Thursday, March 31, 2022

...

Rahasia Gali Potensi Diri untuk Berkreasi di Masa Sulit A la Coach Komang Ayu

 


Setuju ya, kalau pandemi ini mengajarkan kita banyak hal, mulai dari kesabaran sampai keikhlasan. Kesehatan terganggu, aktivitas ekonomi terhenti, sampai kepergian orang-orang terkasih, yang tentu meninggalkan perih tersendiri. 

Akupun mengalaminya kok, pandemi ini bisa dibilang memukul rata usaha keluargaku. Usaha sewa bus pariwisata yang bapak mertua dan suami bangun bersama terpaksa harus dihentikan sementara. Selain memang karena pembatasan dari pemerintah, juga memang tak ada konsumen yang menyewa. 

Bersyukurnya, kami hanya kehilangan pemasukan, tak sampai gali lubang untuk membayar tunggakan. Tak apa, yang terpenting kami sekeluarga sehat dan bisa berkumpul bersama. 

Ternyata benar ya, hadiah tak selamanya terbungkus dengan indah, kadang Allah membungkusnya dengan masalah tapi di dalamnya mengandung hikmah dan sejuta berkah. Dari pandemi ini, banyak juga hal positif yang aku dapatkan lho. 

Aku dan suami, bisa menggali potensi diri yang akhirnya menghasilkan rezeki untuk keluarga kami. Yup, bisnis online yang saat ini kami geluti. Nah, ngomongin soal, menggali potensi di masa sulit, beberapa waktu lalu, aku berkesempatan mengikuti training class bersama Komang Ayu Trysnawati, Counselor, Life & Wellness Coach

Yang mengikuti postingan blogku pasti paham deh, kalau aku cukup rutin nih belajar dari Coach Ayu. Dari kelas kemarin, banyak hal yang akhirnya ku dapatkan dan bisa kuterapkan untuk berkreasi di masa sulit ini lho. 

Gali Potensi Diri untuk Berkreasi di Masa Sulit A la Coach Komang Ayu 




Di awal kelas, Coach Ayu membuka dengan senyum khasnya lalu menanyakan pada para peserta, apa sih arti masa sulit itu? 

Ternyata masa sulit adalah sebuah kondisi yang tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, yang kemudian dianggap membawa perubahan tertentu. 

Nah, dalam kelas ini, Coach Ayu mengajari kami, bagaimana cara menjadikan masa sulit itu hanya sebuah situasi dan kondisi aja. Tak perlu diributkan, dibesar-besarkan, apalagi sampai dijadikan sebuah alasan. 

Jadi, pandemi ini jangan dijadikan alasan untuk tidak produktif ya. Kita tetap harus berkreasi agar kita bisa temukan potensi lain dalam diri kita. emang apa sih kreasi itu? 

Kreasi adalah hasil daya cipta, buah pikiran dan hasil kecerdasan seseorang dalam pengembangan terhadap diri, sekitar dan juga kondisi. Nah, kehidupan yang kita miliki sekarang ternyata hasil dari kreasi kita selama ini lho. 

Analoginya adalah kalau selama ini kita berada dalam comfort zone mungkin saja kita sulit menggali potensi lain yang sebenarnya kita miliki. Karena terkadang kondisi sulit yang kita alami justru membawa keberkahan tersendiri. 



Dalam kelas kemarin Coach Ayu menjelaskan, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan dalam menghadapi kondisi tertentu yang penuh dengan tantangan, yaitu: 

• Tenang 
Ternyata kita bisa menciptakan ketenangan diri dengan minum air putih dan mengatur pernapasan sedemikian rupa lho. Nah, kedua hal ini ada teknik tersendiri. 

• Netralkan Diri 
Untuk menetralkan diri, kita bisa mulai dengan menurunkan barriers kita dan mengelola pikiran dengan acknowledgement dan kemudian lepaskan atensi dengan teknik silang. 

• Sadari 
Lanjut dengan sadari, caranya ya dengan hadir secara utuh, sehingga kita bisa mengetahui apakah ada informasi lain yang bisa membantu kita dalam hal ini. 

Lebih lanjut, Coach Ayu juga mengajari para peserta bagaimana cara menemukan dan membuka potensi diri. Caranya dengan acceptance. Kita harus bisa menerima diri kita dan mengakui segala hal yang ada pada diri kita. Setelah itu, sadar sepenuhnya atas kendali terhadap diri kita. 

Tidak hanya itu aja, Coach Ayu juga mengajak peserta yang hadir untuk mengenal tipe diri masing-masing. Ada yang visual, audiotory, dan juga kinestetik. Hal ini tentu membuat kita lebih mudah untuk mengetahui apa yang sebenarnya kita sukai dan apa saja kelebihan kita. 

Lalu tinggal fokus deh. Berikan reaksi atau respon serta aksi dari tujuan kita. Dan jangan lupa untuk selalu explore kemungkinan-kemungkinan yang ada di sekeliling kita. 

Nah, dari situ kita lebih mudah menemukan potensi dan menggali kreativitas di masa sulit. So far, aku suka banget sama kelas yang diadakan Coach Ayu, semuanya padat ilmu dan dikemas secara fun. Terlebih apa yang disampaikan Coach Ayu selalu related dengan apa yang sedang kita alami. 

Nah, buat kamu yang mau ikutan kelasnya atau mau dapet update menarik soal kelas-kelas Coach Ayu, langsung aja follow instagramnya di @komangayutrysnawati ya! ^_^

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir. semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa tinggalkan komen yaaa ;D