Tuesday, October 18, 2022

...

5 Tips Seru Tingkatkan Prestasi Belajar Anak

 


Ngerasa nggak sih, semenjak pandemi kemarin kemampuan akademik anak jadi menurun? Kalo ada yang sama toss Moms, kita senasib. 

Jujur, agak kaget deh waktu semester lalu ambil raport anakku, Raisha. Kok nilai-nilainya turun banget. Padahal sebelumnya selalu peringkat empat besar lho di kelas. 

Sebenarnya, bukan hanya Raisha sih yang mengalami penurunan akademis seperti ini. Hampir semua teman Raisha pun sama. Bahkan kalau aku lagi ngobrol sama mommies lainnya, mereka juga kerap curhat perihal masalah yang sama. Yes, anak yang semakin menurun nilai dan kemampuan belajarnya. 

Kalau sudah begini lantas kita sebagai orang tua harus bagaimana dong? 

Tenang Moms, ada beberapa tips yang saat ini sedang aku terapkan, dan Alhamdulillah cukup berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar Raisha di sekolah. Berikut ini tipsnya ya! 

1. Ciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan 
Cara menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan bagi tiap anak bisa berbeda-beda. Namun, umumnya suasana belajar yang nyaman bisa diciptakan dengan membersihkan meja belajar dari semua barang yang tidak menunjang proses belajar. 

Selain itu, orang tua harus meminimalisir suara atau hal-hal yang dapat mendistraksi anak. Biar makin nyaman, kita juga bisa menggunakan air humidifier atau alat penjernih udara agar udara kamar menjadi lebih segar. 

2. Fokus belajar mata pelajaran yang belum dikuasai terlebih dahulu 
Setiap anak pasti deh memiliki mata pelajaran yang dikuasai dengan baik dan ada juga mata pelajaran yang kurang dikuasai. Contohnya saja Raisha menguasai mata pelajaran Sains dan kurang menguasai mata pelajaran Matematika. 

Nah, untuk bisa meningkatkan prestasi belajar Raisha, aku memfokuskan pada mata pelajaran Matematika terlebih dahulu. Setelah Raisha cukup menguasai materi pelajaran Matematika, baru kemudian memperdalam mata pelajaran yang lainnya. 

3. Ubah Metode Pembelajaran Jadi Lebih Menarik 



Aku pribadi berusaha untuk mengubah metode pembelajaran menjadi lebih menarik, seperti membuat mini games. Yup, belajar juga bisa lewat permainan lho. Jadi, sebagai orang tua kita harus menyadari bahwa dunia anak memang bermain. 

Dan belajar, tidak melulu harus berhadapan dengan buku. Hal paling menarik adalah kita bisa menggunakan banyak media dan cara sebagai metode pembelajaran. Bahkan menurut Psikolog Anak Evangeline I. Suaidy, M.Si, sebaiknya orang tua jangan melarang anak untuk bermain, karena dalam batas normal dan seimbang, permainan justru punya dampak positif untuk anak. 

4. Beri reward saat anak mengalami peningkatan belajar 
Nah, moms satu hal paling menarik dan tidak boleh kita lupakan yaitu memberikan rewad saat anak mengalami peningkatan dalam belajar. Hal ini sebagai bentuk apresiasi kita terhadap usaha yang telah dilakukan anak dalam belajar. 

Rewardnya tidak harus menunggu anak meraih ranking 1 lho. Kita bisa memberikan reward saat anak mendapatkan nilai yang lebih baik dari semester lalu. Dan reward yang diberikan tidak melulu harus sesuatu yang besar. 

Aku pribadi menerapkan itu pada Raisha, jika ia pintar dalam belajar dan mengalami peningkatan, kami sering pergi ke kedai es krim untuk sekedar menikmati es krim favoritnya. 

5. Gunakan properti pendukung dalam belajar 
Biar belajar tidak terkesan membosankan, kita sebagai orang tua juga bisa menggunakan berbagai properti pendukung dalam belajar. Hal itu berguna untuk mempermudah anak dalam memahami materi pembelajaran. 

Dalam mengajari Raisha, kadang aku menggunakan properti yang tersedia di rumah, seperti sabun, air, lilin, dan lain sebagainya untuk praktik sains yang kami lihat tutorialnya dari Youtube. Yes, hal paling menarik dengan adanya kemajuan teknologi dan internet untuk pelajar, adalah meningkatkan prestasi belajar anak tidak sesulit dulu. 

IndiHome, Internet untuk Pelajar Bantu Tingkatkan Prestasi Anak 




Hal paling menarik semenjak ada internet adalah belajar jadi lebih mudah. Terlebih di pandemi kemarin, di mana pembelajaran berlangsung via online. Beruntungnya, sudah sejak lama aku berlangganan IndiHome jadi tak pernah kesulitan dalam belajar dan bekerja dari rumah. 

Btw, tahu nggak sih kalau IndiHome, internet provider dari Telkom Group, memberikan layanan internet untuk pelajar yang khusus bagi siswa dan guru dalam mendukung pembelajaran jarak jauh. 

Melalui internet untuk pelajar, kita bisa bebas mengakses layanan digital learning yang berisi berbagai video pembelajaran, latihan soal beserta ulasan jawabannya dan materi lengkap mulai dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK. 

Semua ini adalah bentuk komitmen IndiHome yang berharap internet untuk pelajar dapat membantu seluruh anak didik di Indonesia agar dapat terus meningkatkan prestasi belajarnya dengan kehadiran internet.


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D