Tuesday, July 16, 2019

Selamatkan Lingkungan dengan Tasini Bag, Pengganti Plastik Saat Belanja di Alfamart

doc by Tasini

Beberapa waktu lalu aku merasa sedih luar biasa melihat tayangan video binatang laut yang mati keracunan karena mengonsumsi sampah plastik. Saat perut binatang itu dibelah, keluarlah gumpalan plastik beraneka macam. Aku jadi berpikir, sebegitu rusaknya kah alam kita? Sampai binatang laut itu harus menjadi korbannya.

Nyatanya memang itulah yang terjadi dan sedang kita alami saat ini. Betapa polusi plastik di Indonesia bisa dibilang masuk ke tahap mengkhawatirkan. Bahkan menurut data yang ada, Indonesia menempati urutan kedua polusi sampah terbanyak di dunia. Asli dengernya bikin aku auto sedih.


Di era yang serba modern ini memang harus diakui butuh sesuatu yang praktis dan efisien karena itulah plastik menjadi alternatif dalam memenuhi kebutuhan kita. Tetapi kita lupa menyadari bahwa plastik sulit sekali diuraikan oleh alam. Bahkan saking sulitnya butuh waktu lebih dari 500 tahun untuk benar-benar terurai, hiks.

Lalu apa yang harus kita lakukan?

Bismillah, rasanya belum terlambat untuk memperbaiki semua itu. Sekarang tak perlu tunjuk sana atau tunjuk sini. Kita mulai dari diri kita sendiri. Sedikit demi sedikit kurangi penggunaan plastik semaksimal yang kita bisa. Akupun sampai dengan hari ini masih belajar menerapkannya. Walau agak sulit diawal, tapi aku yakin, kalau kita konsisten maka hal itu akan menjadi gaya hidup yang sangat baik, yang juga bisa dicontoh atau diikuti oleh banyak orang.

Nah, bicara soal gaya hidup, aku salut luar biasa dengan inovasi terbaru yang dikeluarkan oleh Alfamart dalam mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia. Alfamart bekerja sama dengan Tasini mengeluarkan Tasini Bag semacam tas belanja berbahan dasar limbah yang bisa kita gunakan saat belanja di Alfamart sebagai pengganti kantung plastik.


Sekilas tentang Tasini


Tasini adalah tas belanja lipat tersembunyi di dalam bentuk hewan laut mewah dengan gantungan kunci yang selalu bersama kita. Gantungan kunci yang imut dan menggemaskan itu dijamin deh bikin kita nggak akan lupa bawa dia kemana-mana.

Tasini sendiri merupakan ide dari inisiatif lingkungan hidup, Making Oceans Plastic Free (MOPF). Diawali oleh empat sahabat dari Indonesia dan Jerman yang prihatin dengan kondisi alam Indonesia maka di kampanyekanlah “Ayo Indonesa, Mari Jadi Nomor Satu Kurangi Polusi Plastik.”


Aksi itu yang kemudian berlanjut hingga lahirlah Tasini Bag yang spesial. Kenapa spesial? Karena 1 Tasini Bag, berasal dari 2 botol sampah plastik yang didaur ulang. Nggak nyangka kan?

Launching Tasini Bag di Alfa Tower


Hadir di acara launching Tasini Bag Alfamart ini aku jadi tahu satu hal, bahwa banyak orang-orang hebat yang ternyata peduli dengan lingkungan. Salah satunya Brand Ambassador Alfamart, Nagita Slavina. Sejak dulu, ia selalu membawa tas belanja atau tote bag kemana-mana. Dengan begitu, ia berharap sedikit banyak dapat menggurangi penggunaan plastik.


Jujur, dengernya, bikin aku makin semangat untuk menerapkan ‘diet plastik’. Terlebih dengan adanya Tasini Bag yang lucu dan menggemaskan. Jadi, saat tidak digunakan, kita lipat hingga kecil dan masukkan ke dalam perut bonekanya, dan jadikan sebagai gantungan kunci. Dan saat akan digunakan tinggal dibuka dan lebarkan.

Tasini Bag ini tersedia dalam 3 bentuk boneka lucu, yaitu:

🦈 Shark, Si Hiu Biru yang menggemaskan
🐙 Olivia, Si Gurita Pink yang imut
🐢 Theo, Si Penyu Hijau yang menawan.


Serius deh, aku suka banget sama Olivia. Selain karena warnanya pink, Olivia juga paling girly hehe. Rasanya pengen bawa pulang dan koleksi. Oh ya untuk mendapatkan 1 Tasini Bag ini kita cukup membeli dengan harga 39 ribu saja. Dan saat ini baru ada di store Alfamart tertentu. Tapi tenang, ke depannya Tasini Bag ini akan ada di semua store Alfamart seraya mengikuti peraturan pemerintah yang akan membatasi penggunaan plastik.

Mulai saat ini aku pribadi berkomitmen untuk benar-benar membatasi penggunaan plastik. Aku nggak mau lah Olivia, Shark dan Theo yang menggemaskan mati karena memakan plastik hiks. Yuk, semangat untuk diet plastik. Btw, dalam mengurangi penggunaan plastik, biasanya apa yang kamu lakukan sih? Share di kolom komentar ya ^_^



22 comments:

  1. Unyuuuu banget tasnyaaaa
    Kapan hari aku ke Alfamart dan mupeng lihat tas ini
    Keren banget ya, semangatnya utk sama2 berkontribusi terhadap lingkungan hidup
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. lucu dan cantik tasnya, ya. Saya kalau belanja sudah mulai dirutinkan bawa tas belanja sendiri. pernah lupa, dan beli sedikit, akhirnya diamsukan saja ke tas hehe

    ReplyDelete
  3. Aku mulai membawa plastik jika mau belanja nih mba. Bisa banget buat bantu kurangi sampah ya mba. DUh itu menggemaskan sekali

    ReplyDelete
  4. AKu juga sukaaa bawa environmental bags ke mana pun pergi mba. Malu rasanya Indonesia jadi penyumbang sampah plastik terbesar

    ReplyDelete
  5. Hihihi kok unik banget model tasini bag ini mbak. Meski sudah emak tapi kalau lihat yang unyu-unyu gini jadi mupeng deh. Salut dengan produk tasini ini, dapat membantu mengurangi sampah.

    ReplyDelete
  6. Aku juga sekarang bawa kantong belanja kalo ke supermarket. Sedih ya baca berita tentang Indonesia penyumbang sampah plastik kedua terbanyak di dunia, hikss

    ReplyDelete
  7. Kalau di Bogor, wajib banget bawa tas belanja karena swalayan nggak boleh nyediain kantong plastik. Semoga makin banyak yang peduli lingkungan.

    ReplyDelete
  8. Cukup Mahal juga ya harga tote bag . Ah mudah mudahan alfamart Ada program pengempulan stamp sehingga bisa lebih terjangkau.

    ReplyDelete
  9. Tasnya cakep banget! Alfa bisa aja deh kasih karakternya hewan2 lucu gini. Harganya terjangkau bikin pengen beli semuanya

    ReplyDelete
  10. Lucu banget ya tasnya tersembunyi dalam bentuk hewan, jadi pingin punya juga nih supay apraktis dibawa kemana-mana & mengurangi limbah plastik yang bisa bikin hewan laut tercemar. Langsung ke Alfa ah

    ReplyDelete
  11. Sengaja bentuknya hewan laut biar kita ingta kalau kita buang sampah platik sembarangan bisa melukai mereka ya?
    Tas ini di alfa cilebut blm ada moga bisa lekas masuk, pengen punya jg, bentuknya lucu gtu :D

    ReplyDelete
  12. Lah tasnya kok cantik banget, bukan cuman buat belanja kalo aku yg pake. Buat jalan2 aja m tetap keren kok

    ReplyDelete
  13. Tasnya lucu dan menggemaskan, Mba 😍. Menjaga lingkungan memang peer kita bersama yaa, Mba

    ReplyDelete
  14. Masya Allah, kirain cuma totebag biasa. Ternyata asalnya dari 2 botol plastik yang didaur ulang, yaa... Kerennn, pengen beliii, buat belanja ke tukang sayur. :)

    ReplyDelete
  15. Ini saya naksir banget sama tasnya. Makanya langsung ke Alfamart. Sayangnya di dekat rumah belum ada. Semoga penyebarannya lebih merata

    ReplyDelete
  16. Wah mantap nih unyuuu banget bagus jg inovasi utk ikut kontribusi menjaga lingkungan nya

    ReplyDelete
  17. Sungguh lucu banget. Saya mau beli buat koleksi semua deh. Sayang di Alfamart terdekat di Cianjur blm ada...

    ReplyDelete
  18. Aku sama suami lagi rasan-rasan mau usaha bag kayak gini mba hehehe
    soalnya sekarang alhamdulillah banyak yang menerapkan menjaga lingkungan
    jadi bahagia deh ya, seru ini eventnya ya Mba

    ReplyDelete
  19. Naksir aku mbaa ama tas dan desainnya yang lucu! Belum lagi warnanya yang segar dan tetep cakep dipake bepergian :)

    ReplyDelete
  20. Mbaaa ini kok lucu
    Duh Surabaya belum ada ini saat aku tanya ke Alfamart
    Bisa selamatkan bumi dengan langkah kecil ini

    ReplyDelete
  21. Aku pasti leleh kalau sama boneka yang imut imut gitu. Senang banget karena ternyata botol plastik tetep bisa di daur ulang ya. Paling enggak mengurangi sampah plastik yang memang harus jadi perhatian khusus.

    ReplyDelete
  22. Itu bentuknya lucu banget! Kok aku gak lihat di Alfamart dekat rumah, ya? Btw, aku sih kemana-mana bawa ransel. Jadi semua belanjaan pasti masuk ransel.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D