Monday, October 17, 2022

...

Hati- Hati! Sekarang Banyak Beredar Isi Galon Mudah Dipalsukan


 
Sebagai seorang ibu rumah tangga, jujur rasanya sedih sekaligus khawatir mendengar berita yang marak beredar terkait isi galon mudah dipalsukan. Hal ini tentu nggak boleh disepelekan. Karena kalau kita sampai salah beli, risiko kesehatan keluarga yang jadi taruhannya. 

Kalau soal kesehatan keluarga tentu nggak boleh sembarangan ya. Setiap ibu rumah tangga, pasti menginginkan seluruh anggota keluarganya sehat dan memiliki tumbuh kembang yang optimal. Karena itu penting bagi ibu rumah tangga untuk jadi konsumen cerdas dan terus mengupdate diri terkait berbagai isu yang beredar. 

Nah, berikut ini adalah lima fakta terkait isi galon mudah dipalsukan yang wajib para Moms tahu! 

1. Kronologi Penangkapan dan Modus Isi Galon Palsu 
Bicara soal isi galon mudah dipalsukan, Alhamdulillah aparat kepolisian berhasil meringkus para pelaku pemalsuan atau pengoplosan AMDK galon isi ulang dengan cara membuka tutupnya, mengisi isinya dengan air yang tak jelas sumbernya, kemudian menutup kembali tanpa ada lecet sedikitpun. 

Dikutip dari suara.com, kejadian ini berawal dari aparat kepolisian yang sedang berpatroli, lantas melihat adanya kegiatan yang mencurigakan, kemudian anggota kepolisian memeriksa langsung dan mendapati adanya kegiatan pemalsuan isi galon. Tanpa menunggu lama, pelaku tersebut segera diamankan dan dan dijerat Pasal 62 ayat 1 dan Pasal 8 ayat 1 huruf a dan d Undang-undang Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan. 

Ternyata modus yang digunakan pelaku adalah dengan membuka tutup galon asli dengan menggunakan alat kemudian mengisi galon tersebut dengan air yang lain, lalu ditutup kembali dengan tutup galon asli tersebut. Galon palsu tersebut kemudian mereka distribusikan ke toko dan warung-warung. 

Nggak tanggung-tanggung lho, dari kasus ini pelaku mendapat keuntungan hingga Rp. 28 juta per bulan, sedangkan kita sebagai konsumen tentu sangat dirugikan terutama dari sisi kesehatan ya. Karena tentu nggak ada jaminan terkait isi dan kehigienisan dari air galon palsu tersebut. 

2. Bahaya Isi Galon Palsu 
Dari kronologi kasus tersebut, satu hal yang harus kita sadari adalah pentingnya keaslian AMDK yang kita konsumsi sehari-hari. Air galon yang asli tentulah telah melalui proses yang cukup panjang sehingga aman dan higienis untuk kita konsumsi. Sedangkan isi galon palsu sangat tidak terjamin kehigienisannya. 

Jika isi galon palsu ini kita konsumsi, tentu berdampak buruk bagi kesehatan kita dan seluruh anggota keluarga. Terlebih jika (amit-amit) galon palsu yang kita konsumsi mengandung bakteri E.coli

Yup, infeksi bakteri Escherichia colli (E.coli) adalah infeksi yang dapat terjadi akibat air minum atau makanan yang kita konsumsi terkontaminasi bakteri tersebut. Bakteri ini umumnya ditemui pada sayuran mentah dan daging yang tidak matang, namun tidak menutup kemungkinan juga terdapat pada air minum. 

Walau kebanyakan bakteri jenis E.coli ini tidak berbahaya dan hanya menyebabkan diare ringan, tapi beberapa jenis tertentu dapat menyebabkan infeksi usus serius yang mengakibatkan diare, sakit perut dan demam. 

Tidak hanya ancaman bakteri E.Coli saja, air yang tidak higienis kemungkinan besar juga tercemar mikroorganisme hidup lainnya seperti parasit, bakteri dan juga logam berat sehingga berisiko menimbulkan beberapa penyakit seperti kolera, disentri, tifoid, bahkan polio. 

3. Isi Galon Palsu dapat Menghambat Tumbuh Kembang Anak 
Air minum yang terdapat pada isi galon palsu tidak hanya dapat mengganggu kesehatan saja, tapi juga dapat menghambat tumbuh kembang anak. Kenapa demikian? 

Karena sistem pencernaan merupakan otak kedua pada anak. Dapat dikatakan bahwa saluran pencernaan terutama usus memiliki hubungan komunikasi yang erat dengan otak sehingga bisa mempengaruhi kondisi emosi serta tumbuh kembang anak. 



Jika sistem pencernaan anak terganggu akibat kurang higienisnya air yang dikonsumsi, maka akan mengakibatkan terganggunya tumbuh kembang serta kecerdasan anak, seperti kemampuan berpikir, kekebalan tubuh dan kondisi emosionalnya. 

Terlebih jika anak memiliki riwayat alergi atau sistem pencernaan yang sensitif tentu dampak negatifnya akan lebih besar lagi. Sebagai seorang ibu, aku menyadari betul akan hal ini karena kedua anakku memiliki riwayat alergi sehingga pemilihan air minum di rumah menjadi prioritas utama. 

4. Himbauan untuk Produsen AMDK 
Isu yang beredar terkait pemalsuan galon ini sudah mendapatkan respon dari YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia), yang terus menghimbau masyarakat agar berhati-hati terkait dengan galon palsu yang beredar. 

Pengurus Harian YLKI, Eliyani mengatakan, pelaku bisnis galon dan botol air mineral palsu sudah tahu cara membuat galon dan botol serta segel merek ternama terlihat seperti baru. Karena itulah, produsen air mineral harus mencegah kasus pemalsuan ini terjadi. Salah satu tindakan pencegahan pemalsuan air mineral yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan teknologi perlindungan kemasan dengan menggunakan segel agar tidak mudah dipalsukan. 



5. Tips Agar Terhindar dari Isi Galon Palsu 
Sadar akan hal ini, tentu penting bagi kita menjadi konsumen cerdas dan bijak memilih mana sih air minum yang asli dan sehat untuk kita konsumsi. Tapi jujur lho, melihat dari kasus ini rasanya cukup sulit untuk membedakan mana yang asli, kecuali hanya dari rasa air. 

Umumnya galon palsu memiliki warna air yang agak keruh. Jadi sebelum membeli baiknya sedikit dikocok terlebih dahulu, jika ditemukan perbedaan warna maka sebaiknya jangan dikonsumsi. 

Selain itu, kita juga bisa mengetahui dari aroma air yang terdapat dalam galon. Yup seperti kita tahu bersama, air mineral umumnya tidak memiliki bau apapun. Sedangkan air dalam kemasan galon palsu, bisa saja memiliki aroma yang aneh atau kurang sedap. 

Kalau soal rasa, air dalam kemasan galon palsu biasanya memiliki rasa yang berbeda, seperti ada sensasi kesat, tidak segar dan tidak enak. Kalau sudah begini, tentu kita harus waspada dan jangan lanjut mengkonsumsinya ya! 

Namun dari berbagai informasi yang aku baca, kita bisa membedakan mana yang asli dan palsu dengan melihat ciri fisik galonnya lho. Sebelum membeli wajib bagi kita untuk memeriksa bagian tutup kemasan galon. 

Idealnya dalam tutup galon asli terdapat tanggal kadaluarsa dan izin produksi, serta angka register yang sesuai dengan nomor di bagian badan maupun leher galon. Nah, apabila ada perbedaan nomor register atau tidak terdapat izin produksi, bisa dipastikan galon tersebut adalah palsu. 

Kalau aku pribadi sih biasanya, membeli air minum kemasan galon di tempat terpercaya dengan penyimpanan yang baik, seperti minimarket, supermarket atau agen dan gerai resmi. Dan selalu memastikan galon yang dibeli dalam keadaan baik, tidak kotor, bocor, ataupun berubah warna, serta pastikan kemasan galon tersegel baik sehingga tidak mudah dipalsukan. 

Selain lima point di atas, ada hal penting lainnya yang juga jadi catatan masyarakat terkait kenyataan di lapangan yaitu bisa saja tutup galonnya asli, namun isinya oplosan karena adanya alat untuk membuka dan menutup tutup galon tanpa cacat. Hal ini berakibat sulit bagi kita membedakan mana yang asli dan mana yang palsu secara kasat mata, karena galon oplosan tersebut ‘terlihat asli dan tidak rusak’. 

Meski produsen galon telah memberikan solusi dengan meminta pelanggan melihat kode galon di web resmi dan menyamakan kodenya di tutup dan badan galon. Nyatanya kode tersebut agak kecil dan samar, jadi cukup sulit untuk dilakukan. 

Selain itu, ya bisa saja kodenya sama namun isi berbeda karena telah dioplos oleh pedagang nakal. Selain membeli di tempat terpercaya seperti mini market dan agen resmi, baiknya kita juga pilih produk galon yang tutupnya benar-benar tersegel dengan benar dan cari kemasan yang isinya bisa terlihat dengan jelas, supaya yakin kalau galon tersebut memiliki tutup dan isi yang asli. 

Yang wajib aku ingatkan: ini bukan tentang tutup galon palsu tetapi isinya yang mungkin oplosan/palsu. Kok bisa? bisa saja karena galon dan tutup asli itu ternyata mudah sekali dibuka dan ditutup kembali dengan sempurna menggunakan alat oleh oknum tertentu. Kalau tutupnya mudah dibuka dan ditutup seperti itu yah sudah tentu isinya jadi dipertanyakan: apakah masih asli atau bisa jadi sudah dioplos. 

Semoga dengan mengetahui dan memahami hal ini, tentu membuat kita jadi konsumen cerdas dan tidak lagi terjebak isi galon palsu ya (ingat: ISI GALON-nya yah bukan tutup galon palsu !) Sebagai konsumen yuk harus lebih hati-hati, supaya kita tidak menjadi konsumen yang tertipu karena yang digunakan adalah galon merk terkenal yang sudah lama ada di Indonesia. 

Semoga brand air minum kemasan galon, pemerintah, dan juga instansi terkait dapat bekerjasama dalam mencegah dan mengatasi kasus pemalsuan ini. 

Yuk, jadi konsumen cerdas dengan tidak lagi terjebak isi galon palsu yang beredar! ^_^ 


Sumber berita:
suara.com/lifestyle/2022/07/29/094140/heboh-pemalsuan-galon-isi-ulang-mengapa-bisa-terjadi

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D