Wednesday, November 27, 2019

...

Vaksinasi Flu, Cara Terbaik Cegah Influenza!


Nggak terasa ya waktu berlalu bergitu cepat, dan sekarang kita sudah hampir masuk di penghujung tahun. Biasanya, akhir tahun selalu jadi waktu yang tepat untuk liburan. Selain sebagai sarana refreshing lepas penat dari beban pekerjaan, aku biasanya selalu menjadikan waktu liburan akhir tahun sebagai sarana introspeksi diri dan membuat resolusi baru.

Namun, agak sedikit berbeda dengan tahun ini. Nggak tahu kenapa, aku worry aja saat hendak menetukan tujuan liburan, soalnya kan seperti kita tahu, cuaca saat ini sedang kurang baik. Aku takut nanti momen liburan itu malah berubah jadi tidak menyenangkan karena kita jatuh sakit.

Beruntungnya, beberapa waktu lalu aku hadir di acara Blogger Gathering: Bebas Flu Saat Traveling. Selain bisa berkumpul dan sharing dengan teman blogger lainnya, aku juga dapat informasi penting terkait liburan dan influenza. Hmmm, ternyata, saat liburan kita bisa dengan mudah sakit atau terkena influenza lho.

Jadi, sakit saat liburan bisa disebabkan oleh beberapa hal lho, seperti memforsir diri untuk menyelesaikan pekerjaan jelang liburan, kondisi badan yang sedang drop, perjalanan selama liburan yang melelahkan dan bertemu dengan banyak orang sehingga meningkatkan risiko penularan. Tentu kita nggak mau kan, liburan yang seharusnya menyenangkan malah berubah menjadi menyedihkan hiks.

Nah, ternyata menurut data yang ada influenza atau flu adalah penyakit yang paling sering dialami saat liburan. Makanya sebelum kita traveling atau pergi liburan penting banget untuk mengantisipasi penularan virus influenza ya.


Menurut dr. Suzy Maria, Sp. PD, Virus influenza itu sangat mudah menyebar lho. Dan penyebarannya bisa melalui beberapa hal berikut:

1. Droplets
Saat seseorang bersin, 20.000 droplet dilepaskan di udara, bisa menular hingga jarak 1.8 m.

2. Kontak langsung
Virus influenza dapat bertahan di permukaan hingga 48 jam dan tetap menularkan bila seseorang memegang permukaan.

3. Airborne
Penyebaran virus influenza dapat meningkat hingga 4x lipat pada ruangan tertutup.

Flu Jangan Dianggap Remeh!


Bagi sebagian orang, penyakit flu ini sering kali dianggap remeh. Padahal flu itu tidak ringan lho. Banyak sekali kerugian yang dialami akibat flu. Flu yang merupakan penyakit pernapasan menular dan disebabkan oleh virus influenza ini dapat menginfeksi hidung, tenggorokan dan paru-paru. Jadi, tidak bisa dianggak remeh.

Fakta lainnya yang harus kita ketahui tentang flu adalah seseorang bisa saja menginfeksi orang lain bahkan 1 hari sebelum gejala muncul hingga 5-7 hari setelah benar-benar sakit. Artinya, penyebaran virus influenza ini luar biasa cepat ya.

Nah, kalau kita merasa badan kita sudah kurang sehat atau ada gejala flu seperti demam, menggigil, sakit tenggorokan, batuk, hidung tersumbat, nyeri otot dan badan, sakit kepala, serta mudah lelah segera istirahat dan hubungi dokter. Jangan sampai justru kitalah yang menjadi penyebab orang lain terinfeksi flu.

Dan yang perlu kita lakukan saat kita terkena flu adalah :

  • Perbanyak minum air putih
  • Istirahat cukup
  • Tidak pergi ke kantor atau sekolah sampai merasa lebih baik/sehat
  • Jaga suhu tubuh agar tetap hangat
  • Tutup mulut dan hidung saat batuk atau bersin
  • Buang segera tissue yang telah dipakai ke tempat sampah
  • Cuci tangan dengan air dan sabun atau handrub yang berbasis alkohol
  • Gunakan masker bila harus bepergian


Vaksinasi Flu, Cara Terbaik Cegah Influenza


Dears, tahu nggak berbagai penelitian menyebutkan bahwa cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk cegah influenza adalah dengan melakukan vaksinasi flu setiap tahun. Pemberian vaksin flu membuat antibodi dalam tubuh kita berkembang sekitar 2 minggu setelah vaksinasi dilakukan. Antibodi itulah yang kemudian memberikan perlindungan terhadap infeksi dengan virus yang ada di dalam vaksin.

Ada beberapa keuntungan yang kita dapat, saat melakukan vaksinasi flu, yaitu:

  • Membantu mencegah kita terkena flu
  • Membuat kita tidak menularkan flu kepada orang lain
  • Membuat flu kita jadi lebih ringan jika terkena penyakit flu
  • Mencegah komplikasi seperti pneumonia


Oh iya, vaksin flu ini juga sangat direkomendasikan lho, terutama untuk orang tua yang berumur lebih dari 50 tahun, memiliki penyakit kronik, wanita hamil, dan tinggal dengan orang berisiko tinggi.

Jadi gimana, kamu nggak mau dong liburan yang harusnya menyenangkan berubah menjadi menyedihkan hanya karena terserang flu, yuk lakukan vaksinasi flu sebelum pergi liburan, biar agenda traveling kita jadi lebih berkesan! ^_^










1 comment:

Megacon Conrete said...

Nice post! pembahasan yang sangat menarik sekali..