Monday, April 25, 2022

...

Halal Lifestyle Jadi Pondasi Indonesia Sehat dan Kuat

 


Industri halal tengah menggeliat di Indonesia. Hampir semua produk berbondong-bondong mengeluarkan halal series, atau mendapatkan sertifikasi Halal dari MUI. Bahkan bukan hanya produk minuman, makanan atau obat-obatan, tapi juga pembersih dan kosmetik. Esensi halal seperti sudah mendarah daging di masyarakat. 

Inilah yang kemudian dijadikan modal berbagai brand sebagai media mereka menggaet selera pasar. Yup, akupun menyadari dan agak takjub ketika berbagai iklan di televisi lebih mengedepankan logo halal produknya dibanding knowledge produk itu sendiri. 

Tren #gayahiduphalal semakin populer di masyarakat beberapa tahun terakhir. Meningkatnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup halal ini didasari bahwa halal lifestyle memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. 

Hal ini tentunya sejalan ya dengan gaya hidup halal yang mengedepankan kebersihan, kesehatan, keamanan, serta membuat kondisi jasmani dan rohani individu semakin terjaga. 



Bahkan, berdasarkan data Global Islamic Economy Report 2020/2021 bahwa konsumsi produk halal Indonesia pada tahun 2019 mencapai US$144 miliar yang menjadikan Indonesia sebagai konsumen terbesar di sektor ini. 

Tingginya potensi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta meningkatkan peran industri halal agar mampu memberikan kontribusi yang lebih besar untuk pertumbuhan ekonomi nasional. 

Gaya Hidup Halal Pondasi Indonesia Sehat dan Kuat 




Dalam webinar Gaya Hidup Halal Pondasi Indonesia Sehat dan Kuat yang aku saksikan kemarin, aku jadi tahu nih, kalau tren gaya hidup halal sangat memperhatikan standar kelayakan, kebersihan, dan efek fungsionalnya bagi manusia. Jadi, saat seorang muslim menerapkan gaya hidup halal dalam kesehariannya pasti membutuhkan barang konsumsi dan barang guna yang halal dan thoyyib. 

Ya, contohnya saja ketika mengonsumsi makanan halal, tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang baik dan cukup, pikiran pun tenteram karena paham bahwa semua hal yang digunakan atau dikonsumsi merupakan produk yang aman dan berkualitas. 

Dalam webinar tersebut, Vice Chairwoman Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC), Jetti Rosila Hadi mengatakan, produk halal yang sebelumnya dilihat hanya sebagai kebutuhan bagi masyarakat muslim, kini berkembang menjadi bagian gaya hidup dengan nilai kebaikan dan menjadi tren perdagangan global lho. 

Terlebih dengan adanya lembaga yang mengatur proses sertifikasi halal, dalam hal ini BPJPH, tentu akan mempermudah masyarakat untuk mengakses produk-produk halal. Apalagi saat ini konsumen produk halal bukan hanya masyarakat muslim, tapi juga masyarakat yang memprioritaskan jaminan bersih, aman, dan sehat dari produk yang bersertifikat halal. 

Di kesempatan yang sama, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia, Muhammad Aqil Irham juga menyampaikan bahwa untuk menjamin kehalalan produk, perlu dilakukan sertifikasi dan standarisasi. Penilaian halal tidaknya produk dan jasa dilihat dari semua prosesnya, mulai dari hulu ke hilir. Jadi nggak sembarangan ya! 

Saat ini, sertifikasi halal juga menjadi fenomena perdagangan dunia lho. Kehadiran sertifikasi halal memberikan pengesahan bahwa sebuah produk aman, higienis, dan layak konsumsi. Kepastian seperti ini yang membuat kita sebagai konsumen semakin percaya. 

Hal itulah yang selalu dikedepankan oleh Danone. Head of Regulatory Affairs Danone Indonesia, Prima Sehanputri menjelaskan bahwa jaminan halal bagi konsumen merupakan prioritas Danone Indonesia. 

Danone Indonesia Prioritaskan Jaminan Halal untuk Konsumen 




Sebagai perusahaan yang menyediakan produk hidrasi dan nutrisi, #DanoneIndonesia berupaya menyediakan kehidupan yang sehat sebagai pondasi dari kesehatan jangka panjang dengan mengikuti standar mutu halal, keamanan pangan dan lingkungan. 

Selama ini, unit produksi Danone Indonesia telah menjalankan Proses Produk Halal (PPH) dan juga memastikan bahwa penggunaan bahan baku yang digunakan dalam proses produksi telah memiliki sertifikat halal. Selain itu, proses pengolahan, pengemasan produk yang dihasilkan, hingga aktivitas pendistribusian produk juga dilakukan dengan memenuhi standar kehalalan. 

Danone Indonesia juga telah mencantumkan label halal pada kemasan produk-produk. Dan terus berkomitmen menghadirkan produk dan layanan yang berkualitas dan mendukung pemerintah mewujudkan ekosistem halal dengan mendorong adopsi gaya hidup halal di masyarakat. 

Danone Indonesia berperan aktif untuk mengembangkan ekosistem halal, baik dalam memenuhi kebutuhan gaya hidup halal konsumen, mendukung kegiatan kampanye yang berkaitan dengan kehalalan yang dilakukan BPJPH, maupun mendorong masyarakat dalam menerapkan gaya hidup halal yang bersih dan sehat. 



Di bulan Ramadan ini Danone mengajak keluarga Indonesia untuk dapat mulai menerapkan gaya hidup yang baik, seperti gaya hidup halal, terutama dalam memenuhi kebutuhan hidrasi dan nutrisi keluarga. 

Sebagai konsumen setia Danone, aku sih nggak khawatir karena produk-produk Danone Indonesia telah teruji kehalalan dan keamanannya dengan adanya sertifikat halal dari BPJPH. Hal ini diperkuat dengan produk-produk Danone Indonesia telah mendapat halal award yang diselenggarakan oleh LPPOM MUI untuk kategori top brand maupun nutrisi untuk ibu dan anak lho. 

Yuk, jadikan halal sebagai gaya hidup kita, agar lebih sehat, kuat dan berkah!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D