Monday, September 5, 2022

...

Mengenal Penerapan Bisnis Berkelanjutan untuk Indonesia Lestari di KIAT 2022

 


Setuju ya, kalau saat ini platform media sosial yang berkembang pesat adalah aplikasi video pendek. Di mana memungkinkan kita sebagai penggunanya untuk berbagi dan menikmati berbagai konten hiburan dan pendidikan. Karena itulah seorang content creator harus terus mengupgrade diri perihal jenis konten yang kini sedang diminati. 

Aku pribadi menyadari betul akan hal itu, di mana saat ini konten media sosial di dominasi oleh Tiktok dan juga Reel. Makanya nggak boleh stuck di situ aja. Kita harus terus asah skill biar bisa bikin konten video yang seru dan juga punya pesan positif untuk follower. 

Ngomongin soal upgrade diri dalam berkonten, kemarin Danone SN Indonesia mengajak komunitas Danone Digital Academy untuk belajar bersama dalam KIAT: Kelas Intensif Membuat Konten. Diadakannya kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan mengedukasi komunitas Danone Digital Academy sebagai inisiator dalam lingkungan sekitar sehingga konten edukatif yang kita buat dapat menjangkau sebanyak mungkin orang. 

Jujur banyak banget yang aku pelajari di KIAT kemarin, mulai dari bagaimana menghadirkan konten edukatif yang menarik dan juga perihal isu keberlanjutan yang sampai saat ini masih menjadi masalah penting untuk kita semua. 

Salah satu materi isu keberlanjutan yang aku pelajari kemarin adalah soal Regenerative Agriculture dan Circular Packaging yang punya peranan penting untuk memulihkan bumi kita ini. Kedua langkah ini senantiasa dilakukan Danone Indonesia sebagai wujud penerapan bisnis berkelanjutan. 

Mengenal Penerapan Bisnis Berkelanjutan untuk Indonesia Lestari 




Kelas dibuka dengan sambutan dari Arif Mujahidin - Corporate Communications Director Danone Indonesia. Dalam sambutannya beliau menjelaskan kalau Danone Indonesia memiliki komitmen ganda dalam menjalankan bisnis yang sejalan dengan kemajuan lingkungan dan sosial, memiliki fokus yang sejalan dengan implementasi target Sustainable Development Goals (SDGs) dan target pemerintah dalam aspek keberlanjutan. Hal ini tentu harus disambut positif ya! 

Program kegiatan KIAT 2022 ini dibagi menjadi dua sesi yang diawali dengan sesi pertama diisi oleh Danone representatif diantaranya Budi Rahardjo sebagai Agriculture Manager Danone Indonesia yang membahas program sustainability Danone Indonesia khususnya tentang Regenerative Agriculture, lalu dilanjutkan oleh Annie Wahyuni sebagai Downstream Packaging Manager Danone Indonesia yang memperkenalkan tentang program Circular Packaging beserta tips penerapan hidup yang berkelanjutan. 

Pada sesi kedua, diisi oleh Gerald Vincent sebagai content creator yang membahas tentang cara membuat konten edukasi yang bertutur dan strategi untuk mendapatkan engagement yang baik dalam media sosial. Oke, mari kita bahas satu persatu ya! 

💙Sustainability Programme: Regenerative Agriculture 



Sadar nggak sih makin banyak populasi manusia di dunia ini, membuat makin besar pula upaya dan inovasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan produksi pertanian secara berkelanjutan. Selain itu, kita juga harus memperbaiki rantai pasokan global, mengurangi pemborosan pangan dan juga memastikan bahwa semua yang menderita kelaparan dan kekurangan gizi memiliki akses terhadap makanan bergizi. 

Nah, melalui penerapan pertanian berkelanjutan tersebut kita dapat melakukan transformasi dan menjaga food system atau rantai makanan dengan baik sehingga angka kelaparan tersebut dan akses nutrisi bagi masyarakat luas dapat terpenuhi. Lebih detail Budi Rahardjo - Agriculture Manager Danone Indonesia menekankan implementasi Sustainability Programme: Regenerative Agriculture ini dapat tercipta dengan dukungan segala pihak khususnya melalui pemahaman masyarakat luas. 

💙Circular Packaging dan Tips Penerapan Hidup Berkelanjutan 


Dalam menjaga kesehatan masyarakat, dibutuhkan fokus dari segala aspek yakni tidak hanya akan bahan pangan masyarakat namun juga aspek kemasan yang ramah lingkungan dan aman bagi konsumen. Kemasan memiliki peran yang diperlukan untuk melindungi manfaat gizi dan kualitas produk dan memungkinkan mereka untuk disimpan, diangkut, dan digunakan dengan aman. 

Sejalan dengan hal ini, Annie Wahyuni - Downstream Packaging Manager Danone Indonesia menjelaskan Danone Indonesia bekerja untuk mendukung pergeseran sistemik dari linear ke ekonomi sirkular untuk kemasannya. Danone juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menciptakan ekonomi sirkular melalui gerakan #BijakBerplastik yang dijalankan sejak 2018. 

Tips Membuat Konten Edukatif yang Disukai Banyak Orang 



Seperti yang aku bilang tadi, #KIAT2022 ini nggak hanya membahas soal isu-isu keberlanjutan, tapi juga berfokus untuk meningkatkan kemampuan peserta untuk membuat konten edukatif yang menarik dan disukai oleh banyak orang. 

Nggak tanggung-tanggung lho, Danone Indonesia menghadirkan Gerald Vincent, seorang Content Creator yang memberikan tips perihal #KIATMembuatKonten. Yup, Gerald menjelaskan perihal seperti apa sih konten yang baik dan digemari masyarakat. 

Ternyata konten yang baik dan digemari oleh masyarakat adalah konten yang memiliki nilai di kalangan audiens. Adapun nilai tersebut bisa dibentuk dari seorang konten dengan beberapa aspek seperti bagaimana kita bisa menilai konten tersebut layak untuk dibagikan, bagaimana kita terlihat bersemangat dalam menyampaikannya hingga bagaimana kita menyukai materi atau topik yang kita bagikan. 

Nah, tentunya isu seputar keberlanjutan lingkungan dan masyarakat ini topik yang penting bagi kita semua dan memiliki nilai yang tinggi untuk dibagikan. Aku pribadi setelah mendapatkan berbagai insight baru dalam #DanoneCommunityEngagementDay2022 kemarin jadi semangat dan terinspirasi untuk menghadirkan konten edukatif yang yang memiliki pesan positif untuk lingkungan. 

Jujur, aku happy banget bisa ikutan KIAT kemarin. Semoga acara bermanfaat dan penuh edukasi seperti ini dapat terus diselenggarakan, sehingga para content creator sepertiku makin semangat bikin konten tentang lingkungan! ^_^



No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D