Saturday, October 8, 2022

...

Terbebas dari Nyeri Trigeminal Neuralgia dengan MVD di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional

 


Pernah nggak sih kamu merasakan sakit atau nyeri yang teramat sangat, sampai rasanya mau mati saja? Jika belum pernah, kita wajib bersyukur lho. Tandanya, Allah masih melindungi kita dari bahaya Trigeminal Neuralgia. 

Penyakit Trigeminal Neuralgia ini baru aku ketahui ketika menghadiri acara Blogger Gathering, Trigeminal Neuralgia Awarness Day 2022, di RS Pusat Otak Nasional beberapa waktu lalu. 

Acara ini dihadiri oleh dokter spesialis bedah saraf RS PON yaitu dr. Adi Sulistyanto, SpBS. FINPS dan dr. Mustaqim Prasetya, SpBS. FINPS serta penyintas Trigeminal Neuralgia, yaitu Bapak Abdullah dan Ibu Novita. Mendengarkan pemaparan dan sharing dari mereka, banyak sekali insight yang aku dapat soal penyakit ini. 

Ternyata Trigeminal Neuralgia bisa dialami oleh siapa saja, terutama mereka yang memiliki faktor risiko berupa usia > 40 tahun dengan riwayat hipertensi atau pembuluh darah dengan aterosklerosis. 

Apa sih Trigeminal Neuralgia itu? 



Trigeminal Neuralgia adalah nyeri yang sangat hebat pada sebagian wajah yang disebabkan oleh adanya kerusakan atau penekanan pada saraf trigeminal. Rasa nyeri yang sangat hebat ini membuat penderitanya sulit beraktivitas bahkan bisa menurunkan kualitas hidup. 

Penyakit ini juga kerap disebut dengan Suicide Disease karena bisa membuat penderitanya ingin melakukan bunuh diri akibat tidak kuat lagi menahan siksaan nyeri hebat yang luar biasa. 

Mungkin dari kita banyak yang bertanya-tanya, bagaimana sih cara membedakan Trigeminal Neuralgia dengan nyeri biasa? Menurut dr. Mustaqim, nyeri luar biasa akibat Trigeminal Neuralgia ini secara karakteristik hanya terjadi pada salah satu sisi wajah saja. Kanan saja atau kiri saja. 

Lebih lanjut beliau memaparkan tentang gejala nyeri pada Trigeminal Neuralgia, yaitu: 
  • Nyeri seperti kesetrum, disayat benda tajam, ditusuk. 
  • Terasa di area wajah sesuai dengan cabang saraf trigeminal, yaitu dahi, mata, dan dagu. Bisa pada sebagian atau keseluruhan daerah setengah wajah. 
  • Aktivitas mengunyah, minum, mencukur jenggot, memakai make up, minum, gosok gigi, berbicara, terkena angin dingin, tertawa dan lainnya, dapat memunculkan nyeri luar biasa 
  • Bisa berlangsung berhari-hari, minggu dan bahkan berbulan-bulan lamanya. 
  • Nyeri dapat juga terasa tumpul dan menetap (jenis atipikal). 
  • Umumnya terasa hanya di salah satu sisi wajah. 

Lalu bagaimana solusinya? 

Jangan Hanya Berdiam Diri, Segera Lakukan Pemeriksaan Menyeluruh! 




Sebenarnya, Trigeminal Neuralgia ini tidak menyebabkan kematian, namun karena rasa nyeri luar biasa yang ditimbulkan, membuat penderitanya sulit sekali beraktivitas, terlebih jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat. 

Walau tidak bersifat fatal, nyeri hebat yang ditimbulkan juga dapat berdampak buruk terhadap kualitas hidup sehingga bisa saja mengakibatkan turunnya berat badan, mengisolasi diri dan depresi. 

Jika kamu atau bahkan keluarga sering mengalami gelaja seperti Trigeminal Neuralgia, baiknya segera konsultasikan ke RS PON. Karena RS PON memiliki layanan terpadu dan lengkap dari berbagai dokter spesialis yang berpengalaman, meliputi dokter ahli bedah saraf dan dokter gigi, pemberian terapi yang diawali dari obat, terapi non-bedah hingga tindakan bedah mikro. 

Sembuh dengan MVD di RS PON 




Bersyukur rasanya kini teknologi sudah semakin maju, sehingga Trigeminal Neuralgia dapat segera diatasi. RS PON sendiri menyediakan layanan kesehatan mulai dari pemeriksaan menyeluruh hingga Micro Vaskular Decompression (MVD). 

MVD adalah operasi bedah saraf minimal invasif, yang bertujuan untuk menghilangkan tekanan langsung pada saraf trigeminal, sehingga nyeri yang dirasakan pasien langsung hilang sesaat setelah operasi. 

Bahkan MVD di RS PON juga sering disebut The Happy Surgery lho, karena tingkat keberhasilan yang tinggi, minim risiko, dan dapat memberikan kesembuhan jangka panjang pada pasien. Lepas operasi, pasien dan keluarga langsung happy deh! 



Di acara kemarin, Bapak Abdullah dan Ibu Novita, sebagai penyitas Trigeminal Neuralgia ini juga menceritakan pengalamannya. Bagaimana nyeri luar biasa yang dialami, benar-benar membuat mereka frustasi. Bayangkan saja, kena angin sedikit atau buka mulut untuk makan dan minum rasa sakitnya luar biasa. 

Bahkan Pak Abdullah nyaris ingin menabrakan dirinya saat berkendara karena tidak tahan dengan rasa nyeri yang diderita. Beruntungnya, Pak Abdullah dan Bu Novita segera melakukan pemeriksaan menyeluruh di RS PON hingga akhirnya mendapatkan tindakan MVD. 

Kini, Pak Abdullah dan Bu Novita, serta penyintas Trigeminal Neuralgia lainnya benar-benar merasa bahagia karena terbebas dari nyeri luar biasa yang sebelumnya mereka alami. Itulah dua dari banyak kisah membahagiakan lainnya, yang sembuh dengan MVD di RS PON. 

Nah, berikut ini adalah kelebihan dari MVD, The Happy Surgery’ RS Pusat Otak Nasional: 
  • Dilakukan oleh tim dokter spesialis bedah saraf yang berpengalaman dalam menangani kasus trigeminal neuralgia. 
  • Hanya memerlukan sayatan kecil di belakang telinga 
  • Dipandu dengan Intraoperative Monitoring (IOM) yang dilakukan oleh spesialis saraf ahli neurofisiologi untuk mencegah kemungkinan terjadinya komplikasi. 
  • Menggunakan alat canggih navigasi 3D untuk perencanaan pra-bedah dan panduan saat pembedahan agar tepat sasaran dan mencegah terjadinya risiko yang tidak diinginkan sehingga tingkat keberhasilan tindakan menjadi lebih optimal. 
  • Masing-masing perangkat berteknologi yang digunakan selama proses MVD berlangsung, dimonitor oleh tim dokter yang kompeten. 
  • Bedah mikro ini dapat membebaskan saraf trigeminal yang tertekan oleh pembuluh darah sehingga dapat menghilangkan nyeri. 

Pulang dari Blogger Gathering Trigeminal Neuralgia Awarness Day, aku jadi semakin mensyukuri anugerah kesehatan yang telah Allah berikan. Selain itu, aku juga semakin menyadari bahwa di luar sana banyak yang sedang berjuang melawan nyeri yang mereka derita. 

Jika kamu atau keluarga mengalami hal-hal yang telah aku jabarkan sebelumnya, jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan menyeluruh. Karena kini, sembuh dengan MVD adalah harapan nyata bagi pasien Trigeminal Neuralgia. 



RS Pusat Otak Nasional 
Jl. Letjen M.T. Haryono No.Kav.11, RT.1 RW.6, Cawang, Kec. Kramat Jati, Jakarta Timur, JAKARTA 13630 
Mobile: 0821 2381 7200


No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D