Sunday, November 1, 2020

...

Dukungan Danone SN Indonesia pada Ibu Kantin Warung Anak Sehat di Masa Pandemi

ibu warung anak sehat danone

Nggak terasa ya, udah hampir tujuh bulan anak-anak menjalani school from home. Alhamdulillah semuanya baik-baik aja. Yah, paling orang tua hanya sedikit kerepotan aja mengajarinya. Tapi pernah kebayang nggak sih, gimana nasib ibu kantin di sekolah anak kita? 

Tujuh bulan nggak bisa berjualan, otomatis pendapatan mereka menurun drastis. Terlebih di situasi sulit seperti ini. Padahal bisa dibilang mereka punya peran penting lho dalam memenuhi kebutuhan gizi anak di sekolah. 

Ngomongin soal ibu kantin, sebenarnya ada sebuah program yang telah digagas oleh Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia sejak tahun 2011 lalu. Danone SN Indonesia melalui Sarihusada rutin melakukan binaan kepada ratusan pengelola kantin di sejumlah Sekolah Dasar di Indonesia yang diberi sebutan Ibu Warung Anak Sehat (IWAS)

Hingga 2018, program ini telah memberdayakan 350 ibu kantin, di mana 72% di antaranya mendapatkan peningkatan pendapatan sebanyak lebih dari 50%. Selain itu, kenaikan pendapatan yang diperoleh para ibu pengelola kantin ini juga telah memberikan manfaat kepada 1.092 anggota keluarganya. 

Tapi, di masa pandemi seperti ini, bagaimana dong nasib mereka? 

Karena berkurangnya kegiatan belajar mengajar di sekolah, para Ibu Kantin Sekolah Generasi Maju mulai mengembangkan UMKM. Berdasarkan pengalaman dalam menyediakan pilihan asupan nutrisi yang baik untuk mengoptimalkan proses belajar mengajar anak-anak di sekolah, ibu pengelola kantin sehat menjual homemade food dan menjajakannya secara door to door maupun online. 

Tapi ternyata nggak semudah yang dibayangkan lho. Melalui salah satu diskusi, ibu pengelola kantin binaan Danone SN Indonesia, mengaku bahwa pengetahuan dan pelatihan dalam berbisnis dan memasarkan produk secara daring mereka masih sangat minim. 

Karena itulah, Danone SN Indonesia menyiapkan berbagai program untuk mengedukasi pengelola kantin sekolah agar mampu beradaptasi dan menggerakkan ekonomi dari rumah. Pelatihan ini akan menguatkan edukasi digitalisasi untuk pengembangan bisnis UMKM para pengelola kantin sekolah agar dapat menjangkau konsumen dengan efektif. 

Sebagai permulaan, pelatihan ini dilakukan untuk mendukung kemajuan dan perkembangan bisnis 50 ibu pengelola kantin sehat pada bulan Oktober untuk kemudian dilanjutkan ke pengelola kantin lainnya pada bulan November. 

Program ini berupa pelatihan pemanfaatan platform digital untuk menumbuhkan potensi bisnis berskala kecil dengan pasar yang terbatas. Selain itu, tentunya memberikan wawasan dan pengetahuan dalam memperluas jangkauan usaha juga. Nah, peserta juga dibekali kesiapan mental yang kuat dan keterampilan digital untuk mengelola bisnisnya dengan maksimal. 

Oh ya, selain dukungan diskusi dan pelatihan, selama pandemi Danone SN Indonesia telah mendistribusikan dukungan senilai lebih dari 1 Miliar Rupiah kepada 234 perempuan penggiat kantin sekolah aktif di Ambon, Bandung, Bogor, dan Yogyakarta yang mengalami penurunan pendapatan akibat pandemi. 

Seluruh upaya ini dilakukan agar ibu pengelola kantin sehat mampu terus menghadirkan pangan sehat untuk pelanggan, maupun memenuhi nutrisi keluarga dan anak-anaknya di rumah. 

kantin generasi maju danone


Salah satu Ibu Kantin Sekolah Generasi Maju di Yogyakarta, Nuriyani Rahayu, sangat mengapresiasi perhatian dan dukungan dari Danone SN Indonesia.

“Situasi saat ini menuntut kami untuk menjadi semakin kreatif di tengah kompetisi dan jumlah penjualan yang tidak pasti. Di luar tantangan tersebut, kami tetap berkomitmen untuk memprioritaskan kualitas produk yang sehat bagi konsumen daripada hanya kuantitas. Saya merasa bersyukur Danone SN Indonesia terus memberikan dukungan di luar kantin sekolah, termasuk pelatihan mengenai strategi bisnis, pemasaran, hingga pelatihan finansial. Kami bangga bisa menjadi bagian dari upaya mengubah pandangan masyarakat luas mengenai nutrisi.” 

Menurutku program ini nggak cuma memberikan dampak yang baik untuk ibu kantin dan keluarganya, tapi lebih dari itu. Nyatanya dukungan yang diberikan Danone SN Indonesia kepada setiap ibu akan mempengaruhi kesejahteraan setiap anak, keluarga, komunitas, desa dan juga bangsa Indonesia. 

Semoga program ini dapat menjaga semangat para Ibu Pengelola Kantin Sekolah Generasi Maju agar dapat terus berkontribusi bagi pemberdayaan wanita, ekonomi lokal, hingga kesehatan anak-anak di Indonesia ya. 

Yuk doa sama-sama biar pandemi ini cepat berakhir, sehingga pekerjaan dan sekolah bisa dilakukan sebagaimana biasanya. Kesehatan pulih dan tentunya ekonomi kita segera bangkit ^_^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D