Friday, March 17, 2023

...

Skill Set Up: Bloggercrony Community Ajak Para Member Jadi Blogger Profesional

 


“Enak ya jadi blogger, bisa diundang ke berbagai event, dapat penghasilan tambahan plus bisa ketemu temen-temen baru!”, ucap teman kuliahku dulu saat kumpul-kumpul kemarin. Aku hanya bisa menjawab, Alhamdulillah bersyukur rasanya Allah memberikan jalan untukku bisa berkarya, mendapatkan penghasilan tambahan sambil menekuni hobi menulisku. 

Lima tahun menjadi Blogger banyak banget yang aku dapatkan, mulai dari pengalaman, penghasilan tambahan, kesempatan untuk keluar kota dan teman-teman baru yang luar biasa. Eittsss, tapi yang namanya pekerjaan tentu nggak semua menyenangkan ya, tetap ada duka dan pengorbanan dong. 

Inget banget deh, waktu di awal-awal aku membangun blog, sering merasa insecure karena tampilan blog yang tidak menarik, tidak punya kamera pendukung, dan lain sebagai. Tapi sekarang, perlahan tapi pasti, aku berusaha untuk meningkatkan, pengetahuan dan juga kemampuan agar bisa menjadi blogger profesional. 

Bersyukurnya beberapa waktu lalu aku berkesempatan mengikuti kemeriahan BloggerDay 2023 yang merupakan bagian dari perayaan Ulang tahun Bloggercrony Community yang ke 8 tahun. Nggak terasa ya, sudah delapan tahun Bloggercrony membersamai para blogger untuk belajar dan bertumbuh, agar bisa terus menghadirkan karya-karya yang memberikan nilai edukasi pada para pembaca. 

Yup, Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional. 

Komunitas yang berdiri pada 24 Februari 2015 ini mengusung misi menemani pekerja kreatif berbasis digital dengan pelbagai program pengembangan diri dan peningkatan kompetensi, yang bertujuan meningkatkan kualitas kreator konten dalam kemampuan, pengalaman, wawasan, kepribadian, branding serta membuka kesempatan untuk para kreator untuk bertumbuh dan belajar bersama. 

Sumber: Instagram @bloggercrony


Ada yang spesial nih di perayaan ulang tahun Bloggercrony Community tahun ini, karena dikemas lebih fun dan Intimate. Jika di tahun sebelumnya kala virus Covid-19 masih merajalela, perayaan BloggerDay dilakukan secara online dan hybrid, tahun ini sungguh out of the box. 

Yes, perayaan dimulai dengan sesi zoom pada Jumat, 24 Februari 2023 kemudian dilanjutkan dengan campsite di kawasan Pancawati, Bogor, tepatnya Puncak Halimun Camp pada hari Sabtu-Minggu, 4-5 Maret 2023. 

Sayangnya, aku nggak bisa menghadiri acara puncaknya karena masih harus mengurus renovasi rumah. Meskipun begitu, aku nggak kecewa karena sesi zoomnya juga dibuat tak kalah meriah. Terlebih ada Mas Anwari Natari alias Mas Away yang memberikan materi skill set agar jadi blogger profesional! 

Skill Set Up! Saatnya Jadi Blogger Profesional ala Anwari Natari 


Sumber: Instagram @bloggercrony


Menjadi blogger profesional tentu tidak semudah membalikan telapak tangan. Tak hanya belajar soal teori-teori pengembangan diri, tapi juga meliputi aksi. Bagaimana kita senantiasa meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan juga etika profesional kita sebagai blogger. 

Semakin ke sini, akupun semakin memahami, bahwa dalam prosesnya ada banyak hal yang harus dilewati. Jika jatuh ya bangun lagi. Jika salah ya perbaiki. Dengan terus membuka diri dan berintrospeksi, aku yakin gelas kosong kita lama-lama akan terisi. Dan perlahan tapi pasti kita akan menjelma menjadi blogger yang lebih profesional lagi. 

Skill Set sendiri adalah suatu keterampilan yang harus dimiliki apapun profesinya. Nah, terkait profesi Blogger, dalam sesi Talkshow BloggerDay 2023 kemarin, Mas Away, menjelaskan kalau sebetulnya semua blogger pasti sudah menjalani atau memiliki skill set, berupa tiga pilar, yaitu: pengetahuan, kemampuan dan juga etika. Hanya saja, mungkin banyak yang belum menjalankannya secara penuh. 

Kemampuan 
  1. Mengasah Otak Kreativitas kita 
  2.  Kemampuan Fotografi, tidak harus mahir tapi dasarnya kita harus paham, agar foto pelengkap dalam blog kita terlihat menarik 
  3. Teknik wawancara 
  4. Keterampilan riset 
  5. Public Speaking dan membangun networking 

Pengetahuan 
  1. Pengetahuan membuat tulisan yang menarik, mulai dari pemilihan judul, penutup dan pemilihan diksi. 
  2.  Pengetahuan soal 5W + 1H 
  3. Pengetahuan soal teknik SEO dasar. 
  4. Pengetahuan soal cara mengolah gambar 
  5. Trend digital. 

Sikap Profesional 
  1. Tidak hanya teori tapi juga praktisi 
  2. Konsisten dalam menulis 
  3. Menerapkan kaidah-kaidah penulisan 
  4. Disiplin perihal waktu 
  5. Mampu menjaga nama baik diri sendiri dan komunitas. 

Dalam sesi pemaparan yang terbilang singkat, ada beberapa pertanyaan menarik yang masuk. Bahkan terkait eksistensi blogger di masa mendatang, terutama terkait hadirnya ChatGPT.  

Mas Away menjelaskan bahwa hadirnya ChatGPT tentunya bisa menjadi tantangan dan peluang bagi blogger dan berbagai profesi lainnya. Tapi yang perlu diingat adalah hal tersebut bukan menjadi ancaman, apalagi jika kita terus mengupgrade diri dan terus beradaptasi dengan perkembangan zaman. 

Pemaparan itu kemudian menjadi akhir sesi diskusi bersama Mas Away. Jujur aja, rasanya masih belum puas, karena masih banyak hal yang rasanya ingin ditanyakan. Aku berharap semoga Bloggercrony Community mengadakan sesi lanjutan diskusi bersama Mas Away ini. 

Last but not least, aku ingin mengucapkan selamat ulang tahun Komunitas Bloggercrony Indonesia, terimakasih telah setia membersamai para blogger Indonesia untuk tumbuh dan berkembang bersama. Aku juga ingin mengucapkan terimakasih pada segenap tim BCC, yang tak pernah lelah mengingatkan para blogger melalui Instagram dan Twitter @bloggercrony untuk terus mengupgrade diri agar bisa naik kelas jadi blogger profesional.




No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D