Wednesday, October 14, 2020

...

AQUA Home Service: Peluang Usaha di Masa Pandemi

UMKM Perempuan

Pandemi oh pandemi… 
Entahlah aku merasa tahun ini adalah tahun yang penuh ujian untuk kita semua. Dari pandemi yang terjadi pada akhirnya membuat aku belajar akan banyak hal, terutama perihal kesabaran. Bersabar dalam menghadapi ujian, bagaimana kita bisa saling bergandengan tangan dalam melewati ujian ini bersama-sama. 

Kayanya, hampir semua lapisan masyarakat terdampak pandemi ini ya. Pengusaha, karyawan, pedagang, sampai ibu rumah tangga semua merasakan kepahitan. Yup, apalagi kalau bukan sektor ekonomi yang merosot tajam. Tapi, kalau hanya merutuki keadaan ya nggak akan ada habisnya. Kalau kita mau berusaha dan peka terhadap kesempatan yang ada, kita bisa kok mencari jalan keluar dan membantu perekonomian keluarga. 

Hal itulah, yang aku sadari setelah mengikuti Webinar yang digelar oleh Danone-AQUA beberapa waktu lalu. Webinar bertema ‘Pemberdayaan Perempuan melalui Usaha Mikro dalam Mendukung Ekonomi Keluarga’ memberikan insipirasi dan mampu mendorong peran perempuan dalam memperkuat perekonomian melalui UMKM. 

Bisnis umkm


Tujuan acara ini adalah untuk membekali ibu rumah tangga dengan pengetahuan berbisnis agar mereka dapat ikut membantu perekonomian keluarga di masa pandemi yang penuh tantangan seperti saat ini. 

Ternyata, ada beberapa pengetahuan berbisnis yang perlu diketahui perempuan agar bisa memulai bisnis usaha mikro sendiri lho, yaitu pengelolaan keuangan, pelayanan konsumen, dan juga pemasaran. Ketiga hal tersebut tentunya harus dikembangkan dengan dunia digital agar bisnis mikro yang dibangun semakin berkembang. 

Selain mendapat ilmu dari parah ahli, melalui webinar inspiratif kemarin, aku juga berkenalan dengan program AQUA Home Service (AHS), yang merupakan program yang diinisiasi Danone – AQUA sejak tahun 2008. Program AHS ini memberdayakan perempuan melalui kelas bisnis yang diadakan, kemudian juga ada sesi berbagi dan tentunya pelatihan. 

danone aqua


Harapannya adalah melalui program AHS, perempuan Indonesia dapat langsung berpraktik sebagai Duta Kebaikan bagi lingkungan dan keluarganya sekaligus mengambil peran sebagai distributor mikro produk AQUA yang dapat membantu perekonomian keluarga. 

Dalam sesi sharing, Ibu Ratih Retno selaku Emerging Channel Director Danone – AQUA mengatakan, 
“Program AHS adalah wujud komitmen Danone – AQUA untuk senantiasa menyajikan kebaikan alam dan kebaikan hidup kepada lebih banyak keluarga Indonesia. Semoga lebih banyak perempuan yang terinspirasi untuk lebih berdaya dan memperkuat ekonomi keluarga.” 

Hal ini juga sejalan dengan prioritas Kemen PPPA untuk melibatkan lebih banyak perempuan berwirausaha terutama di sektor mikro, mengingat sebagian besar pelakunya adalah perempuan. Kemen PPPA juga terus mendukung partisipasi perempuan dalam sektor ekonomi melalui berbagai cara. Salah satunya dengan membuka jalan agar lebih banyak perempuan yang menjadi pelaku bisnis UMKM. 

AQUA Home Service: Peluang Usaha di Masa Pandemi


aqua home service


Rasa-rasanya menemukan peluang usaha di tengah pandemi seperti ini ibarat menemukan mata air di tengah gurun sahara ya. Waktu aku share tentang webinar ini, banyak yang tanya di media sosial, bagaimana cara bergabung dengan program AQUA Home Service (AHS) ini. 

Caranya cukup mudah, tinggal buka aja website sehataqua.co.id kemudian baca mengenai informasi seputar AHS dan tinggal hubungi kontak person yang tertera di sana. Ada banyak keuntungan bergabung AHS, yaitu:
 
  1. Kesempatan mengembangkan bisnis dan mendapatkan penghasilan tambahan untuk keluarga 
  2. AQUA sebagai pionir Air Minum Dalam Kemasan memudahkan mitra bisnis untuk memasarkan produk kepada konsumen 
  3. Menjadi mitra resmi dalam mendistribusikan AQUA, menjamin kulitas serta keaslian produk melalui pelayanan yang unggul kepada konsumen 
  4. Dukungan professional tidak hanya kepada mitra bisnis AHS, melainkan juga tim pengirim 
  5. Terus mengembangkan jumlah pelanggan, area distribusi, dan jasa kepada pelanggan. 

Ikut Webinar bersama Danone-AQUA kemarin semakin membukakan mataku bahwa perempuan juga punya power yang kuat dalam membantu perekonomian keluarga. Sekarang saatnya UMKM Perempuan bangkit, yuk ah gabung di AHS! ^_^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D