Tuesday, July 23, 2019

...

Dear Moms, Pilih Cat Dinding Nggak Boleh Asal Lho!


Pada dasarnya minat dan bakat seorang anak itu bisa berkembang atau mati di tangan orang tua. Aku percaya banget dengan hal itu. Dari beberapa buku biografi orang hebat yang kubaca, ternyata di balik kesuksesan meraka ada peran besar orang tua dalam memfasilitasi mimpi anaknya. Salah satunya Cristiano Ronaldo.

Dulu, semasa kecil, Ronaldo kerap bermain sepak bola di manapun ia berada. Di lapangan bola, di halaman, bahkan sampai di dalam rumah. Kaca dan hiasan rumah sering kali rusak dan pecah akibat tendangannya. Namun Ibunya memahami bahwa sepakbola adalah dunia Ronaldo. Maka, tak heran jika saat ini ia dikenal sebagai pemain bola terbaik di dunia.

Bicara soal minat dan bakat anak, rasa-rasanya memang kita sebagai orang tua harus terus belajar. Aku sendiri sering kali sharing soal anak-anak ke ibu mertua. Alhamdulillah, ibu selalu kasih masukkan yang membuatku tahu harus berbuat apa.

Anak pertama dan keduaku memiliki minat yang berbeda. Sehingga treatment untuk mereka berdua pun harus berbeda. Syauqi lebih senang dengan gadget dan teknologi. Di usia tiga tahun saja, ia sudah bisa mengoperasikan beberapa program di laptop.

Berbeda dengan Syauqi, Anak Keduaku, Raisha memiliki darah seni yang tinggi. Ia hobi corat-coret, menggambar, mewarnai, sampai memasak. Mengakomodasi minat Raisha memang sedikit repot. Kadang kertas saja tak cukup puas untuknya. Makanya dinding-dinding rumah sering tak karuan dengan coretannya.

Awalnya aku marah dan kesal, karena rumah terkesan tak rapih. Tapi kemudian aku teringat buku biografi Ronaldo yang kubaca, dan juga nasihat ibu mertua. Tak baik rasanya memarahi anak hanya karena kreativitasnya. Bisa saja kan besar nanti Raisha jadi pelukis hebat? (bantu aamiinkan ya). Karena itu, aku kini membiarkan Raisha berkreasi dimanapun yang ia sukai.

Perkara, tembok mah gampang, bisa di cat lagi, ya nggak? Ngomongin soal cat, beberapa waktu lalu aku hadir di acara Talkshow parenting bersama Nippon Paint dan Indonesia Montessori.com. Bertajuk ‘How to Sparks Your Child’s Passion’ ini aku jadi makin paham. Ternyata, cat rumah itu bukan cuma persoalan dekoratif, tapi juga ada hal yang lebih penting dari itu.

Nippon Spot-Less Plus Wujudkan Rumah yang Bersih dan Sehat untuk Tumbuh Kembang Anak


Sebenarnya, kegiatan yang terselenggara kemarin merupakan bagian dari Kampanye Rumah Sehat yang dilakukan Nippon Paint dalam rangka mengajak dan mengedukasi orangtua untuk menyediakan lingkungan rumah yang bersih dan sehat sebagai faktor penting mendukung minat, bakat dan tumbuh kembang anak.

Nah, jadi dari situ para orang tua makin paham, ternyata penting banget menyediakan rumah yang bersih dan sehat untuk tumbuh kembang anak, ya termasuk soal cat rumah tadi. Btw, udah tahu cat Nippon Spot-Less Plus belum? Cat terbaru dari Nippon ini memiliki 3 keunggulan yang pastinya dapat dijadikan pilihan cat terbaik untuk keluarga.

Tiga keunggulan yang dimiliki Nippon Spot-Less Plus untuk mewujudkan rumah yang bersih dan sehat:

  1. Formula Silver Ion dalam Nippon Spot-Less Plus telah lulus uji anti-mikrobial dari SETSCO (lembaga akreditasi dari Singapura) dan diakui oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang efektif membasmi bakteri berbahaya di dinding.
  2. Dilengkapi Stain Guard yang memberikan kemudahan bagi orangtua membersihkan noda dinding.
  3. Fungsi Clean Air yang menjadikan udara dalam rumah menjadi aman karena Nippon Spot-Less Plus tidak mengandung Volatile Organic Compound (VOC) - zat berbahaya yang dapat menyebabkan kanker. Hal ini terbukti dengan diperolehnya sertifikat Green Label Singapore.



Melalui Spot-less Plus, Nippon Paint memberikan solusi terlengkap bagi orangtua dalam memberikan lingkungan terbaik untuk anak. Menurut Jon Tan, CEO Decorative Paints Nippon Paint Indonesia, langkah ini merupakan bentuk dukungan Nippon Paint untuk turut hadir bersama orang tua dalam mendukung setiap aktivitas belajar anak, terutama dalam mengekspresikan dan mengembangkan kreativitasnya tanpa harus merasa khawatir dengan kebersihan dan kesehatan dalam rumah.

Senada dengan hal itu, Elvina Lim Kusumo, pendiri Indonesia Montessori.Com (IMC) dan penulis seri buku Montessori di rumah, juga mengingatkan kepada undangan yang hadir, sebagai orang tua kita nggak boleh lupa menjaga kualitas ruangan di dalam rumah. Karena hal itu dapat mempengaruhi keseahatan dan kenyamanan seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak yang sering kali aktif mengeksplorasi setiap sudut ruangan.

Serius deh, pulang dari acara talkshow, aku jadi introspeksi diri. Sebenernya udah seberapa baik sih aku menjaga kebersihan dan kenyamanan rumah. Dan fixed, aku mau cat rumah pakai Nippon Spot-Less Plus deh!

1 comment:

Visya Al Biruni said...

I feel you mom. Akupun dulu sempat momong sepupuku, suka nyoret2 dinding. Semper kesel, eh sekarang jadi nyadar deh itu ternyata lumrah, bukti kreativitas anak. Tinggal pintar-pintarnya Kita memiliki cat anti noda dan anti kuman