Sunday, July 21, 2019

...

Film Koboy Kampus, Kisah Unik Mahasiswa Menentang Orde Baru


Kalau ada yang bilang masa SMA adalah masa yang paling membahagiakan buat aku sih nggak ya. Masa yang paling membahagiakan adalah masa kuliah. Menjalani kuliah S1 selama 4 tahun dan S2 selama 2 tahun memberikan warna tersendiri.

Aku sampai punya genk cewe dengan nama unik lho. Saking kita sering hangout bareng, kerjain tugas bareng sampai main bareng. Menurutku hal itulah yang bikin kuliah jadi nggak membosankan.

Nah, ngomonin soal kuliah, kemarin aku baru aja nonton film Koboy Kampus. Film ini ngingetin aku sama serunya masa kuliah dulu. Walau keseruannya berbeda, tapi aku bisa tarik garis besarnya.


Jadi, film Koboy Kampus ini berlatar tahun 1990-an. Sebuah karya Pidi Baiq yang bercerita tentang kisahnya semasa kuliah dulu. Berawal dari kekecewaan ayah Pidi dan sahabat-sahabatnya akan kepemimpinan Pak Harto dulu, mereka memilih jalan sendiri dibanding harus berdemonstrasi.

Btw, pasti kamu penasaran deh, apa maksudnya Koboy Kampus? Tenang aja, sama kok. Aku juga tadinya ngga paham sama istilah itu, karena ternyata istilah itu memang populer di tahun 90an. Yang artinya mahasiswa yang nggak lulus-lulus hehe.

Saat PressCon, Ayah Pidi bercerita, dulu istilah ‘Koboy Kampus’ itu ngetrend di lingkungan Institut Teknologi Bandung (ITB), setelah The Panasdalam menyanyikan lagu dengan judul itu. Nah, kisah Koboy Kampus itu sendiri berasal dari pengalaman teman-teman ayah Pidi yang di DO (Drop Out) karena lebih banyak ngoboy daripada kuliah.

Sinopsis Koboy Kampus


Film ini dibuka dengan candaan lucu khas ayah Pidi. Yang udah nonton Dilan pasti paham deh, candaanya kaya apa. Lucu dan gemesin gitu hehehe.

Koboy Kampus, film bergenre komedi musikal ini bercerita tentang kisah Pidi Baiq pada masa kuliahnya di ITB, sekitar tahun 90an. Ia bersama kawan-kawan kuliahnya di Fakultas Seni Rupa ITB melakukan hal yang bisa dibilang cukup gila.

Bersama The PanasDalam Bank (grup musiknya), Ia mengkritisi pemerintahan Orde Baru. Mereka mendirikan sebuah negara fiktif bernama “Negara Kesatuan Republik The Panas Dalam”. Sumpah, namanya unik banget dan bikin ketawa.

Film yang diproduksi oleh 69 Production dan MNC Pictures ini menghadirkan Jason Ranti sebagai Pidi, Ricky Harun sebagai Ninuk, Bisma Karisma sebagai Deni, Miqdad Auddasy sebagai Dikdik dan David John Schaap sebagai Erwin.

Jadi, kalau kamu mau lihat ketampanan Miqdad dan Bisma, pas banget sih nonton film ini. Eh lupa, Ricky Harun juga nggak kalah manis dan cute hehe. Walau ini berlatar tahun 90an dan berkisah tentang kiritik terhadap orde baru tapi nggak serem dan menakutkan kok.

Malah kamu akan disuguhkan dengan kisah cinta yang ringan, lelucon receh tapi mengundang gelak tawa, dan juga lagu-lagu segar dari The Panasdalam Bank.

FYI, kemarin itu adalah kali pertama aku denger lagu-lagu The Panasdalam Bank lho. Lagu-lagunya ringan, memiliki makna mendalam dan juga easy listening. Ada beberapa yang aku suka. Terus juga liriknya nggak jarang mengundang tawa lho.

Aku pribasi sih, nyaranin kalau mau nonton film ini ajak keluarga. Ayah, Ibu, Kakak, Paman, Tante, Mantan juga boleh kalo mau. Biar kamu ada temen sharing. Dan biar mereka yang usiasnya diatas kita bisa jadi melodi memory zaman kuliah dulu deh hehehe.

So far, film Koboy Kampus ini menghibur banget. Sayang sih kalo kamu sampai nggak nonton. Makanya jangan lupa ke bioskop kesayangan kamu tanggal 25 Juli 2019 nanti yaaaa ^_^

No comments: