dalam kondisi sulit. Apa yang Bapakku alami adalah satu dari sekian banyak cerita tentang masa tua yang kurang dipersiapkan. 

Hal ini tentunya menjadi reminder untuk kami, betapa pentingnya memiliki dana pensiun yang cukup agar kita mandiri di masa tua. Aku pribadi tentu nggak ingin anakku kelak menanggung beban hidupku di kemudian hari. Yup, ke depannya nanti tentu hidup jauh lebih sulit dan kompetitif dari saat ini. Makanya masa tuaku nanti haruslah direncanakan dengan matang. 

Bersyukur rasanya kemarin, aku mendapat kesempatan untuk mengikuti Blogger Gathering bersama Manulife Indonesia. Acaranya seru dan menyenangkan. Dari acara itu, aku jadi tahu lho ternyata semenjak pandemi Covid 19 ini banyak masyarakat yang makin sadar terkait pentingnya perencaaan masa pensiun. 



Bahkan menurut Manulife Asia Care Survey pada November 2020 lalu, minat tinggi terhadap perencanaan masa pensiun ini berkaitan dengan kekhawatiran yang dirasakan terhadap kemungkinan menurunnya kesejahteraan akibat Covid-19. 


Pentingnya Menyiapkan Dana Pensiun 




Dulu aku sering kali berpikir, ‘ah masa pensiun masih lama, sekarang nikmatin hidup aja dulu’. Setelah mengikuti Blogger Gathering kemarin, aku jadi sadar bahwa pemikiranku selama ini salah besar. Gaya hidup boleh saja meningkat, tapi kualitas hidup juga harus ditingkatkan. 

Tidak dipungkiri memang, dana pensiun bukan hal suatu hal mendesak yang harus dipenuhi saat ini, belum lagi pemikiran masa pensiun yang masih lama. Dua hal itulah yang membuat kita terlena dan abai menyiapkan dana pensiun. 

Padahal waktu terbaik menyiapkan masa pensiun adalah sekarang. Karena semakin lama kita menunda, maka semakin kecil peluang kita mewujudkan masa pensiun yang sejahtera. Yup, pensiun itu bukan gimana nanti, tapi nanti gimana. Dan berikut ini adalah alasan pentingnya mempersiapkan dana pensiun sedari dini: 
  • Saat lansia kita sudah tidak memiliki penghasilan 
  • Lansia juga rentan terserang penyakit kritis dan biaya berobat semakin mahal 
  • Lansia juga rentan jadi orang terlantar 
  • Kebutuhan hidup bisa meningkat saat usia melampaui angka harapan hidup. 


Langkah Mempersiapkan Dana Pensiun 




Mumpung masih muda dan produktif, sebaiknya manfaatkan waktu yang ada untuk mengumpulkan aset dan dana pensiun supaya masa tua jadi aman dan tentram. Lantas apa sih yang harus kita lakukan saat mempersiapkan dana pensiun yang kita butuhkan nanti? 

1. Hitung dan Cari Tahu Apa Saja Kebutuhan di Masa Pensiun 

Mencari tahu kebutuhan masa pensiun adalah hal yang wajib kita lakukan. Karena dari kebutuhan inilah akan muncul berapa jumlah pengeluaran kita nanti. Lakukan perhitungan secara rinci mengenai berapa yang dibutuhkan untuk kebutuhan pokok seperti biaya makan, transportasi, listrik, air, perawatan hunian, serta tanggungan, dan sebagainya. 

Hitung pula berapa biaya pengeluaran yang akan dialokasikan untuk rekreasi dan hal-hal yang menyangkut gaya hidup. Selalu ingat bahwa, untuk bisa mendapatkan kenyamanan di hari tua, kita harus memperhitungkan kemungkinan terburuk yang mungkin saja terjadi ketika sumber pendapatan kita telah hilang. 

2. Tentukan Kapan Mau Pensiun 

Kini, makin banyak orang yang memutuskan untuk pensiun di usia muda, namun agar tetap dapat melanjutkan hidup dengan nyaman, dibutuhkan strategi keuangan khusus. Sebagai gambaran aku sudah memperhitungkan rencana pensiunku nanti yaitu: 

Saat ini aku berusia 30 tahun dan bercita-cita untuk pensiun di usia 55 tahun. Jadi, aku memiliki rentang waktu 25 tahun untuk berinvestasi guna mengumpulkan dana pensiun. Jika harapan hidup sekitar 75 tahun, berarti dana pensiun yang aku kumpulkan harus cukup untuk 20 tahun masa tuaku nanti. 

Anggap saja, dengan berinvestasi menyisihkan uang Rp 5,9 juta per bulan di instrumen investasi dengan imbal hasil 15% per tahun. Maka dalam 25 tahun, tabungan pensiun yang berhasil aku kumpulkan adalah Rp 5 miliar. Tabungan pensiun ini cukuplah untuk masa tua yang sejahtera, sesuai dengan yang aku rencanakan. 


Tips Mengumpulkan Dana Pensiun Secara Cepat dan Aman untuk Pekerja dan Freelancer 


Hidup itu penuh risiko. PHK bisa terjadi kapan saja, belum lagi jika terjadi bencana alam atau wabah yang mematikan. Oleh karena itu, dana darurat harus selalu tersedia. Namun, ada risiko lain di luar kedua risiko itu yang menuntut kita harus punya uang dalam jumlah lebih besar lagi. Apalagi kalau bukan risiko di hari tua. 

Bagi pekerja, salah satu andalan dalam mempersiapkan masa pensiun adalah dana pensiun dari tempat bekerja. Karena merasa telah “dipersiapkan” oleh perusahaan tempat bekerja, banyak dari kita yang merasa tak perlu memiliki tabungan lain untuk masa pensiun nanti. 

Padahal, kemungkinan program dana pensiun dari perusahaan saja tidak cukup karena perusahaan tentu tidak tau persis apa saja yang kita butuhkan di masa pensiun nanti. Oleh sebab itu kita sendiri perlu perhitungan finansial yang matang sejak awal, dan mempersiapkan dana pensiun kita yang lain. 



Sedangkan untuk freelancer, di mana dana pensiun harus dipersiapkan secara mandiri, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, yaitu: 
  • Karena pemasukan bervariasi, usahakan pengeluaran tetap stabil 
  • Hitung kebutuhan masa tua 
  • Gunakan strategi pengumpulan dana pensiun dengan memilih instrument investasi sesuai profil risiko dan ikut serta dalam program dana pensiun individu DPLK Manulfe yaitu MiGolden Retirement 
  • Disiplin menyisihkan dana setaip bulan, jika perlu siapkan rekening terpisah khusus untuk dana pensiun. 

Menua Bahagia dengan Dana Pensiun Terencana dari DPLK Manulife Indonesia 




Alhamdulillahnya sekarang nggak perlu bingung perihal mempersiapkan dana pensiun karena kita bisa memiliki asuransi yang melindungi keuangan kita di hari tua sekaligus memiliki fitur investasi DPLK Manulife. 

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Manulife Indonesia merupakan badan hukum yang didirikan oleh PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia untuk mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun berdasarkan landasan hukum dana pensiun yaitu Undang-undang Nomor 11 tanggal 20 April 1992 serta peraturan pelaksanaannya. 

Fyi, DPLK Manulife Indonesia telah mendapatkan pengesahan dari Menteri Keuangan, No. KEP-231/KM.17/1994, tanggal 5 Agustus 1994. Sementara itu, performa DPLK Indonesia tetap bertahan di posisi tertinggi untuk DPLK Multinasional di Indonesia dengan total aset kelolaan DPLK sebesar Rp 21 miliar dan pertumbuhan yang meningkat sebesar 14% dibandingkan tahun sebelumnya. Hingga akhir 2020, program DPLK Manulife Indonesia diikuti oleh lebih dari 570.000 peserta dan 2.300 perusahaan. 

Baik pekerja atau freelancer kita bisa memiliki dana pensiun dan perlindungan hari tua dari DPLK Manulife seperti MiFuture Income Protector (MiFIP) dan MiGolden Retirement. 

MiFuture Income Protector (MiFIP) adalah produk dari Manulife Indonesia yang akan memberikan penghasilan di hari tua hingga delapan kali dari total Dana Mapan. Selain itu, MiFIP juga memiliki perlindungan risiko kematian dan kecelakaan hingga 100 persen dari Dana Mapan. 

Untuk yang ingin pensiun lebih cepat, ada MiGolden Retirement yang dapat membantu mempersiapkan tabungan pensiun bahkan kalau kita berniat untuk pensiun di usia 40 tahun sekalipun! Belum lagi, manfaat pensiun juga bisa diberikan kepada keluarga yang ditinggalkan, jika yang tertanggung meninggal dunia. 

Alhamdulillah, sekarang jadi makin sadar pentingnya punya tabungan pensiun, supaya kelak anak-anak kita nggak menjadi generasi sandwich yang harus terbebani biaya hidup orang tua. Ingat lho, ngumpulin tabungan pensiun ya saat masih produktif, sehingga hidup bahagia #SemakinHariSemakinBaik dan bebas finansial dengan #DPLKManulife. Detailnya langsung cek www.manulife.co.id ya! ^_^

15 comments:

  1. Harus merencanakan bahagia hingga di hari tua ya biar enggak ada kekhawatiran. Mantap nih selalu berkomunikasi dengan pasangan soal masa depan.

    ReplyDelete
  2. Setuju banget mbak, masa tua yang bahagia adalah masa yang direncanakan. Salah satu solusi dalam perencanaan masa depan adalah dengan investasi di asuransi. Manulife adalah salah satu solusi ya mbak.

    ReplyDelete
  3. Nah iya, Mbak, masa tua itu memang harus dipersiapkan dari sekarang. Terutama mempersiapkan dana pensiun. Supaya nanti di masa tua kita tetap bahagia ya...

    ReplyDelete
  4. salah satu cita - cita aku nih mba.. masa tua yang tenang dan masa depan anak - anak yang baik dan gemilang ya

    ReplyDelete
  5. kalau persoalan hari tua memang sebaiknya kita siapkan sedini mungkin ya mba. perlu disendirikan rekeningnya, anggarannya. biar ga kegerus melulu sama pengeluaran bulanan

    ReplyDelete
  6. Iya nih masa tua harus dipersiapkan agar masa tua kita menjadi masa tua yang sesuai dengan kita harapkan ya...

    ReplyDelete
  7. Masa pensiun yang sudah terencana akan memudahkan kita semua sebagai pihak keluarga. Dari mulai mengurangi generasi sandwich sampai menikmati hari tua yang bahagia.

    Bisa curhat-curhat dulu gitu kali yaa..sama agen DPLK Manulife agar mantap memilih kedua produk dana pensiun DPLK Manulife Indonesia.

    ReplyDelete
  8. Thank you buat tips mempersiapkan dana pensiun, Mbak. Aku belum menghitung nih kebutuhan masa tua nanti. Semoga nanti bisa mempersiapkan dana pensiun bersama lembaga terpercaya seperti DPLK Manulife.

    ReplyDelete
  9. Ya Allah moga kita semua menikmati masa tua yang bahagia dan berkelimpahan kecukupan ya Mba Nov. Aamiin.
    DPLK Manulife pilihan tepat nih

    ReplyDelete
  10. Iya ya kita sebagai freelancer yang setiap bulannya ga tentu kudu mikirin masa tua nanti. Jujur aja akusih belum nabung untuk masa tua huhu masih untuk dana pendidikan anak sama dana darurat nih. Semoga kita banyak rezeki ya dan dicukupkan segala kebutuhannya. AAmiin

    ReplyDelete
  11. Iya ya benar ... hari tua yang bahagia itu dimulai dari pensiun yang terencana, tentunya direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya.

    ReplyDelete
  12. Dengan Adanya DPLK Manulife memudahkan kita merencanakan masa tua nanti. Sebagai Freelancer dengan adanya program dr Manukife ini, sangat memotivasi kita utk meniti masa depan bahagia. Apalagi aku masih sendiri, harus fokus sama hari tua aku nanti.

    ReplyDelete
  13. Aku setuju banget mba, masa tua itu perlu Persiapan dari sekarang termasuk dana pensiun juga sebaiknya wajib punya ya

    ReplyDelete
  14. Dana pensiun memang penting yaaa, biar masa tua kita jadi nyaman gak bingung cari uang atau sibuk kerja lagi.

    ReplyDelete
  15. Bener juga ya, dari sekarang kita sudah harus mempersiapkan dana khusus untuk dijadikan dana pensiun. Maunya sih di masa tua nanti tidak membebani anak cucu dan menikmati kebebasan finansial kita sendiri.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D