Sunday, December 11, 2022

...

Cara Mudah Hidangkan Resep Kuliner Legendaris FJB ke Rumah!

 


Ada yang belum move on dari Festival Jajanan Bango (FJB) kemarin nggak sih? Asli pecah banget! Nggak salah ya, FJB tuh emang satu-satunya festival kuliner yang manjain lidah kita banget. Terlebih kuliner nusantara yang dihadirkan jadi favorit kita semua. 

Nah, ngomongin soal FJB kemarin, rasanya pengen deh menghadirkan berbagai kuliner nusantara ke rumah. Pasti aku nggak akan diprotes anak-anak lagi karena masaknya itu-itu terus. 

Yah, habis gimana dong, aku merasa masak kuliner nusantara kesukaan mereka itu susah, karena ada banyak bumbu dan rempah yang harus disiapkan. Dan tentu hal itu memakan waktu yang tidak sebentar. 

Tapi, setelah aku mengikuti live cooking demo yang diselenggarakan oleh Bango beberapa waktu lalu, kok rasanya masak kuliner nusantara jadi simple dan menyenangkan ya. Terlebih rasanya pasti lezat dan sesuai dengan lidah kita. 

Yes, melanjutkan kesuksesan penyelenggaraan Festival Jajanan Bango (FJB) 2022 “Kenali Rasanya Indonesia” bulan Oktober lalu, Bango ingin terus melanjutkan semangat pengenalan aneka kuliner otentik nusantara di tengah keluarga Indonesia. Untuk itu, Bango berkolaborasi dengan Chef Ragil Imam Wibowo menggelar acara demo masak virtual bertema “Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumahmu” untuk menyebarluaskan dua resep kuliner unggulan di FJB 2022, yaitu Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh dan Iga Sapi Bakar ala Jangkung agar dapat dengan mudah diolah dan disajikan para ibu di rumah. 

Yuk, Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumah! 




Pasti semua setuju deh, kalau keragaman kuliner Indonesia identik dengan cita rasa yang khas. Namun sayangnya, dari 3.259 ragam kuliner ragam kuliner yang ada, baru segelintir di antaranya dikenali oleh masyarakat luas. Makanya perlu banget nih, ajakan masyarakat Indonesia untuk terus mengeksplorasi, mencoba, dan menghidangkan masakan Indonesia demi kelestarian kuliner Indonesia dari generasi ke generasi. 

Hal itu lah yang terus dilakukan Bango. Sebagai brand yang konsisten menjalankan purpose untuk melestarikan kuliner Indonesia dengan mengajak seluruh pencinta kuliner untuk kembali ke akarnya: mengenal, mencintai, dan akhirnya ikut melestarikan kekayaan warisan kuliner kita, Bango yang telah hadir selama 94 tahun untuk selalu menjadi andalan ibu, keluarga dan juga para penjaja kuliner legendaris untuk menyajikan aneka hidangan Indonesia. Salah satu perwujudannya yaitu dengan kembali digelarnya Festival Jajanan Bango (FJB) 2022 pada 28-30 Oktober 2022 lalu. 

Melanjutkan kesuksesan penyelenggaraan FJB 2022 yang dikunjungi 97.000 pecinta kuliner, Bango ingin mempertajam komitmennya dalam menyebarkan semangat pengenalan aneka kuliner nusantara dengan menyelenggarakan Live Cooking Demo yang menghadirkan Adisty Nilasari - Senior External & Digital Communication Manager Unilever Indonesia dan Chef Ragil Imam Wibowo

Kecap Bango, Kunci Kelezatan Sate Rembiga dan Iga Bakar Sapi




Live cooking demo dibuka oleh MC kenamaan ibukota Amyzein, sebelum mulai masak-memasak, ada sesi talkshow terlebih dahulu, di mana Chef Ragil Imam Wibowo bercerita kalau di FJB 2022 kemarin, beliau diberikan misi oleh Bango untuk mengeksplorasi begitu banyak kuliner legendaris yang ada dan mengkurasi hidangan-hidangan yang tidak hanya bercita rasa otentik, tapi juga mudah untuk diolah. 

Nah, akhirnya disepakatilah dua menu utama, Sate Rembiga dan Iga Sapi Bakar, karena keduanya memiliki ciri khas dan cita rasa yang istimewa dengan keunikan bahan-bahan dan cara pengolahannya, sehingga patut untuk diperkenalkan lebih luas lagi. Chef Ragil percaya, kedua resep ini sangat bisa diaplikasikan oleh home chefs, yaitu para ibu di rumah. 

Buat kamu yang belum tahu, Sate Rembiga adalah sajian khas Lombok, Nusa Tenggara Barat, terbuat dari potongan daging sapi yang dimarinasi dengan aneka bumbu dan rempah. Salah satu ciri khasnya adalah penggunaan terasi Lombok, yang membuat citarasanya begitu berbeda dengan sate lainnya. 

Di FJB 2022, hidangan yang langsung disajikan oleh salah satu penjaja Sate Rembiga paling tersohor di Lombok, yaitu Sate Rembiga Ibu Sinnaseh ini selalu dipadati pengunjung karena kelezatannya. 

Selanjutnya Iga Sapi Bakar, hidangan andalan penjaja kuliner legendaris Iga Bakar Si Jangkung asal Bandung, Jawa Barat yang juga menjadi salah satu primadona di FJB 2022. Keunikan dari Iga Sapi Bakar ini terletak pada paduan daging iga berbumbu dengan irisan bawang merah, cabai rawit merah dan tomat merah, disajikan panas-panas di atas piring cobek yang semakin memperkental sentuhan tradisionalnya. Rasa manis dan pedasnya begitu segar dan membuat penikmatnya ketagihan. 

Dengan kedua resep yang dibagikan Bango, kita para ibu jadi nggak perlu jauh-jauh pergi ke Lombok atau ke Bandung untuk menikmati dua hidangan ini, karena bisa diolah sendiri lho di rumah. Selain itu, dua hidangan ini juga secara spesifik dipilih untuk menyambut momen tahun baru. 

Yup, umumnya kan keseruan pergantian tahun sangat identik dengan kegiatan bakar-bakaran aneka jenis daging, kini kita bisa sajikan kedua hidangan bakaran yang legendaris sebagai alternatif menarik untuk menghangatkan momen kebersamaan di penghujung tahun, sekaligus memperkenalkan ragam kelezatan hidangan otentik ke seluruh anggota keluarga ataupun kerabat. 

Buat yang penasaran dan mau coba recook dua menu kuliner nusantara iga bakar dan sate rembiga, di bawah ini resepnya ya! Untuk menu lainnya, bisa cek di Resep Bango ^_^

Resep Iga Sapi Bakar ala Jangkung 




BAHAN-BAHAN: 
300 gram Iga sapi 

Bumbu halus untuk merebus iga 
50 gram Bawang merah 
50 gram Bawang putih 
50 gram Sereh 
10 gram Laos 
10 gram Kunyit 
5 butir Cengkeh 
1 butir Pala 
1 liter Air 
3 gram Garam 

Bumbu Tumis 
100 ml Kecap manis Bango 
80 gram Bawang merah iris kasar 
10 gram Cabe rawit dimemarkan 
50 gram Cabe merah iris tipis 
50 gram Cabe hijau iris tipis 
2 lembar Daun salam 
30 ml Air asam Jawa 
30 gram Minyak samin/margarine 
100 gram Tomat merah potong kasar 

Cara Memasak: 
• Potong-potong iga menjadi beberapa ruas 
• Bersihkan potongan iga dengan lap bersih dan kering 
• Haluskan bumbu untuk merebus 
• Masukkan iga dan bumbu bersama air ke dalam panci dengan api sedang 
• Tambahkan pala yang dimemarkan dan cengkeh 
• Rebus hingga iga empuk 
• Biarkan sampai dingin di dalam kuahnya 
• Tiriskan iga lalu bakar di atas bara 
• Setelah dibakar, potong-potong iga sesuai selera 
• Panaskan pan dengan minyak samin 
• Masukkan bawang merah, cabe dan daun salam 
• Tumis hingga harum 
• Masukkan daging iga yang sudah dipotong 
• Tambahkan kecap manis Bango dan air asam Jawa 
• Aduk hingga merata 
• Masukkan potongan tomat merah dan aduk sebentar 
• Sajikan dengan nasi putih dan potongan tomat kasar 

 Resep Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh 




BAHAN-BAHAN: 
Saus Rembiga 

120 gram Bawang putih cincang 
50 gram Kecap manis Bango 
10 gram Terasi Lombok 
100 gram Cabe merah besar 
50 gram Cabe keriting 
50 gram Minyak goreng 
100 gram Air 
250 gram Daging sapi khas dalam atau bagian pipi, kemudian potong kecil untuk disate 
100 gram Saus Rembiga 
2 gram Garam 
5 pcs Tusuk sate 

Cara Memasak: 
Saus Rembiga 
• Siapkan wajan, masukkan semua bahan saus Rembiga ke dalam wajan 
• Aduk merata dan panaskan hingga mendidih 
• Kecilkan api, masak hingga mengental kurang lebih 20 menit 
• Matikan api, saus siap digunakan 
• Sisihkan 50 ml saus Rembiga sebagai kuah sate Sate Rembiga 
• Campur daging yang sudah dipotong dadu dengan garam dan minyak, aduk hingga merata 
• Masukan 2 sendok makan saus Rembiga, aduk lagi hingga merata 
• Tusuk daging dengan tusuk sate (3 potong per tusuk), hingga daging habis 
• Tempatkan sisa saus Rembiga di atas piring datar, beri sedikit minyak, lalu aduk merata dengan sate Rembiga yang akan dibakar 
• Bakar sate setengah matang dahulu, oleskan lagi saus Rembiga, dan bakar kembali hingga matang merata (bakar jangan terlalu matang) 
• Setelah matang, siap disajikan dengan lontong dan sisa saus sebagai kuah



6 comments:

  1. Kapan kapan kita bikin sate rembiga bareng yuk, kayanya gampang deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk, gampang kok, yang penting sedia bahan bahannya dan kecap bango

      Delete
  2. Aku ko baru tau ada sate Rembiga, kayanya enak ya mba...boleh ni kapan2 coba bikin... makasih resepnya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa coba recook di rumah ning, oke banget lho buat menu bakar bakaran tahun baru nanti

      Delete
  3. Keknya boleh tuh yah menu sate rembiga dan iga bakar si jangkung, bisa dijadiin menu buat acara penutupan tahun nih, aseekkk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iga bakar si jangkung behh enak banget sih ini. wajib recook buat tahun baruan nanti mba

      Delete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D