Tuesday, October 27, 2020

...

Tips Memilih Snack Sehat untuk Anak dengan Pewarna Makanan Alami

Nabati Vitakrim

Punya dua anak yang hobi ngemil itu rasanya happy tapi juga sekaligus was-was. Raisha dan Syauqi kompak banget nih perihal ngemil. Nggak heran sih, karena memang anak-anak menghabiskan banyak energi untuk bermain dan bereksplorasi, sementara perut kecil mereka tentu nggak bisa menampung energi dalam jumlah banyak sekaligus, jadilah mereka sering merasa lapar sebelum jam makan tiba. 

Menurut jurnal kesehatan yang aku baca, ternyata ngemil atau snacking punya manfaat yang besar lho dalam mendukung proses tumbuh kembang anak. Eiitssss, tapi snacking nya tentu harus yang sehat ya. 
Memilih snack untuk anak itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Kenapa? Karena anak-anak mudah tergoda dengan sesuatu yang manis, lucu dan juga colorful, yang belum tentu memiliki nutrisi yang baik untuk mereka. 

snack sehat dengan pewarna alami


Nah, karena itulah orang tua harus pandai memilih dan mengawasi snack apa sih yang baik dan juga sehat untuk dikonsumsi anak-anak. Dan berikut ini beberapa tips yang bisa Moms lakukan dalam memilih snack sehat untuk anak, yaitu: 
  • Teliti saat membeli, jangan lupa lakukan CEK KLIK yaitu:
✅Cek Kemasan 
Pastikan kemasan produk dalam kondisi baik, tidak berlubang, sobek, karatan, penyok, dll. 
✅Cek Label 
Baca informasi produk yang tertera pada labelnya dengan cermat. 
✅Cek Izin Edar 
Pastikan produk memiliki izin edar dari Badan POM. 
✅Cek Kedaluarsa 
Pastikan produk tidak melebihi masa kedaluarsa. 
  • Pilih snack yang berbahan alami, seperti buah segar, buah kering, sayuran, wafer atau biskuit. 
  • Perhatikan kandungan lemak dan gula di dalamnya. Jangan sampai snack yang kita berikan tinggi kandungan lemak dan gulanya ya moms. 
  • Hindari snack yang mengandung pewarna buatan, pilih snack yang mengandung pewarna makanan alami yang berasal dari sumber alami, karena selain lebih sehat, pewarna alami juga aman dikonsumsi oleh anak-anak. 

Pewarna Makanan Buatan Bikin Anak Hiperaktif, Bener Nggak Sih? 

cemilan sehat untuk anak

Aku pribadi memang sejak awal menghidari makanan atau minuman yang mengandung pewarna makanan buatan. Dari hasil diskusi dengan dokter anak dan juga dari berbagai jurnal yang aku baca, ternyata memang pewarna makanan buatan tidak baik untuk dikonsumsi apalagi untuk jangka waktu yang panjang.  
Bahkan, menurut studi yang dilakukan oleh University of Southampton menyimpulkan bahwa pewarna buatan atau pengawet natrium benzoat (atau keduanya) dalam makanan dapat menyebabkan peningkatan hiperaktif pada anak usia 3 tahun dan 8/9 tahun pada populasi umum. Bahkan bukan cuma itu lho, pewarna makanan buatan ternyata juga berpotensi mengganggu sistem kekebalan tubuh. 

Nah, hasil dari studi Southampton yang diterbitkan pada tahun 2007 ini, menjadi alasan Uni Eropa mengeluarkan undang-undang pada tahun 2010 yang mewajibkan makanan dan minuman untuk mencantumkan label peringatan jika mengandung salah satu dari 6 pewarna sintetis berikut: tartrazine, quinoline yellow, carmosine, sunset yellow, ponceau 4R dan allura red. Pernyataan peringatan di kemasan mungkin terlihat seperti ini “bahan ini mungkin memiliki efek merugikan pada perhatian dan aktivitas pada anak-anak”. 

Sebenarnya nggak susah kok memastikan apakah snack yang kita berikan untuk anak mengandung pewarna buatan atau nggak, tinggal cek aja di bagian komposisi apakah tertera salah satu dari daftar pewarna buatan ini, tartrazine, quinoline yellow, carmosine, sunset yellow, ponceau 4R dan allura red. Jika iya, tentu artinya mengandung pewarna buatan. Nah, mulai sekarang, carilah kata 'warna alami' pada daftar bahan saat berbelanja bahan makanan ya! 

Wafer Nabati Vitakrim, Snack Sehat dengan Pewarna Alami 

wafer dengan pewarna alami

Untuk Moms yang bingung perihal cemilan sehat dengan pewarna alami, Wafer Nabati Vitakrim bisa jadi rekomendasi nih. Syauqi dan Raisha suka banget ngemil Nabati Vitakrim. Rasa Raspberry Yougurtnya seger plus ditambah wafenya yang renyah, hmmm…. perpanduan yang nikmat deh. 

Wafer Nabati Vitakrim merupakan snack sehat karena dibuat dengan bahan dan pewarna alami. Kalau pewarna buatan kan dibuat dengan minyak bumi yang berasal dari bahan kimia. Jadi, pasti bikin worry, beda dengan Nabati Vitakrim ini, Moms! 

Syauqi dan Raisha biasanya ngemil Nabati Vitakrim ini di pagi atau sore hari. Sebagai teman minum susu. Nah, untuk Moms yang ingin buah hatinya tumbuh dengan sehat dan juga optimal, yuk mulai saat ini perhatikan asupan nutrisi untuk anak. Jangan lupa untuk pilih asupan yang sehat dan berbahan alami ya, Moms! ^_^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D