Sunday, November 13, 2022

...

Makin Cakap Digital, Kunci Utama Cegah Cyber Crime

 


Beberapa waktu lalu jagat Twitter sempat heboh perihal nasabah salah satu bank swasta yang tabungannya mendadak raib ratusan juta rupiah. Padahal ia sama sekali tak melakukan transaksi apapun dan merasa akun perbankannya ia jaga dengan baik. 

Setelah ditelusuri lebih dalam, ternyata ia mengalami penipuan berupa phising yang mengakibatkan penipu tersebut dengan mudah menguras saldo dalam rekeningnya. 

Hmmm, jujur ini memberikan kekhawatiran tersendiri lho buat aku. Ya, coba bayangin aja tabungan yang kita kumpulkan dengan susah payah tiba-tiba lenyap dalam sekejap, pasti nyesek banget rasanya. 

Hal ini juga menandakan bahwa keamanan di ruang digital harus kita perhatikan. Yup, saat ini memang zaman semakin canggih, teknologi semakin berkembang yang tentunya memudahkan kita melakukan berbagai aktivitas. 

Terlebih saat ini sudah tersedia WiFi rumah IndiHome dengan paket internet cepat yang memberikan banyak kemudahan dalam berselancar di dunia digital. Eitts, tapi jangan lupa, bahwa kemudahan yang ditawarkan juga bisa menjadi celah kejahatan kalau kita tidak berhati-hati. 

Bersyukurnya kemarin, aku berkesempatan mengikuti Webinar Makin Cakap Digital 2022. Program literasi digital ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif dan aman. 

Acara ini juga mengupas cukup detail terkait perkembangan ruang digital di masa kini, dan juga bagaimana tips-tips untuk tetap aman di ruang digital dan terhindar dari cyber crime

Tips Menjaga Keamanan di Ruang Digital 




Mulai saat ini, kita harus lebih memahami apa itu cakap digital dengan memperhatikan keamanan menggunakan internet. Nah, berikut ini ada beberapa tips terkait keamanan di ruang digital yang bisa kita terapkan: 

Gunakan password yang kuat, berkombinasi dan ganti secara berkala. 
Kombinasikan password dengan huruf besar, angka, atau tanda baca agar password agar tidak mudah ditebak. 

Jangan gunakan satu email untuk semua kebutuhan
Sebaiknya gunakan email berbeda sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Misalnya saja untuk perbankan gunakan email A, untuk media sosial email B, dan untuk pekerjaan atau bisnis gunakan email C. dengan begitu, kita bisa meminimalisir risiko jika salah satu akun kita terkena hack. 

Aktifkan Two Factor Authentication (2FA) 
2FA merupakan fitur pengaman ganda untuk akses aplikasi untuk mencegah akses login yang tidak diinginkan dari orang lain. Memonitor adanya aktivitas-aktivitas mencurigakan atau usaha masuk akun oleh pihak lain yang tidak kita kenal. 

Aktifkan fitur Notifikasi 
Dengan mengaktifkan fitur notifikasi, kita dapat segera mengetahui jika ada aktivitas mencurigakan seperti login, dll. Dalam transaksi digital, fitur notifikasi dapat digunakan untuk mengetahui jika ada pembobolan akun atau transaksi yang tidak diketahui.

Hati-hati membuka email, tautan dan mengunduh aplikasi  
Jangan sembarangan membuka tautan yang mencurigakan dalam pesan email, ini untuk menghindari serangan phising yang meretas informasi seperti data login. Kemudian juga jangan mengunduh aplikasi/fitur yang bukan dari website resmi. Biasanya beberapa pelaku kejahatan cyber menggunakan website palsu untuk memancing masyarakat mengunduh aplikasi/fitur yang dipalsukan, dan dari situ pelaku kejahatan cyber dapat mencuri data pribadi masyarakat. 

Hindari login dengan perangkat tidak dikenal 
Satu hal yang juga harus kita hindari yaitu login dengan perangkat yang tidak kita kenal seperti gadget orang lain atau komputer yang dipakai oleh umum. Kita tidak tahu apakah perangkat tersebut sudah terinfeksi virus atau belum, maka dari itu kita harus sebisa mungkin menghindari memakai perangkat lain untuk mengakses akun kita. Jangan lupa untuk log out. 

Kenali fitur-fitur pengaman aplikasi 
Banyak fitur pengaman aplikasi yang sudah disediakan dan dapat diaktifkan secara mudah seperti Touch ID / Face ID, 2FA, Setelan Privasi, Report & Block, Peringatan Masuk Akun, Pesan Sementara, dll. 

Utamakan menggunakan Wifi rumah untuk transaksi perbankan 
Dalam melakukan transaksi perbankan secara online, Wifi rumah memang sudah jelas keamanannya dibandingkan dengan Wifi publik. Aku pribadi, setiap bertransaksi merasa lebih aman jika menggunakan Wifi rumah IndiHome yang merupakan internet terpercaya dari Telkom Group. 

Asli sih, mengikuti Makin Cakap Digital kemarin, aku jadi sadar perihal keamanan ruang digital yang tidak boleh dianggap sepele. Btw, kamu ada pengalaman apa nih soal cyber crime, share di kolom komentar ya! ^_^



No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D