Friday, October 28, 2022

...

Karena Satu Menit Sangatlah Berharga, Bila Stroke SeGeRa Ke RS!

 


Makin ke sini jadi makin sadar kalau kesehatan itu mahal harganya. Yup, semakin bertambahnya usia makin bertambah juga nih, penyakit yang harus kita waspadai. Beda banget dengan waktu kecil dulu ya, bisa mandi hujan rasanya bahagia, eh sekarang kena hujan dikit aja udah masuk angin bawaannya. 

Salah satu penyakit yang harus kita waspadai adalah Stroke. Duh kalo ngomingin soal stroke rasanya udah serem aja ya. Habis gimana dong, menurut data yang ada stroke menjadi salah satu masalah utama kesehatan, bukan hanya di Indonesia tapi juga dunia. Bahkan, stroke merupakan penyebab kematian kedua dan penyebab kecacatan ketiga di dunia lho. 

Stroke, Kenali Lalu Hindari! 



Stroke termasuk penyakit kardiovaskuler yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah dan masalah jantung. Penyempitan itu menyebabkan aliran darah ke otak terhambat. Akibatnya, fungsi organ vital itu terganggu, baik fungsi untuk berpikir dan mengatur sistem motorik. 

Stroke terjadi apabila pembuluh darah otak mengalami penyumbatan atau pecah yang mengakibatkan sebagian otak tidak mendapatkan pasokan darah yang membawa oksigen yang diperlukan sehingga mengalami kematian sel/jaringan. 

Fyi, prevalensi stroke menurut data World Stroke Organization menunjukkan bahwa setiap tahunnya ada 13,7 juta kasus baru stroke, dan sekitar 5,5 juta kematian terjadi akibat penyakit stroke. Umumnya sekitar 70% gejala stroke ringan bisa hilang kurang dari 10 menit atau 90% akan hilang kurang dari empat jam bila segera mendapatkan penanganan yang tepat. 

Masa Golden periode penyakit stroke adalah 8 jam sejak muncul gejala. Namun 80% masyarakat Indonesia belum mengetahui gejala penyakit stroke. Akibatnya masyarakat, sering terlambat membawa penderita stroke berobat ke RS. 

Yuk, kenali tanda dan gejala stroke sejak dini dengan SEGERA KE RS!



  • SEnyum tidak simetris 
  • GErakan tangan dan kaki menjadi lemah 
  • bicaRA menjadi pelo/sulit bicara/bicara tidak nyambung/ tidak mengerti kata-kata. 
  • KEbas/baal-baal sesisi tubuh. 
  • Rabun/gangguan penglihatan, 
  • Sakit kepala hebat yang muncul tiba-tiba dan tidak pernah dirasakan sebelumnya, gangguan fungsi keseimbangan seperti terasa berputar, gerakan sulit koordinasi. 


Penanganan Pertama Stroke: SEGERA KE RS 



Setelah mengenali gejala stroke, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, menyampaikan pesan. Jika kita atau keluarga mengalami salah satu atau beberapa gejala stroke yang telah dijabarkan di atas, maka langkah pertama yang bisa dilakukan hanyalah SEGERA KE RS. 

Percayalah, tidak ada yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki keadaan penderita stroke selain segera membawanya ke rumah sakit. Kenapa? Karena satu menit bagi penderita stroke sangatlah berharga. Dan penyakit stroke hanya bisa ditangani oleh ahlinya. Sehingga penanganan pertama yang paling tepat untuk dilakukan saat terserang stroke adalah SEGERA KE RS. 

Dengan segera ke rumah sakit, maka penderita stroke akan mendapatkan tindakan yang cepat dan tepat oleh dokter professional, sehingga bisa tertangani dengan baik. Lebih lanjut Pak Menkes berpesan, karena itu lebih baik jangan sampai kita terkena stroke. Karena stroke memiliki risiko kematian yang cukup tinggi dan juga dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya. 

Untuk kamu yang masih sehat, tak perlu khawatir berlebih, karena sebenarnya stroke ini bisa dicegah dengan mengendalikan faktor risikonya yaitu tekanan darah yang tinggi, gula darah yang tinggi, diet yang tidak sehat, merokok dan kurang aktifitas fisik. Jadi, ya intinya jalankan gaya hidup sehat ya. 

Kementrian Kesehatan RI juga telah melakukan berbagai upaya pencegahan dan pengendalian penyakit kardioserebrovaskular ini, di antaranya seperti upaya promotif, edukasi, preventif, kuratif dan rehabilitative. Berbagai upaya ini terus dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya stroke dan bagaimana pencegahannya. 

So, yuk mulai saat ini jalankan pola hidup sehat, hindari berbagai pemicu stroke. Dan jika memang (amit-amit) ada keluarga kita yang terserang stroke, SEGERA KE RS ya! Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan! ^_^


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D