Sunday, October 22, 2023

...

Jangan Salah Pilih Jurusan: Yuk, Kenali Minat dan Bakat Anak Sejak Dini!

 


“Jangan salah pilih jurusan, karena bidang pendidikan yang kita ambil, itulah yang menentukan bidang karir dan pekerjaan kita ke depannya!” 

Sabtu lalu, aku berkesempatan mengisi zoom interaktif bersama Sinotif dengan tema, ‘Jangan Salah Pilih Jurusan, Kenali Minat dan Bakat Anak Sejak Dini’. Alhamdulillah, sesi tersebut berjalan lancar dan mendapatkan antusias yang luar biasa. Zoom ini dihadiri oleh orang tua, siswa dan juga calon siswa, nggak cuma dari Indonesia aja, ternyata ada juga peserta dari Singapore lho. 

Dalam sesi kemarin, aku menuangkan pemikiran, gagasan dan juga pengalamanku. Selain sebagai dosen, mantan mahasiswa, aku juga memiliki sudut pandang sebagai orang tua. Aku harap materi yang kusampaikan kemarin, bisa memiliki benang merah dan keterkaitan satu sama lain, sehingga menjadi solusi untuk siswa dan orang tua. 

Jangan Salah Pilih Jurusan, Kenali Minat dan Bakat Anak Sejak Dini! 




Aku dan Sinotif sepakat mengangkat tema ini, karena selain menarik, nyatanya masih banyak lho mahasiswa atau calon mahasiswa yang masih mengalami kesulitan dalam memilih jurusan. Sehingga rasanya perlu sebuah pembahasan yang mendalam, terkait permasalahan ini. 

Beruntungnya, Sinotif tidak hanya memfasilitasi zoom saja, tapi juga memberikan tes minat dan bakat secara gratis untuk peserta zoom yang hadir. Hasil tes tersebut tentunya bisa menjadi rujukan dalam menentukan jurusan ke depannya. 

Pasti banyak yang tanya deh, memang seberapa penting sih mengenali minat dan bakat anak? Jawabannya, tentu penting banget! Minat dan bakat anak perlu diketahui sejak dini, agar kita sebagai orang tua dapat mengoptimalkan proses perkembangan dan pembelajaran anak. Sehingga mereka bisa memilih baik itu pelajaran, jurusan dan bidang apa yang cocok untuk mereka ke depannya. 

Aku pribadi mengalami kok, masa-masa di mana aku kesulitan menentukan jurusan kuliah yang akan kuambil. Saat itu, aku ragu memilih Fisika, Matematika atau Bahasa Indonesia


Bahkan sesaat sebelum menyerahkan formulir pendaftaran, kolom jurusan belum aku isi. Tapi kemudian, aku membuat matriks sederhana, terkait mana di antara ketiga jurusan tersebut yang lebih aku sukai, lebih mudah aku jalani, dan bidang pekerjaan yang lebih mudah aku raih. Akhirnya berlabuhlah aku pada jurusan Bahasa Indonesia yang mengantarkanku pada profesi Dosen dan Content Creator saat ini. 

Berkaca dari pengalamanku, sebenarnya sekarang menentukan jurusan tidak sesulit dahulu, karena kita bisa mengikuti tes minat dan bakat dan juga mencari informasi sebanyak mungkin terkait pilihan jurusan yang akan kita ambil. Kuncinya adalah perbanyak riset! 

Lalu kapan sih, waktu yang tepat untuk tes minat dan bakat? Jawabannya adalah as soon as possible. Semakin cepat tes, tentu semakin baik. Dengan begitu, anak lebih mudah diarahkan, dan orang tua juga dapat memberikan stimulus yang tepat. 

Namun yang perlu digarisbawahi adalah, tes minat dan bakat ini dapat dilakukan berkali-kali jika dirasa diperlukan. Jadi, jika sudah pernah tes beberapa tahun lalu, dan ingin tes lagi tentu tidak masalah. 

Di sesi kemarin, ada orang tua yang kemudian menanyakan, langkah apa yang harus dilakukan jika hasil tes minat dan bakat sudah keluar? 

Jika orang tua pada umumnya, disibukkan dengan berbagai persiapan seperti keuangan, sekolah atau kampus idaman, aku rasa hal itu adalah hal teknis yang bisa dilakukan nanti. Yang paling utama dilakukan adalah, menyelaraskan goal antara anak dan orang tua. Dengan menyelaraskan goal ini, berbagai persiapan teknis akan lebih mudah dilakukan. 


Sebagai contoh, dari hasil tes minat dan bakat, anak dan orang tua sepakat memiliki goal menjadi seorang engineering. Nah dari sana, akan tersusun langkah apa yang kemudian dapat ditempuh oleh orang tua dan anak. Misalnya saja, meningkatkan nilai eksakta dengan mengikuti bimbel live interaktif bersama Sinotif. 

Buat yang ketinggalan zoom kemarin, bisa simak rangkumannya dalam Youtube Sinotif Official ya. Jangan lupa follow juga sosmed Sinotif, biar nggak ketinggalan updatenya! 



Sinotif Bantu Siswa Wujudkan Cita-Cita 


Kalau ngomongin soal minat dan bakat siswa tentunya seiring sejalan dengan cita-cita. Menurutku, apapun cita-cita anak kita kelak, memiliki prestasi di sekolah tetaplah sebuah jalan yang harus kita optimalkan. 

Karena itu, nggak ada salahnya kita optimalkan prestasi anak di sekolah terutama dalam bidang eksakta yang memang memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dengan mengikuti bimbel rasa tatap muka, Sinotif. 


Yes, Sinotif merupakan bimbingan belajar yang fokus pada 3 pelajaran eksakta yaitu bimbel Matematika, Fisika, Kimia yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun (berdisi sejak 25 Maret 2000). Di tahun 2020 kemarin, Sinotif membuka kelas secara online dan telah melayani ribuan siswa dari berbagai kota di Indonesia dan 13 negara. 

Fyi, metode pembelajaran Sinotif ini terbukti berhasil meningkatkan nilai siswa, melalui pengalaman dan continuous improvement lebih dari 20 tahun lho, yaitu: 



  • SPECIALIZED Belajar dengan guru-guru yang ahli di bidangnya. Siswa dibimbing oleh tiga guru spesialis matematika, fisika dan kimia yang ahli dan tersertifikasi khusus. 
  • PERSONALIZED Fokus pada kebutuhan. Siswa mendapatkan layanan personal sesuai kebutuhan dan target belajar yang diinginkan. Catatan dan laporan belajar dikirimkan setiap selesai sesi belajar. 
  • SYSTEMIZED Belajar jadi mudah dan efektif. Siswa mendapatkan modul soal yang sistematis dengan kombinasi gaya belajar linear dan global untuk memudahkan pemahaman konsep. 
  • LIMITLESS Layanan 24 jam nonstop. Akses website e-learning untuk belajar mandiri melalui seratusinstitute.com dan tanya soal secara instan dengan aplikasi Tanya Jawab Soal -- kapan pun, di mana pun. 

Sekarang, biar nggak salah pilih jurusan, jangan ragu untuk tes minat dan bakat, rajin-rajin riset serta maksimalkan prestasi di sekolah ya! ^_^




No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D